SMK WIKRAMA

Berbagai Upaya Pemerintah untuk Memulihkan Sektor Pariwisata

Bogor

Berbagai Upaya Pemerintah untuk Memulihkan Sektor Pariwisata

SMK WIKRAMA BOGOR - Pemerintah terus mencari solusi guna memulihkan sektor pariwisata yang sangat terdampak oleh pandemi Covid-19. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menekankan bahwa industri pariwisata memerlukan dukungan berupa stimulus atau program khusus agar dapat kembali bangkit dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

 

Salah satu langkah yang diambil adalah memperluas program Kartu Prakerja pada tahun 2021, dengan prioritas kepada para pekerja yang berada di sektor pariwisata. "Validasi data yang akurat sangatlah krusial untuk mendukung implementasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di sektor ini," ujar Airlangga dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (17/2/2021).

 

Selain itu, pemerintah juga tengah fokus pada pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) serta mendorong percepatan pembangunan 5 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata guna menarik kembali minat wisatawan untuk mengunjungi daerah wisata.

 

Airlangga juga menambahkan bahwa diperlukan perubahan sasaran wisatawan dengan fokus lebih kepada wisatawan domestik, yang diperkirakan mencapai 50-55 juta orang. Saat ini, pemerintah sedang mempercepat peraturan pemerintah untuk KEK Pariwisata Lido dan dua KEK pariwisata di wilayah Bangka Belitung, yaitu KEK Sungai Liat dan KEK Tanjung Gunung.

 

Lebih lanjut, Airlangga menekankan pentingnya program padat karya di sektor pariwisata yang direncanakan untuk dimulai pada kuartal pertama tahun ini, dengan tetap memperhatikan keamanan dan kenyamanan bagi pekerja maupun wisatawan.

 

Ia juga menekankan pentingnya prioritas vaksinasi Covid-19 bagi pekerja di industri pariwisata agar dapat memberikan rasa aman saat berinteraksi dengan wisatawan. "Pemerintah berharap pariwisata dapat kembali bangkit, namun tetap mengutamakan keselamatan masyarakat," tambahnya. 

 

Sumber : https://money.kompas.com/read/2021/02/17/104029326/ragam-upaya-pemerintah-selamatkan-sektor-pariwisata#google_vignette