SMK WIKRAMA

Ayam Goreng dari Indonesia Jadi Yang Terlezat di Dunia

Bogor

Ayam Goreng dari Indonesia Jadi Yang Terlezat di Dunia

APA ITU AYAM GORENG?

Ayam goreng (khas Nusantara) adalah hidangan  yang merupakan ayam yang digoreng dalam minyak goreng indonesia Dalam dunia internasional, istilah ayam goreng merujuk kepada cara Indonesia dalam memasak ayam yang digoreng. Kebanyakan ayam goreng khas Nusantara tidak dilapisi tepung, dan memiliki bumbu yang lebih kaya.

Kuliner Indonesia kembali dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia.Kuliner Indonesia,yaitu ayam goreng berhasil masuk daftar 10 ayam goreng terenak di dunia atau 10 Best Fried Chicken Dishes.

Ayam goreng dinobatkan sebagai hidangan terbaik di dunia mengalahkan Taiwanese popcorn chicken yang berada di peringkat kedua. Ayam goreng asli Indonesia terdiri dari potongan ayam. Adapun, bagian yang dipilih biasanya adalah paha atau dada yang dibumbui dan direbus sebentar sebelum akhirnya digoreng. Bumbunya biasanya dibuat dari rempah-rempah tradisional seperti serai, lengkuas, kunyit.Di beberapa daerah, ayam goreng juga dibumbui dengan bumbu lainnya lengkap dengan tambahan seperti parutan kelapa atau remah-remah tepung beras.

Semua jenis ayam goreng dapat dinikmati sebagai hidangan tersendiri, biasanya di Indonesia ayam goreng di nikmati dengan nasi sambal terasi atau sambal kecap (campuran cabai rawit dan bawang merah dengan kecap manis) sebagai saus celup dan potongan mentimun dan tomat. Tempe dan tahu juga disajikan sebagai hidangan tambahan.

Menariknya, seperti kita ketahui bersama bahwa Indonesia memiliki sumber rempah – rempah yang berlimpah sehingga banyak varian ayam goreng yang kita temui di Indonesia, hal ini juga dipengaruhi oleh kebudayaan dan sumber rempah yang ada di wilayah tersebut, Seperti Ayam Goreng Kalasan banyak di daerah Jogja sampai Solo, Ciri khasnya adalah bumbu kaya rasa yang meresap, tekstur yang empuk dan hasil gorengan yang tidak begitu garing.

Sementara di wilayah Sunda atau Jawa Barat, banyak kita temui ayam goreng dengan taburan parutan lengkuas yang diungkep bersama ayam dan bumbu,  diperas sebelum digoreng bersama ayam hingga matang. Rasanya gurih dan memberikan sensasi crunchy berserat, orang sunda biasa menyebutnya dengan ayam goreng lengkuas. 

Sementara dari Indonesia Timur, terkenal dengan sebutan Ayam Goreng Paniki, Sebelum digoreng bersama daun pandan dan daun jeruk, ayam paniki dibumbui dan dimasak bersama santan. Rasanya jangan ditanya, gurih banget dan sangat aromatik, Khas rasa dari Manado.


Masih banyak lagi Varian ayam goreng dari Indonesia, sebut saja Ayam goreng Nusantara, maka pantaslah jika dunia mengakui kelezatan hidangan satu ini, Ayam Goreng Nusantara