Lulusan SMK Jurusan Pemasaran, Peluang Kerjanya Apa Saja sih?
Kamu memiliki skill analisis yang kuat? Jika itu salah satu keterampilanmu, tidak ada salahnya untuk menapaki karier sebagai market research analyst ke depannya.
Menurut The Balance Careers, posisi ini sangat cocok bagi kamu yang mempunyai keterampilan analisis serta riset yang kuat.
Seperti apa sih tugasnya?
Secara umum, market research analyst bertanggung jawab untuk meneliti target pasar dan mempresentasikan temuannya kepada marketing manager.
Ketika mengumpulkan data, biasanya posisi ini akan menggunakan tools market research sebagai penunjang.
Nah, jika tertarik dengan posisi ini, kamu juga bisa, lho, mencari lowongan pekerjaan market research di Glints.
Di sana, ada banyak sekali perusahaan yang membuka lowongan dari internship hingga full time. Segera daftarkan dirimu, ya, jika ada yang cocok denganmu!
2. Brand manager
Dilansir dari Franklin, prospek kerja lainnya yang cocok bagi jurusan marketing atau pemasaran adalah brand manager.
Apakah kamu sudah familier dengan posisi pekerjaan yang satu ini?
Brand manager memiliki peran penting dalam suatu perusahaan. Bagaimana tidak, ia bertanggung jawab untuk mengawasi semua aspek pemasaran produk atau layanan.
Dalam perjalanan kariernya, biasanya posisi ini dimulai dengan menjadi market research analyst.
Bagi kamu yang memiliki bakat dalam riset, analisis, serta mengembangkan produk, tampaknya posisi ini sangat cocok untukmu.
Jika ada kecocokan di dalam dirimu dengan posisi ini, segera cari lowongan pekerjaan brand manager di Glints, ya.
Saat ini, masih banyak, lho, perusahaan terkemuka yang membutuhkan posisi tersebut.
Yuk, apply!
3. Digital marketing analyst
Di era digital seperti sekarang, posisi ini bisa dibilang sangat dibutuhkan, terutama bagi perusahaan startup.
Menurut Study, secara garis besar, tugas dari digital marketing analyst adalah bertanggung jawab terhadap semua kegiatan pemasaran dan branding yang dilakukan secara online.
Hal itu mulai dari menaikkan traffic website, meningkatkan engagement semua media sosial perusahaan, sampai melakukan promosi konten melalui internet.
Nah, bagi kamu yang tertarik dengan dunia digital marketing, posisi ini tentu sangat tepat bagimu. Jangan lupa juga, cari lowongan pekerjaan digital marketing di Glints sekarang juga, ya.
Ada banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan sosok digital marketer untuk mengembangkan bisnisnya, lho!
4. Social media manager
Kebanyakan perusahaan saat ini telah mengerahkan media sosial untuk melakukan kegiatan pemasaran melalui online.
Oleh karenanya, posisi social media manager sangat dibutuhkan dan bahkan akan terus meningkat dari waktu ke waktu.
Ini merupakan prospek kerja yang cemerlang bagi kamu yang sedang menempuh kuliah jurusan marketing atau pemasaran.
Tugas dari social media manager adalah membangun branding perusahaan dengan konten-konten di semua media sosial, seperti Facebook, LinkedIn, Twitter, Instagram, dan lain-lain.
Jika kamu seseorang yang kreatif dan paham dengan media sosial, ada baiknya untuk memahami keterampilan yang dibutuhkan oleh posisi ini dari sekarang.
Nah, bagi kamu yang menekuni dunia media sosial dan tertarik terjun ke dalamnya, segera cari lowongan pekerjaan social media di Glints, ya.
Saat ini, banyak sekali perusahaan yang membutuhkan sosok social media manager, social media specialist, dan lain-lainnya untuk mengelola akun media sosial mereka.
5. Media planner
Jurusan marketing memang tidak terlepas dari keterampilan riset dan analisis.
Keterampilan tersebut juga dapat digunakan jika kamu menjabat sebagai media planner nanti.
Tugas dari media planner adalah menentukan platform media yang tepat bagi perusahaan dalam menarik konsumen.
Dengan keterampilan analisis yang kuat dipastikan kamu dapat menjalankan posisi ini dengan baik.
Sebab, kamu dapat mempertimbangkan dengan baik mana media yang harus dipilih dari sekian banyak pilihan untuk perusahaan.
Apabila tertarik dengan profesi ini, jangan ragu untuk mencari lowongan pekerjaan media planner di Glints, ya!
Baca Juga: Gemar Menulis? Ketahui Perbedaan Antara Content Writer dan Copywriter
6. Copywriter
Kebanyakan orang berpikir bahwa copywriter merupakan posisi yang hanya menulis saja. Nah, itu merupakan suatu kesalahan yang besar.
Pasalnya, menurut Franklin, copywriter menjadi salah satu prospek kerja yang tepat bagi lulusan marketing.
Tidak hanya menulis, seorang copywriter harus pandai dalam menganalisis target pasar yang tepat untuk dijadikan sebagai prospek pelanggan.
Secara umum, posisi ini memang lebih berfokus kepada tulisan yang mengarah kepada penjualan ketimbang mengembangkan konten seperti yang dilakukan oleh content writer.
Apabila kamu suka menulis dan tertarik untuk menjalani profesi ini, ada banyak sekali perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan copywriter di Glints, lho.
Segera daftarkan dirimu dan cari lamaran pekerjaannya. Jika ada yang cocok, kirimkan lamaranmu langsung, ya!
7. Public relations specialist
Menurut Rasmussen, seseorang dengan jurusan marketing tidak hanya terjebak dalam satu profesi saja, melainkan bisa menapaki berbagai jalur karier.
Salah satu karier yang tepat adalah menjadi seorang public relations specialist.
Bagi kamu yang jago dalam berbicara dan diplomasi, posisi ini tentu sangat cocok untukmu.
Tugasnya adalah menjaga citra baik perusahaan kepada publik serta mengembangkan strategi hubungan masyarakat agar mempromosikan produk atau layanan.
Terlepas dari semua itu, ada baiknya dari sekarang mulai mengembangkan skill-skill marketing agar ke depannya sudah siap untuk terjun ke dalam dunia kerja.
Bagaimana? Sudah memiliki gambaran untuk pekerjaan ke depannya?
Nah, bagi kamu yang sudah tidak sabar ingin mencari pekerjaan dalam dunia pemasaran, kamu juga bisa mencari lowongan pekerjaan marketing yang ada di Glints.
Ada banyak perusahaan yang sedang membuka peluang karier di posisi tersebut, lho!
Sumber berita: https://glints.com/id/lowongan/prospek-kerja-marketing/#.YzO0WXZBxhE