SMK WIKRAMA

Pentingnya Seni ‘Food Plating’ dalam dunia Kuliner

Bogor

Pentingnya Seni ‘Food Plating’ dalam dunia Kuliner

Siapa bilang penampilan tidak penting? Tentunya jika Anda terbiasa memasak setiap hari, yang terpenting adalah kepekaan dan cita rasa makanannya. Namun jika Anda sering mengunjungi banyak restoran, penyajian hidangannya tentu juga menjadi nilai tambah bagi pembeli. Tak hanya aroma makanan yang bisa menarik perhatian, penyajian atau penyajian makanan juga bisa menambah nafsu makan.

 

     Dalam dunia penyiapan makanan, teknik penyajian makanan disebut juga sebagai seni "food plating". Seni food plating adalah cara menata dan menyajikan makanan di atas piring dengan memperhatikan letak dan komposisi makanan sehingga memiliki nilai seni dan kualitas yang tinggi. Umumnya, seni plating ini banyak dilakukan oleh chef profesional atau chef ternama yang terlatih dan berpengalaman.

 

1. Ikuti Imajinasi Anda

     Imajinasi sangat penting saat membuat presentasi makanan yang hebat. Saat ditanya soal itu, imajinasi dibutuhkan saat menyajikan makanan. Memasak atau memasak merupakan keterampilan yang tidak hanya membutuhkan keterampilan, tetapi juga imajinasi tingkat tinggi.

 

     Saat ingin menyajikan makanan, coba bayangkan hasil akhir dari penyajian makanan tersebut. Kuncinya adalah jangan pernah takut untuk berimajinasi dan bereksperimen.

 

2. Pilih Jenis Piring

     Memilih piring yang berbeda juga dapat menambah nilai artistik pada makanan tersebut. Tergantung jenis menunya, pastikan piring Anda selalu lebih besar dari porsi yang disajikan. Sisakan ruang untuk menghias piring.

 

3. Sederhana & Bersih

     Dalam hal makanan, desain yang menarik juga harus terlihat bersih. Juga, jangan berlebihan dalam desain Anda.

 

     Saat menggunakan saus atau iringan, pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak sehingga berantakan atau tidak rapi. Selalu ikuti prinsip bahwa lebih sedikit lebih baik.

 

4. Bermain dengan Komposisi dan Warna

     Komposisi seperti tekstur, bentuk dan warna juga harus diperhatikan dengan seksama. Selain rasanya, kami juga menikmati makanan dengan melihatnya. Kontras tinggi, warna terang dan cerah dapat menghadirkan kesan segar dan menarik.

 

     Pastikan bahwa komposisi dan skema warna menempatkan hidangan utama di pusat perhatian kita. Jangan pedulikan dekorasi atau lauk pauknya.

 

5. Harmoni dan Keseimbangan

     Hal terakhir adalah keseimbangan antara penyajian dan rasa. Jangan terlalu fokus pada dekorasi dan desain sehingga Anda melupakan rasa makanannya. Pastikan garnish yang Anda gunakan benar-benar meningkatkan cita rasa masakan.

 

Tags : Food 

           Kuliner

           Imajinasi 

           Makanan

           Indonesia


Sumber : https://images.app.goo.gl/tA2zNcgFFrC44i5b8