SMK WIKRAMA

Hindari Narkoba dan Kenali Bahaya Narkoba

Bogor

Hindari Narkoba dan Kenali Bahaya Narkoba

Narkoba adalah singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan Obat-Obatan Terlarang. Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda saat ini semakin meningkat. Penyimpangan perilaku generasi muda yang eksplosif dapat mengancam keberlangsungan masa depan bangsa ini. Karena pemuda, seperti generasi yang harus menyukseskan bangsa, cenderung semakin banyak mengonsumsi zat-zat yang membuat saraf ketagihan. Jadi pemuda itu tidak bisa berpikir jernih. Sasaran peredaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja.

Narkoba dapat menimbulkan efek dan pengaruh negatif bagi penggunanya. Narkoba memiliki dampak yang luar biasa pada kesehatan fisik, mental dan emosional. Narkoba bekerja secara langsung dan tidak langsung. Efek langsung kecanduan narkoba pada tubuh manusia adalah masalah jantung yang berujung pada infeksi otot jantung akut dan gangguan peredaran darah, dehidrasi yang berujung pada kejang, halusinasi, perilaku agresif dan sesak dada, pendarahan, pernapasan tidak berjalan dengan baik dan perasaan lebih mudah bergerak. . lelah, hilang ingatan, lalu penyakit menular berbahaya seperti HIV, AIDS, hepatitis, TBC, dan lain-lain. Penggunaan obat yang berlebihan menyebabkan overdosis, yang menyebabkan kematian.

Efek tidak langsung dari narkoba adalah uang dan harta benda mengalir begitu saja, tersingkir dari masyarakat dan masyarakat orang-orang baik yang tidak lagi dipercaya oleh orang lain karena pengguna narkoba cenderung suka berbohong dan suka melakukan kejahatan.

 

Beberapa faktor yang menyebabkan kecanduan narkoba adalah sebagai berikut:

1. Faktor individu, ada kemauan yang besar untuk bereksperimen tanpa menyadari akibatnya atau memikirkannya dalam waktu yang lama, ada keinginan untuk bersenang-senang dan mencoba mengikuti trend fashion.
2. Faktor  ekonomi, setiap pecandu narkoba selalu membutuhkan obat-obatan sebagai bagian dari kebutuhan hidupnya yang cenderung meningkat dosisnya dibandingkan dengan produk lain.
3. Faktor lingkungan, penyalahgunaan narkoba dapat berasal dari luar lingkungan keluarga, sebagian besar disebabkan oleh jaringan yang berusaha menembus segala hambatan dalam negeri dengan jaringan yang tertata cukup baik, berusaha menciptakan konsumen baru dalam pengembangan pemasaran obat. Kemudian dari lingkungan keluarga itu sendiri, dengan adanya hubungan keluarga yang rusak, yang mendorong seseorang untuk menggunakan narkoba.

 

Upaya dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran narkoba :

1. Bekerja sama dengan pihak berwenang ketika menasihati tentang bahaya narkoba atau melakukan kejang spontan rutin,
2. Menyelenggarakan program pelatihan yang bertujuan untuk memperkuat peran dan aktivitas masyarakat agar kelompok masyarakat lebih berhasil dan tidak memikirkan untuk mencapai kebahagiaan melalui narkoba.
3. Melakukan program pemulihan yaitu program pemulihan atau pengobatan untuk pengobatan adiksi Narkoba.
4. Melaksanakan program penindakan untuk menindak produsen, pengedar, perantara dan pengguna narkoba dengan cara memantau dan mengontrol produksi atau peredaran narkoba.

 

Tags : Bahaya Narkoba

Sumber foto :

https://jurnalmadani.com/assets/berita/72412954596-ilustrasi_narkoba._foto_liputan6