SMK WIKRAMA

Program Kesehatan SMK Wikrama Bogor

Bogor

Program Kesehatan SMK Wikrama Bogor

Program Kesehatan merupakan kumpulan dari proyek-proyek di bidang kesehatan baik berjangka pendek maupun jangka panjang. Tidak sedikit pihak yang merancang proyek dan program. Pada umumnya, suatu program kesehatan diadakan sebagai realisasi dari rencana program kesehatan yang akan memberikan dampak pada peningkatan kesehatan seluruh peserta didik SMK Wikrama Bogor.
Tujuan utama diadakan Program Kesehatan ini untuk meningkatkan kesehatan pada peserta didik. Dan juga upaya peningkatan kesadaran, keinginan, dan kemampuan untuk hidup sehat bagi semua warga sekolah. Serta memberikan pertolongan pertama bagi peserta didik yang membutuhkan pertolongan medis. 
Program Kesehatan ini dapat meningkatkan kesehatan seluruh peserta didik SMK Wikrama Bogor dengan cara selalu bersosialisasi tentang pentingnya menjaga kesehatan, seperti bagaimana selalu menjaga kesehatan yang baik, makan-makanan yang bergizi seimbang, dan minum air mineral sesuai dengan kebutuhan aktivitas sehari-hari. Cara-cara tersebut dapat meningkatkan kesehatan peserta didik supaya menjadi lebih baik. 
Langkah yang di ambil Pihak Sekolah untuk mencapai Program Kesehatan menjadi lebih baik yaitu dengan mengundang narasumber di bidang kompeten kesehatan untuk memberikan informasi terkait kesehatan kepada warga sekolah. Sekolah juga mengadakan sosialisasi terhadap Orang tua dan peserta didik terkait program kesehatan secara fisik maupun mental. Juga melakukan kerja sama dengan layanan kesehatan lainya seperti bekerja sama dengan layanan puskesmas.  
Sekolah juga menyediakan layanan kesehatan khusus untuk program ini, yaitu dengan menyediakan layanan UKS untuk pemeriksaan dan tempat istirahat untuk siswa/i yang sakit. Tidak lupa juga di adakannya pemeriksaan rutin seperti status gizi, contohnya dengan mengukur tinggi badan peserta didik atau dengan menimbang berat badan. Hal itu agar mengetahui adanya peningkatan atau penurunan yang di alami oleh siswa tersebut. 
Di Sekolah Wikrama juga diadakannya edukasi untuk para peserta didik agar semuanya mendapatkan pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan, menjaga pola makan, dan selalu makan makanan gizi seimbang. 
Peran Teknologi informasi dan komunikasi diperlukan untuk mempermudah penyebaran informasi kesehatan dan edukasi. Bisa mempermudah kegiatan kesehatan untuk sehari-hari dalam mendukung program yang diperlukan edukasi dan literasi tentang ilmu kesehatan. Kita bisa mendapatkan informasi atau ilmu tersebut dari Berita di sosial media, internet, poster, dan dari media lainnya.