SMK WIKRAMA

APA ITU JURUSAN MANAJEMEN PEMASARAN?

Bogor

APA ITU JURUSAN MANAJEMEN PEMASARAN?

SMK WIKRAMA BOGOR - 

APA ITU JURUSAN MANAJEMEN PEMASARAN?

Jurusan Manajemen Pemasaran mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan penjualan produk, seperti perencanaan pengembangan konsumen segmentasi dan analisa pasar, metode periklanan, promosi dan lain sebagainya. Pada jurusan ini kamu juga akan belajar membuat strategi pemasaran, memahami dan memecahkan masalah dalam penjualan, mempelajari perilaku konsumen, menetapkan harga serta komunikasi ke konsumen. Manajemen Pemasaran sebagai ujung tombak sebuah perusahaan karena berhubungan dengan operasional perusahaan.

Jurusan Manajemen Pemasaran akan mengajarkanmu untuk berbikir kreatif dan inovatif serta tetap up to date dengan perkembangan tren dan teknologi. Pemasaran sebagai salah satu faktor penentu suksesnya suatu perusahaan atau produk untuk dikenal dan dipercaya oleh masyarakat yang menjadi konsumennya. Sama seperti bidang ilmu lainnya, jurusan manajemen pemasaran juga memiliki spesialisasi yang beragam, diantaranya Digital marketing, Public relations, Marketing research and analytics, Database marketing, Marketing management, Content marketing, Search engine marketing (SEM), Social media marketing, Integrated marketing communications dan Guerilla marketing.

KENAPA JURUSAN MANAJEMEN PEMASARAN

Jurusan Manajemen Pemasaran memiliki prospek kerja yang sangat luas, sebab hampir semua perusahaan memiliki bagian pemasaran baik itu perusahaan periklanan, teknologi, tambang, industri pariwisata, Fast-moving consumer goods (FMCG) hingga media. Beberapa prospek karier yang cocok untuk lulusan manajemen pemasaran diantaranya Product Manager, Brand Executive, Marketing Relations Executive, Media Planner, Digital Marketing Manager, dan Account Manager. Jika memiliki jiwa entrepreneurship yang tinggi, kamu juga bisa membuka & mengembangkan usahamu sendiri setelah lulus nanti. Dengan kemampuan manajemen dan marketing yang dimiliki kamu tak hanya terlatih mengelola perusahaan tetapi juga dapat turun langsung dalam penjualan dan pemasaran.

Selain itu berkuliah di Jurusan ini juga dapat membantumu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara tidak langsung. Manajemen pemasaran akan memfasilitasi terjadinya perdagangan antara pembuat produk serta konsumen yang membutuhkan barang dan jasa. Selain itu, bidang pemasaran yang baik juga meningkatkan pengetahuan konsumen sehingga konsumen mengerti mengenai hal-hal yang akan mereka konsumsi.