SMK WIKRAMA

Ini Tanggung Jawab dan Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Brand Manager

Bogor

Ini Tanggung Jawab dan Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Brand Manager

 

Brand manager adalah sebuah posisi yang bertangung jawab terhadap image keseluruhan dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Bagi banyak perusahaan, pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang paling penting. Hal ini dikarenakan posisi ini bertanggung jawab untuk mengawasi seluruh proses kreatif.

Apa saja tanggung jawab dan skill yang dibutuhkan? Simak penjelasan Glints berikut.

Apa Itu Brand Manager?

brand manager adalah

© Freepik.com

Elemen penting dari brand manager ini adalah melakukan riset pasar, seperti menganalisis posisi kompetitif, produk, merek, dan pengeluaran.

Selain itu, pekerjaan ini juga mengembangkan strategi pemasaran dan periklanan dan mengelola anggaran tersebut.

Ia juga membantu membuat desain dan tata letak untuk konsep dan iklan, mengawasi kegiatan promosi, menganalisis harga dan penjualan.

Selain itu, profesi ini juga mengevaluasi bagaimana brand dapat muncul ke basis konsumen yang lebih luas.

Dilansir dari The Branding Journal, terdapat lima hal yang menjadi tanggung jawab pekerjaan ini.

1. Melindungi brand

Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua produk, layanan, dan lini produk yang berada di bawah brand beresonansi dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan.

2. Bekerja sama dengan berbagai bidang dalam perusahaan

Posisi ini bekerja dengan bidang marketing untuk memastikan bahwa setiap aspek dari strategi brand tepat sasaran.

Brand manager juga harus berhubungan dengan departemen lain seperti keuangan, komunikasi pemasaran, penjualan, dan pengembangan produk.

Hal itu dilakukan untuk memastikan gambaran strategis bisnis dan peluang pasar di masa depan.

3. Berkoordinasi dengan berbagai agensi marketing

Jika perusahaan belum memiliki bidang marketing yang menangani semua aspek, ia bertugas untuk bekerja dengan agensi marketing.

Hal ini untuk memastikan agensi tersebut memahami tujuan dan pedoman brand untuk setiap proses pemasaran.

4. Berfokus pada konsumen

Apa reaksi mereka terhadap campaign? Apa yang dibicarakan konsumen di media sosial dan bagaimana orang membicarakan brand tersebut. Bagaimana perusahaan mengelola atau memantau proses ini?

Brand manager harus mampu memanfaatkan riset pasar dan memantau tren pasar. Oleh karena itu, memiliki pemahaman tentang target pasar dan juga target pasar potensial adalah hal yang penting.

5. Membuat keputusan bisnis yang penting

Brand manager juga dapat memainkan peran penting dalam tim manajemen saat memberikan umpan balik dan analisis pada aktivitas brand.

Misalnya, laba atas investasi apa yang terlihat dari campaign tertentu? Apa yang telah bekerja dengan baik untuk produk spesifik dari merek dan pelajaran apa yang dapat dipelajari dari orang lain?

Selain itu, ia juga dapat membantu memberikan masukan ke dalam kegiatan di masa depan serta memberi umpan ke dalam membantu mendukung strategi dan arah perusahaan.

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Brand Manager

© Freepik.com

Indeed menyebutkan, ada empat skill yang harus dimiliki untuk menjadi seorang brand manager.

1. Komunikasi

Seorang brand manager bekerja dengan berbagai bidang dan memfasilitasi kerja sama seluruh perusahaan dalam proyek branding. Oleh karena itu, akan lebih mudah jika ia memiliki kemampuan komunikasi yang efektif.

Pekerjaan ini juga menuntut kamu menjawab pertanyaan dan mengklarifikasi penugasan dan tujuan untuk memastikan kohesi pesan branding yang dibuat dan dikomunikasikan dengan target pasar tepat sasaran.

2. Strategi kreatif

Brand manager harus mampu menyeimbangkan struktur dengan inovasi ketika mengembangkan strategi kreatif baru untuk memastikan efisiensi dan efektivitas maksimum terhadap strategi yang dikembangkan.

3. Analisis data

Pekerjaan ini menuntut kamu menyajikan upaya branding kepada manajemen tingkat atas yang mencakup data pendukung. Upaya branding sering kali mudah dipahami dalam istilah kualitatif.

Akan tetapi, brand manager bertanggung jawab untuk menghitung tingkat konversi dan menyajikannya secara dinamis bersama dengan contoh dunia nyata untuk membuktikan efektivitas strategi.

4. Fleksibilitas

Seorang brand manager harus mampu beradaptasi dengan cepat terhadap evolusi pasar dan tren. Ia harus melakukan ini sambil mempertahankan konsistensi pesan brand.

Terlebih, dengan perkembangan tren yang semakin pesat, kamu harus mampu bersikap kompetitif agar dapat bersaing dengan kompetitor.