SMK WIKRAMA

Anda Harus Memperhatikan Hal Ini Saat Memasak

Bogor

Anda Harus Memperhatikan Hal Ini Saat Memasak

 

Tidak semua ART (Asisten rumah tangga) memiliki “paket” lengkap: rumah tangga yang terampil atau terampil dalam memasak. Ada yang rajin bersih-bersih dan hasil akhirnya selalu bagus, tapi tidak bisa masak. Ada yang bisa masak, tapi hanya sedikit. Jadi masakan ini sering jadi pekerjaan rumah kita ya bunda. Karena jika ada anggota keluarga yang tahu cara memasak untuk keluarga, pasti Anda akan jauh lebih tenang. Untuk rasa yang kurang cocok sebenarnya bisa diatur karena basic (bisa/sukamasak) sudah ada.

 

Masalahnya adalah ketika anda tidak bisa memasak sama sekali. Tentu saja anda Harus mengajarinya dengan sabar. Selain teknik memasak, penting bagi anda untuk mengajarkan hal-hal ini dan mengikuti aturan saat memasak.

 

 

 

  1. Higienitas

Dia perlu tahu. Misalnya sebelum memasak, anda harus membersihkan tangan dan membersihkan peralatan yang anda gunakan. Sayuran dan bahan masakan dibersihkan. Pemisahan makanan yang dimasak dari bahan mentah dan peralatan bekas untuk menghindari kontaminasi bakteri. Handuk dan piring tidak boleh sama dan ganti serbet secara teratur. Tidak lupa setelah selesai memasak, segera cuci bersih semua peralatan dapur dan tata dengan rapi, lap meja dapur, lap lantai agar bersih kembali dan tidak ada bekas bahan makanan yang menempel di kaki atau mengundang semut.

 

 

  1. Penggunaan Peralatan Masak

Misalnya cara menggunakan oven dengan benar agar api yang tepat untuk setiap piring dan alat masak yang digunakan. Biarkan dia menggunakan beberapa peralatan paling dasar terlebih dahulu sebelum mempelajari cara menggunakan peralatan yang lebih canggih seperti microwave, blender, oven, dll. Pelajari cara menggunakan kompor canggih satu persatu. Jangan berharap dia mengerti segalanya dalam satu hari. Meski perlu memahaminya dengan cepat, dia pasti masih membutuhkan waktu dan pengalaman. Tunggu sampai dia menemui masalah dan beritahu dia solusinya. 

 

 

  1. Keamanan Memasak

Antara lain, ini terkait dengan penggunaan baterai yang benar. Dia harus tahu cara menggunakan oven, peralatan listrik, bahkan hal-hal yang tampaknya sepele seperti menggunakan pisau. Siapkan tempat untuk melindungi tangannya dari panci atau wajan panas

 

 

  1. Perawatan Peralatan Masak

Ajari dia cara melakukannya sedetail mungkin, mulai dari cara mencuci, sabun yang digunakan, spon yang berbeda untuk setiap jenis alat, jika sudah terbiasa, dan bagaimana ia menyusun alat-alat tersebut, benar dan teratur. Katakan saja hal-hal yang diurus bertahan lebih lama dan tidak menimbulkan masalah. 

 

 

  1. Jelaskan Bahan Yang Bisa Dan Tidak Bisa Digunakan

Setiap keluarga tentunya memiliki aturan atau preferensi dalam menggunakan makanan. Misalnya, anda tidak pernah "mengizinkan" MSG dan penyedap lainnya di dapur anda, jadi dia harus mengetahui dan mengikutinya.

 

 

 

Sumber Foto: https://pin.it/OIgBG4j