SMK WIKRAMA

Target Harian - Cara Untuk Membuat Hidup Lebih Baik

Bogor

Target Harian - Cara Untuk Membuat Hidup Lebih Baik

Target harian. Dengan memiliki sasaran yang ingin dicapai setiap hari, kita jadi tertantang untuk menjadi lebih baik secara terus menerus. Mengutip orang bijak, ‘Barangsiapa hari ini lebih baik daripada hari kemarin, maka ia adalah orang yang beruntung. Barangsiapa hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia adalah orang yang merugi. Dan barangsiapa hari ini lebih buruk daripada hari kemarin, maka ia adalah orang yang celaka. Mereka yang sukses, atau sebut saja berhasil dalam hidup, selalu berpikir untuk berhasil setiap waktunya. Misal berhasil punya rumah sendiri, dimulai dengan berhasil menabung setiap hari, minggu, dan bulannya.Keberhasilan ini bukan sesuatu yang dicapai tiba-tiba. Mak bedundug punya rumah, bukan seperti itu.Sesuatu yang didapatkan dengan tidak sengaja bukanlah keberhasilan. Makanya nggak ada orang yang berhasil mendapat masalah. Karena mendapat masalah, kerugian, kehilangan, biasanya tidak disengaja. Kecuali kalau memang niatnya cari masalah atau cari penyakit.

Apapun keinginanmu, tidak akan tercapai tanpa keberhasilan kecil

Banyak yang mengira bahwa target jangka panjang menentukan keberhasilan, itu masih kurang. Mereka yang berhasil mencapai tujuannya, menyadari bahwa tanpa keberhasilan keberhasilan kecil, maka tujuan jangka panjang tidak akan tercapai. Tanpa keberhasilan kecil yang didapatkan secara berkala, kita akan dengan mudah kehilangan motivasi. Akhirnya, mengusahakan agar sesuatu menjadi berhasil berubah menjadi semakin sulit seiring bertambahnya waktu.

Pentingnya target harian

Dengan menentukan to do list, atau hal hal yang akan dilakukan hari esok. Kita bisa berfokus. Fokus serta memiliki cukup energi positif untuk menjaga pikiran kita tentang apa yang sebenarnya kita mau. Sangat banyak hal hal yang bisa men-distraksi atau mengganggu fokus yang sudah kita tentukan. Dengan menuliskan hal hal yang ingin dicapai dalam satu hari, kita akan kembali pada rencana yang telah kita susun dan mampu menghindari para pengganggu tadi.

Cara menyusun target harian

Ya tinggal disusun saja. Yang jelas, jangan sampai adanya rencana atau poin poin yang harus dicapai itu justru membuatmu stres dan tertekan secara negatif. Dibuat enjoy. Nikmati proses untuk mencapainya.

Cara yang banyak dipakai orang orang seperti ini :

  1. Setiap paginya, tulis 10 target yang ingin kamu capai hari itu. Kalau bisa dituliskan dalam satu buku catatan khusus. Tulislah 10 sasaran tanpa mengingat sasaran yang kemarin telah kita kejar. Ini kalau kita sebelumnya sudah terbiasa to do list. Kalau belum pernah bikin to do list, ya tulis aja 10 sasaran untuk dicapai di hari itu.
  2. Tuliskan rencana tersebut dalam kalimat positif. Contohnya, ‘menghindari makan nasi putih’ itu bentuk kalimat positif. Kalau negatifnya seperti ini, ‘tidak makan nasi putih’ atau ‘tidak minum teh manis’. Kata ‘tidak’, dan ‘jangan’ akan menjadikan suatu kaliman menjadi kalimat negatif. Efeknya, kita justru akan lebih mudah tergoda untuk melanggar segala sesuatu yang berawalan ‘jangan’ dan ‘tidak’
  3. buat kalimat kalimat sejenis hingga sepuluh buah.

Pada awalnya, akan terasa susah untuk menuliskan 10 buah pencapaian.Tapi lama kelamaan kita akan terbiasa dan mencapai banyak hal.

Hal yang bisa diharapkan setelah menuliskan kesepuluh target itu

Saat kita memulai hari dengan berbagai tujuan dan target, kita akan lebih fokus. Dan akan muncul banyak kreatifitas akibat peningkatan fokus kita itu.Setelah kita menjalani cara ini, kita akan mulai menyadari hal hal yang benar benar penting untuk kita. Biasanya sih, beberapa target yang sebenernya nggak terlalu penting akan terlupakan oleh kita. Dan berlanjut pada hari esoknya dimana sasaran yang tidak terlalu penting itu tidak akan terlintas lagi dalam benak kita (jadi nggak kita tulis lagi di hari besoknya). Dengan mempunyai sasaran untuk dicapai setiap harinya, kita akan bergerak lebih cepat dan semakin cepat untuk mencapai tujuan impian kita.