SMK WIKRAMA

Kumpulan Trik Microsoft Excel Bikin Kamu Makin Pro

Bogor

Kumpulan Trik Microsoft Excel Bikin Kamu Makin Pro

Kumpulan Trik Microsoft Excel Bikin Kamu Makin Pr

Kali ini iblu Academy akan memberikan Trik Microsoft Excel.Setelah lebih dari 30 tahun memasuki pasar teknologi, Microsoft Excel tetap menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh para pebisnis.Meskipun digunakan secara luas, kapabilitas penuh Microsoft Excel masih kurang dipahami. Padahal, banyak fitur dari microsoft excel yang sangat berguna untuk keperluan bisnis.

Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System.

Penggunaan Microsoft Excel sangatlah penting, terutama bagi para pekerja di bidang pengolahan data. Gunakan Trik Microsoft Excel berikut ini agar pekerjaan dan tugas-tugasmu bisa lebih cepat selesai dengan beberapa langkah saja.

1. Conditional Formating

Conditional formatting pada Excel adalah fitur yang berfungsi untuk memberikan format pewarnaan pada cell sesuai dengan kondisi/kriteria tertentu, membantu kamu dalam mencari dan menganalisa data secara visual, mendeteksi untuk mencari letak kesalahan. Berikut beberapa tips membuat data visual dengan conditional formatting

  • Seleksi (blok) cell range C5:G7 yang akan diberikan conditional formating.

Trik Microsoft Excel

  • Berikutnya pilih tab menu Home. di grup menu Styles, pilih tool Conditional Formatting

Trik Microsoft Excel

  • Saat muncul dropdown menu pilih opsi Icon Sets, lalu pilih & klik 3 Triangles

Trik Microsoft Excel

  • Maka akan muncul beberapa icon yang memvisualisasikan nilai-nilai dari range yang telah di seleksi sebelumnya.

Trik Microsoft Excel

2. Mengatasi Eror

Menemui notifikasi #ERROR saat mengoperasikan excel bukanlah suatu hal yang sulit ditemui, mengingat software ini memang khusus digunakan untuk mengelola perhitungan data skala besar sehingga Anda membutuhkan konsentrasi yang cukup meski sudah PRO sekalipun.

Notifikasi #ERROR bisa muncul karena tak sengaja menghapus data, salah menempatkan angka, dan sebagainya. Untuk itu, ini dia solusi untuk mengatasi mimpi buruk ini.

#Value

Trik Microsoft Excel

Error ini muncul ketika Excel menemukan adanya spasi, karakter, atau text dalam formula yang seharusnya merupakan angka.

Trik Microsoft Excel

Perhatikan rumus diatas. Error #VALUE muncul karena sel A7 berisi text. Pastikan sel yang kamu pilih sudah benar-benar berisi angka.

#Null

Trik Microsoft Excel

Error ini muncul ketika Excel menemukan adanya kesalahan penulisan format pada sebuah fungsi.

Trik Microsoft Excel

Error tersebut muncul karena karakter yang seharusnya “:“ ditulis menjadi karakter spasi. Berikut ini fungsi yang benar =SUM(E3:E6)

#Ref

Trik Microsoft Excel

Error ini muncul ketika fungsi Excel yang kita masukkan mengacu pada referensi cell yang salah atau tidak valid

Trik Microsoft Excel

Error tersebut muncul karena referensi kolom tidak ditemukan (kolom 4). Pastikan nomor kolom index sesuai dengan jumlah kolom pada tabel array, dalam kasus ini adalah 3.

3. Table

Tabel pada Ms. Excel memiliki peran yang penting dalam hal pengelolaan data entah dalam skala kecil maupun besar.

  • Seleksi (blok) cell range* B3:D10 yang akan dikonversi menjadi tabel.

Trik Microsoft Excel

  1. Tekan Ctrl + T lalu tekan Enter. Langkah ini akan mengkonversi cell range menjadi tabel.
  2. Berikutnya pilih tab menu Table Design, di grup Table Style Options, centang pada perintah Total Row

Trik Microsoft Excel

Maka akan muncul baris terakhir (Row 11) yang dilengkapi dengan tombol dropdown berisi beberapa daftar formula. Apabila kita pilih formula SUM di cell D11, maka muncul nilai total Sales.

Trik Microsoft Excel

4. Analisis sederhana dengan Sparkline

Sparklines adalah salah satu fitur pada Microsoft Excel yang berfungsi untuk mempermudah melihat grafik dalam bentuk dashboard dengan cara memasukan grafik tersebut kedalam sebuah sel.

  • Letakkan kursor pada cell yang akan diberi sparkline

Trik Microsoft Excel

  1. Di tab menu Insert di grup Sparklines, pilih salah satu tipe, misalnya kita pilih tipe column. Berikutnya muncul kotak dialog Create Sparkline

Trik Microsoft Excel

  1. Misalkan memilih tipe kolom selanjutnya akan Nampak dialog box seperti

Trik Microsoft Excel

  • Lalu tekan ok maka akan muncul sparkline

Trik Microsoft Excel

5. Mencetak Berkas di Excel

Cara mencetak berkas di excel dengan data banyak tapi tetap rapi dalam 1 halaman kertas

  1. Simpan dokumen

Trik Microsoft Excel

  1. Pilih tab menu File, lalu pilih lalu pilih opsi Print

Trik Microsoft Excel

  1. Fokus pada pengaturan disisi bawah tepatnya pada pengaturan scalling option. Pilih opsi
    Fit Sheet on One Page

Trik Microsoft Excel

  • Opsi Fit Sheet on One Page akan membantu kamu mengatur tampilan dokumen sehingga ‘pas’ dengan ukuran kertas

Trik Microsoft Excel

6. Menentukan Area Cetak

  • Seleksi sel range yang akan ditentukan sebagai area cetak

Trik Microsoft Excel

  1. Lalu di tab menu Page Layout, di grup Page Setup, lalu pilih tool Print Area. Saat muncul drop down menu, pilih Set Print Area

Trik Microsoft Excel

  1. Maka hanya data terseleksi saja yang akan tercetak

Trik Microsoft ExcelAgar kalian bisa mengetahui berbagai macam trik microsoft excel lainnya atau jika kalian ingin belajar lebih dalam langsung saja lihat landing page kita.