SMK WIKRAMA

Memperkenalkan, Teaching Factory jurusan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim

Bogor

Memperkenalkan, Teaching Factory jurusan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim

 

   SMK WIKRAMA BOGOR, sekolah berbasis SMK Pusat Keunggulan terdiri dari beberapa jurusan, salah satunya adalah jurusan Rekayasa Perangkat Lunak atau yang sekarang berganti nama menjadi Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim. PPLG sendiri memiliki suatu program yang bernama Teaching FactoryTeaching Factory merupakan suatu metode pembelajaran yang berpusat dalam produksi atau suatu jasa yang menyelaraskan pengajaran serta pelatihan yang sudah ditetapkan oleh dunia industri. 

    Teaching Factory sendiri diterapkan dalam lingkungan sekolah tingkah kejuruan atau SMK. Manfaat dari adanya Teaching Factory ini adalah suatu kebutuhan pada industri, maka dari itu TEFA mengharuskan industri ikut andil dalam penilaian atau kemampuan para pelajar. Dalam pelaksanaannya, TEFA menghasilkan “output dan outcame” yang dikategorikan dalam 3 value, yaitu : education value, economic value serta social value

    TEFA juga mempunyai empat model panduan yaitu model satu yang berisi praktik lapangan kerja, atau mempebelajaran berbasis dunia kerja. Model dua berisi CBT (Competency Based Training) yang disebut praktik berbasis kompetensi, dalam hal ini siswa harus memperoleh pengetahuan dan skill yang diperlukan setiap kompetensi belajar. Model tiga berisi PBET (Production Based Education) model belajar yang perlu ditingkatkan lagi skillnya, dan terakhir yaitu model empat bentuk kerja sama jasa untuk menciptakan siswa lulusan sesuai kebutuhan pasar. 

    SMK WIKRAMA BOGOR, dalam jurusan PPLG meliputi jasa pembuatan website dan aplikasi, jasa pengujian aplikasi, serta smart watering farm yaitu alat penyiraman tanaman otomatis berbasis Internet of Things (IoT) .