Mengenal Content Creator: 9 Langkah untuk Membangun Karier
SMK WIKRAMA BOGOR - Content Creator adalah sebutan bagi orang yang bekerja dengan menciptakan konten atau media untuk dibagikan secara online. Saat ini, pekerjaan Content Creator semakin populer di dunia kreatif. Akan tetapi, untuk menjadi Content Creator tidak mudah, lantaran harus menciptakan beragam jenis konten sekaligus, mulai dari tulisan hingga video, layaknya seorang Blogger, Vlogger, dan Podcaster yang menjadi satu.
Nah, jika kamu tertarik dengan pekerjaan yang satu ini, berikut ini adalah beberapa cara menjadi Content Creator di startup yang perlu kamu ketahui.
Mengapa Karier Content Creator Menjanjikan di Tahun 2022?
Jika kamu masih bertanya-tanya apakah pekerjaan Content Creator dapat menghasilkan, jawabannya adalah iya dan benar. Tahun 2022 memiliki lebih banyak peluang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dilansir dari brokeandchic.com, ada beberapa hal yang melatarbelakangi proyeksi karier Content Creator semakin menjanjikan di tahun 2022 yaitu sebagai berikut.
1. Semua Orang Sudah Terhubung Secara Online:
Pandemi global telah memaksa kita untuk tinggal di rumah. Dari kelas hingga perusahaan, semuanya dilakukan secara online. Hal tersebut justru menjadi peluang sempurna untuk pembuatan konten digital. Setelah semua orang menggunakan internet, konten yang kamu buat memiliki peluang untuk menjangkau lebih banyak orang daripada sebelumnya.
2. Pemasaran dari Pengalaman Pengguna:
Saat ini, perusahaan lebih senang memasarkan produk atau layanannya dengan metode user experience atau pengalaman pengguna. Mereka senang menggunakan Content Creator karena mereka menghadirkan konten asli kepada audiens dan membagikan pengalaman nyata sebagai pelanggan ketika menggunakan produk atau layanan tertentu. Oleh karena itu, banyak perusahaan atau brand lebih memilih menggunakan Content Creator untuk memasarkan produk mereka di tahun 2022 ini.
3. Revolusi Konten yang Sedang Berlangsung:
Dengan banyaknya platform media sosial baru yang bermunculan, dunia pembuatan konten akan selalu berubah. Adaptasi cepat dalam bidang kreatif adalah salah satu hal yang dicari dari seorang Content Creator. Jadi, jika kamu ingin ambil bagian dalam revolusi konten yang sedang berlangsung, sekarang adalah waktu yang tepat.
9 Langkah Membangun Karier Content Creator
Jika kamu tertarik dengan pekerjaan yang satu ini, berikut ini adalah beberapa cara menjadi Content Creator yang perlu kamu ketahui.
1. Pelajari Audiens dari Industri yang Kamu Geluti
Kamu perlu menyadari bahwa bekerja sebagai kreatif di dunia bisnis membuatmu takluk dengan keinginan dan kebutuhan audiens yang kamu miliki. Kreativitasmu harus terus mengikuti pola keinginan dan kebutuhan audiens untuk menjaga serta menambah massa mereka. Cara menjadi Content Creator selanjutnya adalah mampu mempelajari perilaku audiens dari industri yang kamu geluti sedalam mungkin. Kamu mungkin saja dapat menemukan ketertarikan dan peluang kreatif baru yang tidak sengaja ditemukan berkat keinginan atau kebutuhan mereka.
2. Belajar Membuat Konten yang Berkualitas
Sebagai ahli pembuat konten, kamu harus mampu secara profesional menciptakan beragam konten dengan kualitas terbaik yang dapat kamu berikan. Konten yang berkualitas harus mampu menyuguhkan informasi secara detail namun tidak bertele-tele, ditulis dengan tata bahasa yang baik, dan telah disunting untuk dipastikan kualitas bahasanya. Konten yang berkualitas juga perlu mengedepankan user experience, sehingga user merasa nyaman ketika melihat, mendengar, atau membaca konten yang kamu buat.
3. Selalu Update dengan Kondisi Terkini dari Industri yang Digeluti
Usahakanlah untuk selalu update dan memiliki pengetahuan yang luas mengenai segala macam hal yang terjadi di dalam industrimu. Misalnya, kamu adalah seorang Content Creator di sebuah perusahaan kosmetik, maka pastikanlah kamu mengikuti tren kecantikan yang sedang berkembang pada saat itu. Carilah konten maupun berita relevan terkait industri yang kamu geluti dan selalu ikuti setiap perkembangannya.
4. Menulislah Secara Rutin
Seorang Content Creator atau Content Creative yang sukses sadar pentingnya konsistensi dalam mengembangkan kualitas tulisan. Menulis secara rutin akan mampu meningkatkan kemampuanmu dalam menciptakan konten tulisan dan ide-ide yang diperlukan di dalamnya. Jadikanlah menulis sebagai kebiasaan setiap hari.
5. Mengerti Memasukan Keyword dan SEO yang Tepat
Tidak hanya bermodalkan kemampuan menulis, membuat konten video, dan bahkan mungkin menjadi dubber, seorang Content Creative juga dituntut mengerti hal terkait SEO. Melalui manajemen SEO yang bagus, kontenmu dapat mudah ditemukan melalui mesin pencari, membantumu untuk menjadi lebih dikenal, dan tentunya kontenmu lebih bermanfaat.
6. Pahami KPI Kamu
Hanya karena kamu mempublikasikan konten secara online tidak berarti konten yang kamu hasilkan dapat dilihat orang. Kamu bisa saja tidak mendapatkan traffic yang layak untuk konten-konten kamu. Fokus pada KPI kamu sebelum mengoptimalkan konten yang kamu buat. KPI adalah metrik yang digunakan untuk mengukur seberapa baik konten yang kamu hasilkan terhadap ekspektasi kamu.
7. Berkolaborasi dengan Content Creator Lain
Content Creator yang sukses tidak berdiri sendiri. Mereka membangun jaringan dengan Content Creator lainnya untuk membuat suatu konten yang bisa dilihat oleh audiens. Kolaborasi ini dapat menambah jumlah subscriber di samping mempelajari keberhasilan konten masing-masing.
8. Ikut Komunitas dan Online Course untuk Meningkatkan Keahlian
Bergabung di komunitas yang sesuai dengan industri yang kamu geluti juga menjadi salah satu langkah penting yang harus dilakukan. Komunitas sering mengadakan kursus tertentu untuk meningkatkan keahlianmu dalam membuat konten, misalnya trik mengatur kamera, dasar-dasar menyunting video, atau kursus lain yang berhubungan dengan industri yang kamu geluti.
9. Minta Kritik dan Saran untuk Perkembangan Kontenmu
Pekerjaan Content Creator tidak selesai begitu saja saat konten diunggah. Evaluasi kontenmu dengan mendengarkan tanggapan orang lain dan mempertimbangkan saran dari mereka untuk konten yang lebih baik lagi kedepannya. Content Creator yang sukses menyadari bahwa masih ada banyak hal untuk dipelajari dan mereka akan bersikap terbuka terhadap pemikiran maupun cara pandang yang baru.
Menjadi Content Creator Tanpa Pengalaman Sebelumnya
Tak perlu khawatir jika kamu ingin menjadi Content Creator tetapi belum pernah memiliki pengalaman sebelumnya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih platform tempat kamu akan membuat konten, apakah itu melalui blog, saluran YouTube, atau siaran podcast, atau apakah kamu akan berkonsentrasi di media sosial seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram. Kemudian, kamu juga perlu memikirkan cara untuk memonetisasi gagasan atau ide melalui platform yang kamu gunakan. Memiliki rencana bisnis merupakan hal yang penting karena kamu tidak akan langsung menerima pendapatan dari channel yang sedang dirintis. Belajar banyak hal baru seperti algoritma yang digunakan di media sosial, pemasaran melalui media sosial, copywriting, dan lain sebagainya juga akan membantumu untuk mempromosikan channel yang sedang dirintis.
Jika kamu lebih senang bekerja sebagai pekerja lepas di bidang pembuatan konten, kamu bisa menjadi penulis untuk orang lain atau menjadi social media manager. Menjadi pekerja lepas memungkinkan kamu dibayar untuk membuat konten tanpa harus membangun channel sendiri yang mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama.
---
Dengan langkah-langkah ini, kamu bisa mulai membangun karier sebagai Content Creator yang sukses dan menjanjikan di tahun 2022. Semoga bermanfaat!
Sumber : https://www.ekrut.com/media/cara-menjadi-content-creator