SMK WIKRAMA

SMK Wikrama : Sekolah Sejuk Walau tanpa AC

Bogor

SMK Wikrama : Sekolah Sejuk Walau tanpa AC

Artikel Ekstrakurikuler SMK Wikrama Bogor

M. Jodie Sulthana D. | 12309879 | DKV X-2 | Cis 7

 

Penyejuk udara atau penyaman udara (bahasa Inggris: air conditioner, aircon, AC) adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk mengkondisikan suhu udara dan kelembaban suatu ruangan yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu. AC identik dengan pendingin ruangan. Banyak orang yang menggunakan AC sebagai alat untuk mendinginkan ruangan ditengah cuaca yang panas. AC juga banyak digunakan di berbagai tempat, seperti perkantoran, rumah, tempat wisata, hotel, bahkan tak jarang juga AC digunakan di sekolah. 

 

Tetapi, tahukah kamu? Bahwa AC sebenarnya tidaklah baik dampaknya, baik kepada alam sekitar, kepada lingkungan, kepada manusia, bahkan kepada bumi ini. Apa aja sih dampak negatif dari AC?

 

  1. Membuat manusia menjadi mudah lelah

AC membuat manusia menjadi lebih mudah lelah karena selain mendinginkan tubuh dan membuat jadi mengantuk, udara segar alami yang masuk kedalam paru-paru menjadi berkurang. Tak hanya mudah lelah, banyak efek-efek samping lainnya juga seperti gangguan syaraf, mual disertai sakit kepala, bahkan sesak nafas.

 

  1. Kulit menjadi kering

Selain membuat manusia menjadi mudah lelah, AC juga bisa membuat kulit manusia menjadi kering. Hal ini disebabkan karena AC perlahan-lahan mengurangi kelembapan kulit, dan membuat kulit/tubuh menjadi dehidrasi. Jika kulit telah mengalami kekeringan, maka produksi selaput lendir yang ada di kulit pun otomatis berkurang.

 

  1. Sistem imun menurun

Berkurangnya sirkulasi udara segar di ruangan juga membuat virus, bakteri dan sejenisnya makin mudah menyebar dan masuk kedalam tubuh. Apabila satu ruangan dengan yang sakit, maka sakit juga akan mudah menyebar. Selain itu, ruangan yang lembap juga bisa membuat sistem imun menjadi menurun.

 

  1. Menambah pemanasan global

AC malah makin memperkeruh kondisi pemanasan global yang sudah ada selama ini. AC yang mengeluarkan panas eksternal sebagai produk sampingan dari produk pendinginnya, jika tidak digunakan dengan efisien maka akan menambah pemanasan global.

 

Nah maka dari itu, SMK Wikrama Bogor adalah sekolah yang mempunyai inovasi yaitu tidak menggunakan AC pada ruangannya, kecuali ruangan-ruangan yang memang dibutuhkan. Karena SMK Wikrama percaya, bahwa dengan mengurangi penggunaan AC, SMK Wikrama tidak hanya menjaga/mengurangi pemanasan global, tetapi juga menjaga kesehatan dan imunitas seluruh lapisan/civitas sekolah. Tanpa AC pun, kelas-kelas yang ada di SMK Wikrama sudah adem, sejuk, dan juga nyaman. Maka dari itu, yuks kita kurangi penggunaan AC, dan juga kita budayakan sejuk tanpa pendingin ruangan