SMK WIKRAMA

Alasan Memilih Sekolah Tata Boga

Bogor

Alasan Memilih Sekolah Tata Boga

SMK WIKRAMA BOGOR - Alasan Memilih Sekolah Tata Boga

Saat duduk di bangku SMK, ada banyak jurusan yang dapat kamu pilih, salah satunya adalah sekolah tata boga agar mempunyai keahlian memasak. Tidak sedikit pelajar memilih jurusan ini karena keahlian memasak tidak dapat dipandang sebelah mata.

Sekolah memasak sudah ada selama bertahun-tahun di Indonesia sehingga menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati saat ini. Apabila kamu masih ragu untuk  memilih studi tata boga, berikut adalah alasan mengapa jurusan tersebut merupakan pilihan tepat:

Pengalaman selama Sekolah

Pelajar yang memilih sekolah memasak bisa belajar tentang bagaimana cara mengolah makanan, memahami tentang takaran gizi makanan yang seimbang, juga bisa belajar bagaimana menyajikan makanan secara menarik. Sekolah tersebut juga mendidik para pelajar agar memperhatikan sanitasi dan kebersihan makanan.

Makanan merupakan kebutuhan dasar seluruh manusia. Oleh karena itu, dengan mengambil jurusan Tata Boga, maka kamu mempelajari bidang yang tidak ada matinya. Keahlian yang kamu miliki akan selalu dibutuhkan selamanya.

Memilih jurusan memasak juga memberikan pengalaman bagaimana menjadi orang yang kreatif dan inovatif. Hal ini karena semakin banyak orang mampu memasak, tetapi tidak semua orang bisa menciptakan menu baru yang lezat. Agar kamu mampu bersaing dan sukses dalam berkarir industri kuliner, maka kreativitas dan inovasi sangat diperlukan.

Masak juga tidak hanya tentang bagaimana cara menjadi chef, tetapi saat ini masakan merupakan bagian dari seni. Kamu dituntut untuk mampu menghias karya dari dapur sehingga mampu menyajikan makanan menarik. Sebagai bagian dari kebutuhan utama manusia, kamu juga bisa membuat bahagia semua orang melalui masakan.

Karir setelah Lulus

Saat sekolah tata boga sudah selesai, kamu bisa memulai perjalanan karir dalam bidang kuliner. Apabila kamu mempunyai keahlian memasak, maka hampir semua tempat pasti membutuhkan kemampuan tersebut. Hal ini karena rasa masakan setiap orang pasti berbeda sehingga dimanapun ada makanan yang enak pasti banyak dicari oleh orang-orang.

Apabila kamu mempunyai bakat memasak dan mampu menyajikan makanan secara menarik dan enak, maka kamu berpeluang bekerja di berbagai tempat, misalnya sebagai koki di kapal pesiar, restoran berbintang, atau hotel mewah. Dari hobi memasak, kamu juga bisa berkompetisi dalam berbagai event memasak tingkat nasional maupun internasional. Hal ini memungkinkan kamu untuk tetap bisa berprestasi walaupun sudah lulus sekolah sebagai seorang ahli boga.

Seorang ahli boga bisa bekerja dan memperoleh gaji cukup tinggi. Gaji yang diperoleh tergantung posisi pekerjaan yang kamu dapatkan, seperti dengan menjadi asisten koki atau kepala koki. Semakin tinggi keahlian yang kamu miliki, maka semakin besar pula gaji yang akan kamu peroleh.

Apabila kamu ingin berbisnis dan membuka lapangan kerja, kamu juga bisa berwirausaha sendiri. Misalnya dengan membuka catering, restoran, maupun membuka kafe dari keahlian memasak yang kamu miliki. Bahkan jurusan ini adalah salah satu cara tepat untuk menghasilkan uang melalui hobi yang kamu asah secara matang melalui jalur pendidikan tata boga.

Itulah informasi lengkap tentang apa saja alasan sekolah tata boga adalah salah satu rencana studi yang tepat apabila kamu mempunyai hobi memasak. Agar keahlian memasak yang kamu miliki dapat berkembang secara cepat, sebaiknya pilih sekolah memasak yang lebih mengutamakan kegiatan praktikum.