SMK WIKRAMA

Belajar Strategi Komunikasi Media bersama Gustav Aulia

Bogor

Belajar Strategi Komunikasi Media bersama Gustav Aulia

Halo warga SMK Wikrama Bogor! Kembali lagi bersama artikel dari tim Jurnalistik nih. Kali ini kami akan rangkum apa saja sih yang dibahas ketika kuliah umum rombel DKV kelas XI.

Pada hari Jumat, 22 September 2023 telah dilaksanakan kuliah umum untuk jurusan DKV kelas XI, kuliah umum ini dihadiri oleh pembicara Gustav Aulia dan Nayaka. Acara ini memang dikhususkan untuk DKV XI dengan tujuan untuk berbagi pengalaman juga tips-tips untuk menghadapi dunia PKL (Praktik Kerja Lapangan) yang akan kelas XI laksanakan sebentar lagi.

Tim Jurnalistik SMK Wikrama Bogor telah mewawancarai salah satu narasumber saat acara kuliah umum ini berlangsung, berikut ini adalah hasil wawancara nya. Tips yang diberikan adalah ‘Bagaimana mengkomunikasikan karya agar diterima oleh publik?’, menurutnya dunia komunikasi media mengalami perubahan seiring dengan majunya teknologi, contohnya seperti sekarang kita menikmati TV tidak harus mempunyai TV, kita bisa menikmatinya melalui handphone ataupun laptop. Seringkali di era digital ini juga membuat standar atau batasan menjadi samar, dalam arti terkadang kitab isa melihat karya yang sedang viral tetapi tidak punya unsur sinematik, seperti gambar nya tidak bagus dan lain-lain. 

Selanjutnya tentang tantangan utama yang di hadapi saat para siswa sedang mencoba mengasah kemampuan komunikasi media di era digital.  Tips nya: Mencoba untuk mulai membuat konsep projek yang kita mempunyai penjelasan tentang konsep itu, contoh jika kita akan membuat animasi, perlu berpikir jalan ceritanya, tokoh apa yang akan dibuat, objek, alur, serta bagaimana cara membuat masyarakat  tertarik dengan animasi tersebut.

Narasumber juga menilai kemampuan siswa SMK Wikrama Bogor dalam berkarir dibidang komunikasi media. Menurutnya, siswa SMK Wikrama Bogor mempunyai kemampuan untuk bersaing, bahkan beberapa diantaranya sudah melebihi kemampuan anak-anak seusianya bahkan ada yang menyamai para professional. Oleh karena itu apa yang diajarkan oleh sekolah tidak bisa dianggap remeh, tetapi kita juga jangan hanya mengandalkan apa yang diajarkan oleh guru, kita juga harus berani eksplor sendiri agar mempunyai basic yang cukup baik. Jadi jangan berhenti atau puas dulu dengan apa yang kita dapatkan, tetap ekplor, juga asah terus kemampuan, sudah pasti kita akan sukses.