SMK WIKRAMA

Jenis Makanan Appetizer, Main Course, dan Dessert, Apa Bedanya?

Bogor

Jenis Makanan Appetizer, Main Course, dan Dessert, Apa Bedanya?

 

Hidangan Pembuka ( Appetizer)

Jenis Makanan

Rangkaian pertama dari full course meal adalah appetizer alias hidangan pembuka. Dalam Bahasa Inggris, appetizer diambil dari kata appetite yang berarti nafsu makan. Makanan pembuka ini memang ditujukan untuk merangsang nafsu makan dan disajikan sebelum tamu menikmati hidangan yang lainnya.

Sebagai pembangkit selera makan, appetizer akan disajikan dalam porsi yang kecil berkisar antara satu hingga dua gigitan alias bit size. Selain itu, appetizer idealnya memiliki rasa yang ringan, enak, dan menyegarkan dengan tampilan menarik.

Hidangan pembuka dapat disajikan dalam keadaan panas ataupun dingin dengan bobot 50 – 100 gram per porsinya. Untuk cold appetizer sendiri, hidangan disajikan dalam keadaan dingin atau segar, seperti salad buah, salad sayur, koktail, sorbet, dan lainnya.

Sementara itu, hot appetizer dihidangkan melalui proses pemasakan dan disajikan dalam keadaan panas. Beberapa contohnya seperti risoles, kroket, dan sup.

 

Jenis Makanan Utama (Main Course)




 

 

 

 

Main course bertujuan untuk mengenyangkan para tamu. Hidangan utama juga dikenal dengan istilah main dish atau grace piece ini mencakup berbagai komposisi, Beberapa di antaranya ialah komposisi hewani,sayuran,garniture atau kentang dan saus.

Hidangan Penutup (Dessert)

Jenis Makanan
 

Dessert dikenal sebagi makanan pencuci mulut kareana fungsinta untuk menghilangkabn aroma atau raasa amis dari hidangan sebelummmmnya. Kareana dessert biasanya di sajikan dengan cita rasa yang manis dan menyegarkan.