SMK WIKRAMA

Adab Murid Terhadap Guru dalam Islam yang Wajib Dipahami Para Pelajar

Bogor

Adab Murid Terhadap Guru dalam Islam yang Wajib Dipahami Para Pelajar

SMK WIKRAMA BOGOR - Guru adalah salah satu pekerjaan yang paling mulia dalam Islam. Selain membagikan ilmu, guru juga berperan dalam pembentukan karakter seorang anak yang berguna bagi masyarakat. Karena itu, guru disebut sebagai orang tua di sekolah bagi seorang murid. Mereka harus dihormati atas jasa-jasanya. Dalam Al Quran surat Al-Mujadalah ayat 11 dijelaskan tentang betapa mulianya derajat seorang guru:

 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

 

Artinya:
"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, 'Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,' maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, 'Berdirilah kamu,' maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan."

 

Namun sayangnya, generasi masa kini banyak yang berlaku tidak sopan bahkan melakukan kekerasan terhadap guru. Tentu ini sangat tidak dibenarkan dan masuk dalam perbuatan tercela.

 

Lalu, apa saja adab murid terhadap guru yang wajib dipahami dan dilakukan oleh para pelajar? Berikut ini adalah beberapa adab murid terhadap guru yang dikutip dari buku "Syarah adab & manfaat menuntut ilmu" oleh Muhammad Salih Uthaymin:

 

1. Menghormati Guru Sebagai Pengajar dan Pendidik:
   Murid harus menganggap guru sebagai pengajar ilmu dan pendidik budi pekerti. Guru tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan tetapi juga membimbing dalam hal moral dan etika.

2. Memberi Salam Terlebih Dahulu:
   Setiap kali bertemu dengan guru, murid hendaknya memberi salam terlebih dahulu sebagai tanda penghormatan.

3. Memperhatikan Nasihat yang Baik:
   Murid harus memperhatikan dan menghargai nasihat-nasihat yang baik dari guru, karena nasihat tersebut adalah bentuk perhatian dan kasih sayang guru kepada muridnya.

4. Mematuhi Perintah Guru:
   Murid harus mematuhi perintah guru selama tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Kepatuhan ini menunjukkan rasa hormat dan ketaatan kepada guru.

5. Menjauhi Larangan Guru:
   Murid juga harus menjauhi larangan guru selama tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Ini adalah bagian dari ketaatan dan penghormatan kepada guru.

6. Tidak Mengada-ada Pertanyaan yang Merugikan:
   Murid tidak boleh mengada-ada pertanyaan yang tidak relevan atau merugikan diri sendiri dan orang lain. Pertanyaan harus diajukan dengan niat untuk belajar dan memahami.

7. Berbicara dengan Baik dan Menunjukkan Sikap Merendahkan Diri:
   Murid harus berbicara dengan sopan dan menunjukkan sikap merendahkan diri di hadapan guru sebagai bentuk penghormatan.

8. Mendahulukan Guru dalam Majelis:
   Dalam setiap pertemuan atau majelis, murid hendaknya mendahulukan guru untuk menempati tempatnya dan memberikan kesempatan lebih dulu untuk berbicara.

9. Mengerjakan Tugas dengan Baik:
   Murid harus mengerjakan setiap tugas yang diberikan oleh guru dengan sebaik-baiknya. Ini adalah bentuk penghargaan atas usaha guru dalam mendidik.

10. Tidak Memperolok-olok atau Meremehkan Guru:
    Murid harus menghormati guru dan tidak boleh memperolok-olok atau meremehkannya. Sikap ini sangat tercela dan tidak sesuai dengan ajaran Islam.

 

Adab-adab ini sangat penting untuk dipahami dan diamalkan oleh para pelajar. Menghormati dan memuliakan guru adalah bagian dari akhlak mulia yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

 

“Muliakanlah orang-orang yang memberikan pelajaran kepadamu.” (HR. Abu Hasan Mawardi)

 

Dengan menerapkan adab-adab ini, murid tidak hanya akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat tetapi juga berkah dari Allah SWT atas sikap hormat dan ketaatan mereka kepada guru. Mari kita jaga adab-adab ini dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi generasi yang berakhlak mulia dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

Sumber : https://kumparan.com/berita-hari-ini/adab-murid-terhadap-guru-dalam-islam-yang-wajib-dipahami-para-pelajar-1wWIrKssvCJ