SMK WIKRAMA

Pentingnya Bahasa Inggris bagi Software Engineering

Bogor

Pentingnya Bahasa Inggris bagi Software Engineering

SMK WIKRAMA BOGOR - Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang sangat diperlukan pada zaman yang sudah canggih seperti sekarang ini. Dengan berbahasa Inggris, kita dapat mengetahui hal-hal yang tidak semua orang dapat ketahui serta dapat memiliki banyak teman dari berbagai macam negara. Belajar bahasa Inggris tidak harus melalui pendidikan formal tetapi dapat dipelajari melalui pendidikan non-formal seperti situs-situs pendidikan yang ada di internet.

 

Saya pribadi bersekolah di SMK Wikrama Bogor dengan jurusan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG). Dalam jurusan PPLG ini sangat dituntut untuk dapat berbahasa Inggris karena jika kita tidak dapat berbahasa Inggris, kita tidak dapat melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dengan baik. Hal tersebut dikarenakan tidak semua referensi yang kita butuhkan tersedia dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu, saya pribadi mengikuti ekstra kurikuler English Club agar saya dapat mencari referensi yang lebih lengkap dalam bahasa Inggris. Namun, tidak sedikit orang yang memanfaatkan situs-situs penerjemah secara online seperti “Google Translate”. Dalam pandangan saya, memakai situs penerjemah tersebut berarti membodohkan diri sendiri dengan tidak belajar bahasa Inggris padahal jika dicermati, hasil terjemahan situs tersebut banyak yang tidak memakai tata bahasa yang baik dan benar. Hal ini mengakibatkan kita tidak akan mendapatkan nilai yang besar dari guru kita karena kesalahan tata bahasa tersebut, seperti yang pernah saya alami semasa SMP.

 

Setelah itu, akhirnya saya berusaha untuk dapat berbahasa Inggris yang baik dan benar dengan belajar bersama tetangga dan teman-teman sekolah. Selama belajar, mereka memberitahu saya bagaimana caranya agar kita dapat menguasai bahasa Inggris dengan cepat, yaitu:

 

1. Membaca kamus (hanya membaca) setiap hari.

2. Latihan berbahasa Inggris di rumah dengan saudara atau teman meskipun masih salah.

3. Menghafal kosakata bahasa Inggris minimalnya 5 kata per hari.

4. Memainkan game yang dapat membantu kita menghafal bahasa Inggris seperti “Scrabble”.

 

Belajar bahasa Inggris lebih baik dilakukan dengan semangat yang tinggi serta bersungguh-sungguh dan semestinya jangan dilakukan setengah-setengah karena hal tersebut sangat buruk untuk dilakukan. Jika memang kalian tidak menyukai bahasa Inggris, lebih baik kalian mempelajari bahasa internasional lainnya karena tidak sedikit orang di negara Indonesia ini yang ingin menguasai bahasa Inggris dengan seutuhnya. Apalagi sekarang sudah memasuki pasar bebas yang menuntut masyarakatnya untuk dapat berinteraksi dengan orang-orang luar yang datang ke Indonesia untuk bekerja, berlibur, atau hanya berkeliling saja.

 

Bahasa Inggris bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga kunci untuk membuka pintu pengetahuan dan peluang di bidang software engineering. Banyak dokumentasi, tutorial, dan forum diskusi dalam dunia teknologi yang menggunakan bahasa Inggris. Tanpa kemampuan berbahasa Inggris yang baik, kita akan kesulitan mengikuti perkembangan terbaru dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara maksimal. Dengan menguasai bahasa Inggris, kita juga dapat berpartisipasi dalam komunitas internasional, berkolaborasi dengan para profesional dari seluruh dunia, dan meningkatkan peluang karier di industri teknologi yang semakin global.

Sumber : https://hasnasaniyyah.wordpress.com/2015/09/15/pentingnya-bahasa-inggris-bagi-software-engineering/