SMK WIKRAMA

Bahaya Makanan Cepat Saji (Fast Food) bagi Kesehatan

Bogor

Bahaya Makanan Cepat Saji (Fast Food) bagi Kesehatan

SMK WIKRAMA BOGORDi zaman seperti sekarang ini makanan cepat saji (fast food) tidak asing bagi kita semua. Fast food adalah makanan yang mudah dan cepat pengolahannya. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini yang dianjurkan untuk membatasi aktivitas di luar rumah dan selalu menyediakan stok makanan cepat saji seperti mie instan, frozen food dan lain-lain. Pada saat pandemi juga lebih sering memesan makanan lewat aplikasi online dan lebih sering memesan fast food. Alasan lain orang-orang mengonsumsi makanan cepat saji karena harganya yang bervariasi, mudah ditemukan dimana saja, dan tidak dipungkiri lagi rasanya yang lezat.

Makanan cepat saji dapat bertahan lama seperti mie instan dan frozen food makanan- makanan ini terbilang praktis dan tidak mudah busuk. Tapi, kita semua tahu bahwa makanan cepat saji rendah kandungan nutrisinya dan mengandung zat berbahaya seperti pengawet dan penyedap rasa seperti micin yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Beberapa penelitan menyatakan bahwa mengonsumsi makanan cepat saji (fast food) tidak menimbulkan dampak langsung. Banyaknya makanan siap saji yang menumpuk pada tubuh seseorang bisa menimbulkan penyakit tertentu di kemudian hari.

Dampak terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, diantaranya :

1. Dapat menimbulkan penyakit serius

Makanan cepat saji banyak mengandung gula, mengonsumsi gula berlebihan berbahaya karena meningkatan kadar kolesterol. Akibatnya, seseorang yang mengonsumsi gula dalam jumlah berlebih berisiko tinggi terkena penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan kanker.

2. Menyebabkan obesitas

Makanan cepat saji juga mengandung lemak yang berdampak buruk bagi tubuh dan jika obesitas akan berisiko terkena kolesterol dan penyakit lainnya.

3. Kekurangan nutrisi

Jika terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, maka semakin sedikit nutrisi dan vitamin yang didapat oleh tubuh dan tubuh menjadi kekurangan nutrisi dan mudah jatuh sakit sertamenurunkan daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, demi menjaga kesehatan tubuh kurangi mengonsumsi makanan cepat saji dan lebih banyak mengonsumsi makanan bergizi seperti sayur, buah, ikan dan lain-lain agar daya tahan tubuh kita kuat apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini yang harus menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.