SMK WIKRAMA

Gaya Hidup Sehat Remaja - Kesehatan Remaja

Bogor

Gaya Hidup Sehat Remaja - Kesehatan Remaja

Masa remaja sering disebut sebagai masa emas (golden age) karena hal-hal yang dilakukan pada masa remaja mengarah pada masa dewasa salah satunya adalah kesehatan. Menjalani gaya hidup sehat saat remaja tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Anda dapat melakukan hal-hal dasar untuk merawat tubuh Anda sendiri, bahkan tidak memerlukan biaya, hanya membutuhkan komitmen dan rutinitas yang teratur.

Kesehatan adalah hal yang paling mahal dalam hidup, berapa biaya untuk sakit. Ini bukan hanya tentang biaya, tetapi juga tentang berapa banyak hal positif yang dapat Anda lewatkan saat sakit. Kebanyakan remaja berpikir bahwa penyakit itu akan menyerang mereka ketika mereka sudah tua. Padahal, cara berpikir seperti ini adalah kesalahan besar, karena penyakit tidak peduli siapa seseorang dan berapa umurnya. Masa remaja adalah masa emas pencarian jati diri, saat remaja yakin bahwa dirinya lebih produktif dan melakukan hal lain tanpa lelah dan tanpa mengkhawatirkan kesehatannya. 

Berikut gaya hidup remaja untuk menjaga kesehatannya:

  1. Makanan
    - Pola makan yang dominan
    Konsumsi makanan berkalori tinggi setiap hari dapat mempengaruhi kualitas kesehatan fisik jika tidak diimbangi dengan aktivitas yang cukup.
    - Menyelesaikan penyerapan vitamin D dan kalsium
    Pengeroposan tulang atau osteoporosis dapat dicegah dengan memenuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium. Ini bisa dicapai dengan makan sayuran hijau, minum susu, dan berjemur di pagi hari.
    - Cari tahu tentang asupan omega 3 dan asam lemak
    Asam lemak omega-3 dan asam lemak banyak terdapat pada jenis ikan, seperti tuna, cod dan salmon. Pemenuhan kebutuhan tersebut dapat mencegah penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan stroke.

 

  1. Minuman
    Hindari minuman yang mengandung banyak gula, perasa dan pewarna buatan. Saat ini banyak produsen yang menjual minuman dengan bahan tersebut. Meski masih dalam kadar yang wajar, zat tersebut bisa menumpuk di ginjal jika Anda sering mengonsumsinya, bahkan setiap hari. Anda mungkin tidak merasakannya sekarang, tetapi itu adalah bom waktu saat Anda dewasa. Hindari juga alkohol, Anda mungkin sudah mengetahui efek buruk dari alkohol ini.


 

  1. Menjaga berat badan
    Tubuh yang terlalu gemuk atau biasa disebut kegemukan tentu saja membahayakan kesehatan. Karena tubuh yang gemuk atau kegemukan lebih rentan terhadap segala macam penyakit mematikan seperti penyakit jantung, stroke dan lain sebagainya.

 

  1. Dapatkan tidur yang teratur
    Istirahat yang cukup sangat penting untuk tubuh Anda menjalani pertumbuhan dan perkembangan. Hindari terlambat jika tidak berarti apa-apa. Istirahat yang cukup berarti istirahat yang berkualitas sesuai dengan aktivitas Anda.

 

  1. Lakukan aktivitas yang sehat
    Terlibat dalam kegiatan yang sehat yaitu. berolahraga secara teratur dan menghentikan semua kebiasaan tidak sehat seperti minum, merokok dan penyalahgunaan narkoba. 


 

  1. Ajak otak Anda berolahraga
    Tidak sedikit remaja Indonesia yang menderita alzheimer atau kepikunan dini. Ini karena otak tidak diasah dengan baik. Anda bisa mengasah otak atau mengajaknya berolahraga dengan mengerjakan teka-teki silang, menjawab pertanyaan di kelas, mencoba memecahkan masalah dan membaca buku yang Anda sukai.


 

Tags : Gaya Hidup Sehat

Sumber foto :

http://ners.unair.ac.id/site/images/Lihat/pola_hidup_sehat.png