SMK WIKRAMA

Benamkan Diri Anda di Dunia Kuliner? 5 Skill ini Wajib Dikuasai Ya!

Bogor

Benamkan Diri Anda di Dunia Kuliner? 5 Skill ini Wajib Dikuasai Ya!

 Industri makanan memiliki daya tarik yang besar karena makanan berkembang sesuai tren dan zaman. Oleh karena itu, dibutuhkan keahlian khusus untuk pekerjaan di bidang kuliner. Perhatikan bahwa profesi di bidang ini juga sangat beragam, mulai dari chef, pastry chef, food stylist dan masih banyak lagi lainnya.

 

     Untuk memiliki karir yang hebat di bidang kuliner, pertama-tama cobalah mencari tahu keterampilan kerja apa yang perlu Anda kuasai.

 

  1. Kreativitas

     Bekerja di industri makanan memang membutuhkan kreativitas karena dapat menunjang pekerjaan.

Profesi chef misalnya, tentu selalu membutuhkan kreativitas untuk menghasilkan inovasi menu terbaru.

 

     Seperti yang dijelaskan oleh The Balance Careers, kreativitas dan imajinasi koki memainkan peran penting dalam kesuksesan sebuah restoran. Lagi pula, semakin banyak menu yang disiapkan dan memiliki rasa yang menarik, semakin banyak pelanggan yang diundang.

 

     Oleh karena itu, seorang chef harus selalu berpikir kreatif untuk membuat menu baru atau menambah resep lama agar lebih menarik.

 

  1. Manajemen Waktu

     Manajemen waktu juga menjadi salah satu keterampilan kerja di bidang kuliner yang harus dikuasai.

Apakah Anda seorang koki atau manajer restoran, Anda benar-benar membutuhkan manajemen waktu yang baik. Menurut Escoffier, bekerja di dapur atau restoran bisa lebih efisien jika memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik.

 

     Menyiapkan makanan di dapur bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, tekanannya sangat kuat dan membutuhkan kekuatan fisik dan mental yang kuat. Jika staf dapur tidak bisa menyajikan makanan tepat waktu, tentu saja pekerjaan para pramusaji di restoran juga terpengaruh. Konsumen yang tidak puas dengan pelayanan restoran pasti malas untuk mengunjunginya kembali. Oleh karena itu, manajemen waktu sangat diperlukan. memiliki rasa yang menarik, secara alami menarik lebih banyak pelanggan.,

     

  1. Kepemimpinan

     Anda pasti tahu keterampilan manajemen atau kepemimpinan, bukan? Skill ini sangat dibutuhkan di semua bidang pekerjaan. Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba berkarir di bidang kuliner, Anda tetap perlu menguasai skill ini.

 

     Dalam industri perhotelan, Food and Beverage Manager adalah seorang manajer yang bertugas untuk mengawasi setiap karyawan agar dapat bekerja dengan sebaik-baiknya. Mulai dari pengaturan standar dan cara memasak staf dapur hingga pengaturan standar pelayan saat menyajikan makanan. Tentu saja, tanpa kualitas kepemimpinan, tugas tersebut sulit diselesaikan. Bahkan, proses kerja staf di dapur dan restoran akan kacau balau.

 

     Tentunya, chef juga membutuhkan skill leadership untuk membimbing chef junior di dapur. Jadi, keterampilan kepemimpinan sangat diperlukan dalam pekerjaan apa pun di industri perhotelan.

 

  1. Perhatian Terhadap Detail

     Bagi orang yang tidak tahu bagaimana memperhatikan detail dan jauh dari gigih, kemungkinan bekerja di bidang ini akan cukup sulit. Dari kue hingga kue kering hingga penata makanan, mereka pasti membutuhkan keterampilan ini di tempat kerja.

 

     Tentunya tanpa ketelitian, sulit bagi seorang koki untuk menyiapkan hidangan sesuai pesanan. Pasalnya, tanpa takaran yang tepat, makanan yang Anda siapkan bisa saja tidak memiliki rasa yang Anda inginkan.

 

 Selain itu, menjadi food stylist juga membutuhkan kemampuan dalam menyajikan makanan. Ia harus bisa memperhatikan detail setiap makanan untuk menciptakan sajian yang lebih estetis.

 

  1. Komunikasi

     Komunikasi telah terbukti menjadi salah satu keterampilan terpenting yang dibutuhkan setiap karyawan. Ternyata skill ini juga sangat dibutuhkan di bidang kuliner. Bayangkan si juru masak tidak bisa berkomunikasi dengan baik. Pasti sulit baginya untuk memberi saran kepada staf dapur tentang cara menyiapkan makanan.

 

     Selain itu, bagi Food and Beverage Manager, komunikasi merupakan kunci sukses dalam berhubungan dengan pelanggan. Misalnya ada pelanggan yang komplain karena tidak puas dengan makanan atau pelayanannya, maka sudah menjadi tugas manajer untuk meyakinkan mereka. Tentu saja, tanpa keterampilan komunikasi yang mumpuni, sulit menghadapi pelanggan yang marah, bukan?

 

     Oleh karena itu, setiap karyawan harus komunikatif, bahkan di bidang kuliner sekalipun. Ia harus bisa memperhatikan detail setiap makanan untuk menciptakan sajian yang lebih estetis.

 

Tags : Skills profesional

           Kuliner


Sumber : https://images.app.goo.gl/4DagMaK68p7sj4xP9