SMK WIKRAMA

Nggak Cuma Koki, 6 Profesi Kuliner Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu!

Bogor

Nggak Cuma Koki, 6 Profesi Kuliner Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu!

Masakan adalah bidang yang hampir tidak pernah mati. Makanan yang terus berkembang mengikuti tren membuat industri kuliner menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan muda. Buat Sobat MySkill yang tertarik bekerja di bidang kuliner, berikut 6 karir yang mungkin bisa direkomendasikan buat kamu!

 

 1. Food Writer, Kritikus Kuliner

     Food writer, atau kritikus makanan, adalah orang yang tugasnya mencicipi kuliner yang berbeda dan kemudian menulis review untuk media dan internet. Jika Anda dalam profesi ini, Anda bepergian dari satu restoran ke restoran lain untuk mengecek menu di lokasi tersebut.

 

     Selain itu, tugas seorang penulis atau kritikus makanan adalah berkontribusi pada layanan, cara penyajian makanan, dan suasana restoran. Peringkat yang mereka berikan dapat menjadi panduan bagi konsumen apakah mereka harus mencoba makanan di restoran atau tidak.

 

2. Patissier

     Dalam bidang kuliner, confectioner atau patissier identik dengan orang yang ahli dalam pembuatan kue-kue khas Eropa seperti pie, mousse, pastry, dll. Untuk berhak menyandang gelar pastry chef, biasanya Anda harus menyelesaikan pelatihan khusus dan beberapa ujian dari lembaga pendidikan masing-masing.

 

     Pekerjaan tukang roti bukan hanya tentang memanggang kue. Memanggang kue juga membutuhkan jiwa seni dan ketelitian yang tinggi. Tidak heran kebanyakan koki pastry sangat berorientasi pada detail.

 

3. Food Stylist, Estetika di Bidang Kuliner

     Food stylist pada dasarnya adalah seorang makeup artist di bidang kuliner. Seorang food stylist biasanya bekerja sama dengan seorang food photographer yang tugas utamanya adalah mendesain dan menghias makanan atau minuman serta menambahkan dekorasi agar hidangan tersebut terlihat cantik saat difoto.

 

     Profesi ini sangat menghargai keindahan, sehingga konsumen yang melihat gambar atau iklan makanan tersebut tertarik untuk mencobanya. Oleh karena itu, seorang food stylist harus memahami trik bagaimana menata tampilan makanan agar terlihat menarik, memiliki warna yang bagus, dan tidak terlihat layu atau terlalu matang.

 

4. Sommelier

     Meski tidak diketahui oleh sebagian telinga, sommelier adalah salah satu profesi kuliner yang paling menjanjikan. Seorang sommelier, atau ahli anggur, adalah orang yang tugasnya menyarankan pilihan anggur untuk dipasangkan dengan hidangan yang disajikan kepada tamu restoran.

 

     Oleh karena itu, seorang sommelier harus memiliki pengetahuan wine yang luas dan mendalam. Dari rasa, jenis wine, waktu panen hingga makanan yang cocok disajikan dengan wine. Selain itu, sommelier harus mengetahui cara menjaga suhu dan kelembaban ruangan untuk menjaga kualitas wine. 

 

5. Konsultan

     Siapa bilang profesi konsultan hanya untuk hukum dan keuangan? Industri makanan juga mengenal nama konsultan. Saat Anda membuka restoran atau meluncurkan menu baru, pemiliknya tidak perlu terlibat dalam pembuatannya. Di balik ini adalah peran konsultan kuliner.

 

     Peran konsultan ini adalah untuk membantu mencicipi menu baru, apakah enak dan sesuai dengan selera pasar, serta memberikan saran tentang apa yang kurang atau harus ditambahkan. Seorang ahli gizi tidak hanya membantu menentukan jenis menu yang akan disajikan, cara penyajian, bentuk atau tata letak restoran, bahkan pemilihan juru masak dan staf lainnya.

 

6. Pemandu Wisata

     Profesi terakhir di bidang kuliner adalah pemandu wisata. Meski pemandu wisata kuliner saat ini terbilang langka di Indonesia, namun dengan perkembangan media sosial dan tumbuhnya pariwisata, mereka bisa menjadi profesi yang menjanjikan. Karena hampir setiap wisatawan yang berkunjung ke daerah ini selalu mencari kuliner lokal karena ingin menikmati makanan yang otentik.

 

Sumber : https://images.app.goo.gl/hcTPftoj4CcWUekx6