SMK WIKRAMA

Kuliner Indonesia yang Mendunia

Bogor

Kuliner Indonesia yang Mendunia

SMK WIKRAMA BOGOR - 

1. Rendang

Siapa yang tak kenal Rendang? Makanan khas Indonesia asal Minang ini bisa ditemukan hampir semua daerah di Indonesia, khususnya di rumah makan-rumah makan Padang. Olahan daging yang dimasak bersama rempah-rempah dan santan ini beberapa kali dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia oleh beberapa media. Tak heran rasanya karena proses pembuatan makanan khas Indonesia satu ini terbilang panjang dan menggunakan sangat banyak bumbu rempah khas Nusantara.

2. Nasi Goreng

Jika bertanya kepada orang luar negeri mengenai apa makanan khas Indonesia yang mereka tahu, sebagian besar akan menyebutkan menu kuliner khas Indonesia satu ini. Sajian Nasi Goreng di Indonesia bisa ditemukan di berbagai daerah baik dijajakan oleh pedagang gerobakan hingga di restoran mewah dan berbintang. Menu makanan khas Indonesia ini juga memiliki banyak variasi resep dan olahan mulai dari Nasi Goreng Kambing, Nasi Goreng Gila, Nasi Goreng Mawut, hingga berbagai varian menu Nasi Goreng lainnya.

3. Sate

Jika di Amerika terdapat menu BBQ, di Indonesia memiliki versi kearifan lokal-nya, yakni Sate. Sama halnya seperti menu makanan khas Indonesia sebelumnya, sajian sate bisa ditemukan di berbagai daerah, mulai dijajakan di warung-warung hingga restoran berbintang. Uniknya lagi, di beberapa daerah di Indonesia Anda juga bisa menemukan sajian sate khas yang unik dan berbeda, seperti Sate Padang khas Minang, Sate Klatak khas Yogyakarta, Sate Lilit khas Bali, hingga berbagai menu sate lainnya.

4. Soto

Seperti kuliner khas Indonesia sebelumnya, Soto juga merupakan makanan Indonesia yang memiliki variasi dan keunikan yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Sebut saja Soto Betawi, Soto Lamongan, hingga Coto Makassar, adalah ragam varian sajian soto khas yang ada di Indonesia. Makanan khas Indonesia satu ini merupakan makanan berkuah gurih kaya akan rempah yang terkadang menggunakan santan, namun ada pula yang dibuat tanpa santan. Untuk isian, makanan khas Indonesia ini memiliki banyak juga variasi mulai dari suwiran daging ayam, potongan daging sapi, hingga tetelan, babat, ataupun kambing bisa dijadikan sebagai isian dari menu kuliner Indonesia ini

5. Tempe

Kuliner Khas Indonesia selanjutnya ini berbeda dari makanan-makanan khas Indonesia lain dalam daftar ini karena kuliner ini merupakan bahan makanan. Tempe adalah salah satu bahan makan asli Indonesia yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Bahan makanan asli Indonesia ini jadi salah satu bahan makanan wajib dan populer bagi masyarakat Indonesia yang bisa diolah menjadi ragam makanan lezat seperti Tempe Mendoan, Tempe Orek, ataupun Kering Tempe.