SMK WIKRAMA

Baca artikel ini!, agar mudah belajar algoritma pemrograman

Bogor

Baca artikel ini!, agar mudah belajar algoritma pemrograman

SMK WIKRAMA BOGOR - Menguasai algoritma pemrograman dasar adalah hal wajib bagi setiap programmer, baik programmer pemula maupun profesional. Hal itu karena algoritma adalah tumpuan dasar dalam menyelesaikan bermacam permasalahan yang ada.

 

Berikut cara mudah belajar algoritma pemrograman

 

1.Algoritma bahasa pemrograman  Untuk Pemula

Kebanyakan pemula berpendapat bahwa mempelajari algoritma tidaklah mudah, bahkan lebih sulit dari matematika. Hal tersebut karena dalam mempelajari algoritma, seseorang perlu memiliki kemampuan penalaran yang baik.

 

2.Pentingnya Algoritma Pemrograman  Untuk Pemula

Pertama – tama anda perlu memahami pengertian dari algoritma secara logika, kemudian memahami seperti apa ciri – ciri algoritma, dan terakhir mengetahui apa saja jenis – jenis algoritma.

 

Dalam ilmu komputer, algoritma pemrograman  digunakan untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang berkaitan dengan komputasi numerik. Algoritma ini  juga berfungi sebagai jembatan komunikasi antara manusia dan mesin canggih bernama komputer untuk bisa menyelesaikan suatu permasalahan.

Berdasarkan tingkat kesulitannya, Algoritma pemrograman  terbagi ke dalam 3 jenis, yaitu algoritma  tingkat tinggi (high level language), tingkat menengah (medium level language), dan tingkat rendah (low level language). Setiap Jenis algoritma tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda – beda, namun memiliki tujuan yang sama.

3.Jenis algoritma dalam pemrograman

Algoritma Narasi (bahasa natural)

Mengklasifikasikan status kelulusan mahasiswa berdasarkan  data yang diberikan.

 

Algoritma Pseudo Code

Data tersebut berupa nama dan nilai mahasiswa, dimana nilai tersebut memiliki besaran yang bervariasi mulai dari 0 hingga 100. 

 

Algoritma Flowchart

Jenis algoritma pemrograman  berikutnya ialah Algoritma Flowchart yang biasanya digunakan untuk merancang sebuah program komputer.

 

4.Apa Fungsi Algoritma?

Menyelesaikan masalah

Algoritma digunakan untuk mengatasi permasalahan rumit dalam suatu program yang kemungkinan juga melibatkan perhitungan tingkat tinggi. 

 

Menyederhanakan program besar

Algoritma juga memiliki peran cukup dominan dalam menyederhanakan proses pembuatan program yang cukup rumit. 



 

Mempermudah proses perbaikan

Dalam aktivitas pemrograman, anda akan menemukan berbagai kesalahan yang menganggu kinerja suatu program.


 

Algoritma Pemrograman  dan String

Dalam algoritma, operasi string adalah proses pemecahan masalah yang berkaitan dengan pengolahan teks atau tulisan.

 

sumber:https://markey.id/blog/development/algoritma-pemrograman