SMK WIKRAMA

Cara Menjaga Kesehatan Mata - Kesehatan Remaja

Bogor

Cara Menjaga Kesehatan Mata - Kesehatan Remaja

Ada beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata agar tidak mengalami mata minus atau plus. Metode ini sangat mudah diterapkan. Berikut adalah beberapa cara yang disarankan untuk menjaga kesehatan mata:

  1. Periksakan mata Anda setiap 12 bulan
    Tips pertama untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan rutin memeriksakan mata. Masalah penglihatan yang tidak diobati semakin parah, jadi sebaiknya hindari pemakaian lensa kontak atau kacamata yang sudah tidak pas lagi karena dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan sakit kepala.

 

  1. Kacamata Anti-UV
    Tips menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah penggunaan kacamata pelindung UV. Seperti yang kita ketahui, sinar UV dapat merusak mata secara serius. Kacamata yang baik dapat mencegah hal ini. Saat membeli kacamata, pastikan kacamata tersebut memantulkan setidaknya 98% radiasi UV.


 

  1. Nutrisi untuk mata
    Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan menjaga asupan makanan. Studi terbaru menunjukkan bahwa vitamin dan antioksidan dapat mencegah atau setidaknya memperlambat degenerasi makula dan pertumbuhan katarak. Nutrisi yang baik untuk tubuh juga baik untuk mata.

 

  1. Penggunaan cahaya yang cukup
    Bekerja dalam cahaya redup dapat membuat mata Anda lelah, tetapi cahaya yang terlalu terang juga tidak baik. Cara menjaga kesehatan mata dengan cara mengarahkan cahaya terbaik saat bekerja di depan komputer dari sisi lampu meja yang remang-remang. Turunkan tingkat kecerahan (brightness) layar. Warnanya tidak terlalu tajam, tapi lebih nyaman di mata.


 

  1. Istirahatkan mata Anda
    Menjaga kesehatan mata itu mudah, cukup istirahat saja. Hampir setiap orang mengalami ketidaknyamanan pada mata mereka setelah duduk di depan layar komputer sepanjang hari. Ini karena mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya, sehingga menyebabkan mata kering.

    Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menutup mata dan menghitung sampai lima sebelum membukanya lagi. Hal lainnya adalah mengalihkan pandangan dari layar dan fokus pada objek yang jauh. Lakukan ini selama beberapa menit setiap 30 menit.

 

  1. Cari lensa kontak yang berkualitas
    Tidak semua lensa kontak sama. Beberapa tidak berbahaya bagi mata Anda, yang lain berisiko merusak mata Anda. Tips menjaga kesehatan mata Dalam hal ini, Anda harus bijak dalam memilih lensa kontak yang berkualitas.


 

  1. Jika Anda memakai lensa kontak, rawatlah dengan baik
    Menggunakan lensa kontak bukanlah masalah besar, tetapi pembersihannya juga tidak boleh diabaikan. Cuci lensa kontak Anda setiap kali Anda memasukkan atau mengeluarkannya. Anda juga harus mengganti cairannya jika Anda mengoleskannya di malam hari saat tidur.

 

  1. Kenakan lensa kontak sesuai dengan jadwal yang dianjurkan
    Beberapa orang memakai lensa kontak lebih lama dari yang dimaksudkan. Ini tidak bagus. Meskipun kualitas lensa tidak terpengaruh, penumpukan protein dapat mengaburkan penglihatan Anda. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah semakin lama Anda memakai lensa kontak, semakin tinggi risiko infeksi mata Anda.


 

  1. Gunakan filter monitor
    Gunakan filter glass monitor untuk mengurangi silau dan radiasi pada layar. Konsultasikan dengan vendor komputer Anda untuk mendapatkan filter bagus yang dapat mengurangi efek radiasi, bukan hanya mengurangi kecerahan layar.

 

  1. Atur kertas kerja agar mudah dibaca di komputer
    Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan meletakkan kertas di atas meja. Jika Anda harus bekerja menyalin atau membaca makalah, letakkan spreadsheet pada jarak yang sama dari layar. Dengan begitu Anda tidak perlu bolak-balik fokus setelah membaca lembar kerja untuk membacanya di layar.


 

Tags : Menjaga Kesehatan Mata

Sumber foto :

https://doktersehat.com/wp-content/uploads/2018/10/cara-menjaga-kesehatan-mata-doktersehat.jpg