SMK WIKRAMA

Kisah Para Siswa SMK Wikrama Bogor Buktikan Sekolah Vokasi Bisa Unggul

Bogor

Kisah Para Siswa SMK Wikrama Bogor Buktikan Sekolah Vokasi Bisa Unggul

BOGOR - Jalan menuju sekolah ini tak mudah. Dari jalan utama, butuh masuk ke sebuah jalan gang kecil sejauh 200 meter. Ada tanjakan dan turunan karena jalannya pun tak rata, hingga sampai di jalan buntu dan bertemu satu lokasi bertuliskan SMK Wikrama Kota Bogor.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Wikrama luas tanahnya tak sampai satu hektare, tapi menampung hingga hampir dua ribu siswa. Lokasinya terletak di Sindangsari, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Wikrama adalah sekolah swasta. Didirikan oleh Itasia Dina Sulvianti, seorang dosen Institut Pertanian Bogor (IPB). Dia mendirikan sekolah ini sejak 1996, yang dimulai dari sebuah bangunan gudang.

"Saya lihat dulu yang banyak anak siswa yang bolos, mereka ternyata dari SMK, dan SMK swasta. Kenapa mereka begitu, saya lihat ternyata memang mereka lemah lembut dari segala sisi," kata Itasia di SMK Wikrama, Kamis (26/1).

Ia menggambarkan kemiskinan dengan frasa 'lemah lembut'. SMK memang dikenal sebagai pilihan terakhir bagi calon siswa, atau pilihan bagi masyarakat miskin yang ingin segera bekerja setelah lulus.

Itasia kemudian mendirikan SMK Wikrama. Ia menggunakan pendekatan 'pentahelix' atau kolaborasi dengan berbagai pihak untuk keberlangsungan sekolah.

Kini, ada tujuh program keahlian atau jurusan di SMK Wikrama: Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim; Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi; Desain Komunikasi Visual; Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis; Perhotelan; dan Kuliner.

 

Juara lomba internasional di Jepang

Telah banyak prestasi yang dihasilkan oleh sekolah ini hingga dijadikan sebagai sekolah unggulan. SMK Wikrama dijadikan sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK) oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Sebagai SMK PK, Wikrama ikut membagikan berbagai praktik baik ke sekolah-sekolah lain. Sekolah ini juga pernah mewakili Indonesia di UNESCO, hingga menjuarai lomba internasional di Jepang.

Salah satu keunggulan para siswa adalah membuat desain tiga dimensi, membuat film, bahkan hingga animasi. Bidang perhotelan juga tak kalah, mereka memiliki hotel dengan enam kamar yang cukup bersaing dengan hotel lain sekelasnya.

Jurusan kuliner SMK Wikrama juga memiliki kualitas tinggi. Produk makanan yang mereka keluarkan aktif diuji oleh BPOM. Bila sekolah lain hanya memiliki satu atau dua kantin, di SMK Wikrama memiliki lebih dari lima kantin dan kafe yang sepenuhnya dijalankan oleh siswa.

Sekolah ini juga telah terhubung dengan dunia industri. Para siswa SMK Wikrama bahkan tak jarang diminta untuk bekerja oleh satu perusahaan saat mereka lulus.

SMK Wikrama adalah satu dari tiga sekolah percontohan yang dihadirkan dalam acara Unite for Education (UFE) Sustainability Forum 2023. UFE adalah acara CSR tahunan terbesar Permata Bank. Acara ini mengangkat tema soal pendidikan vokasi dan menunjukkan bahwa sekolah vokasi seperti SMK memiliki kualitas yang unggul.