SMK WIKRAMA

Cara Mencegah dan Menghindari Virus Pada Komputer Laptop

Bogor

Cara Mencegah dan Menghindari Virus Pada Komputer Laptop

Virus adalah file yang mengganggu sistem operasi komputer dan laptop. Saat laptop terkena virus, otomatis kinerja laptop tidak maksimal, biasanya virus jenis ini mengganggu, seperti kemampuan loading, melambat/lambat. , tiba-tiba kehilangan file yang kita simpan, laptop restart beberapa kali, jika sudah berurusan dengan virus besar, terkadang sistem operasi dihapus, ini memaksa kita untuk menginstal ulang sistem operasi di laptop.

Beberapa  orang yang pernah mengalami pengalaman buruk seperti kehilangan data secara tiba-tiba di laptopnya biasanya sangat takut dengan adanya virus di laptopnya sehingga kewaspadaannya sangat tinggi sehingga tidak mau menggunakan memory stick yang bukan miliknya. atau mereka tidak mau meminjamkan laptopnya kepada orang lain yang membutuhkan. Salah satu alasan mereka seperti ini karena takut laptopnya kena virus, jadi itu benar.

Komputer yang disebut virus adalah file berbahaya, jadi file apa pun yang dapat memengaruhi pengoperasian sistem operasi adalah virus. File yang mengganggu ini bisa berupa file biasa yang sengaja kita simpan tetapi rusak, worm, kuda troya, spyware, dan malware yang sengaja diinstal atau tidak diinstal. Sebenarnya kita tidak perlu terlalu khawatir dengan apa yang disebut virus di PC/Laptop, selama kita siap melakukan tindakan proaktif dengan baik, kemungkinan virus masuk ke laptop kita sangat kecil.

Cara mencegah dan menghindari virus di komputer atau laptop:

1. Gunakan antivirus yang kompatibel dan bonafit, selalu perbarui antivirus Anda.
2. Jika komputer atau laptop Anda sering digunakan untuk menjelajah Internet, gunakanlah program antivirus dengan fitur keamanan Internet.
3. Aktifkan firewall di Windows yang Anda gunakan;
4. Selalu perbarui pembaruan keamanan Windows Security;
5. Jangan biasakan menyimpan data di drive C terlalu lama;
6. Periksa semua data yang tersimpan di laptop Anda dan segera buang/hapus jika Anda tidak mengenali data tersebut.
7. Secara teratur menghapus file registri yang tidak perlu;
8. Jika ingin mentransfer data dari perangkat lain, usahakan jangan dibuka dulu saat masih terhubung, langsung kirim/salin dan cabut perangkat/perangkat tersebut.
9. Gunakan alat pembersih seperti Ccleaner, TuneUp Utility, dan lain-lain.

 

Tags : Mencegah Virus Pada Komputer atau Laptop

Sumber foto :

 https://www.pojokwebsite.com/wp-content/uploads/2013/01/cegah-virus-ok.jpg