SMK WIKRAMA

8 Tips Meningkatkan Semangat Belajar

Bogor

8 Tips Meningkatkan Semangat Belajar

SMK WIKRAMA BOGOR - Semangat belajar yang menurun memang hal yang sangat umum terjadi. Namun, jangan biarkan hal ini terjadi selama berlarut-larut ya. Oleh karena itu, yuk simak tips meningkatkan semangat belajar di bawah ini.

Manfaat meningkatkan semangat belajar

 

1. Meningkatkan produktivitas belajar

Tidak hanya tenaga kerja saja lho yang perlu meningkatkan produktivitas tapi juga siswa. Karena meningkatnya produktivitas belajar bermanfaat untuk memudahkan siswa agar bisa memahami materi pelajaran dengan lebih baik.

2. Memahami materi pelajaran dengan lebih baik

Saat belajar hal yang paling penting bukan menghafal materi tetapi memahami materi. Karena ketika sudah paham kamu pasti akan bisa lebih mudah menguasai suatu materi dengan lebih baik dan bisa mengerjakan semua jenis soal dengan mudah. Semangat belajar yang tinggi akan sangat memudahkanmu untuk bisa memahami semua materi pelajaran dengan baik.

3. Membuat kamu menjadi tidak mudah menyerah

Kadang saat belajar kamu pasti akan menghadapi tantangan, misalnya saja ketika soal yang dilakukan sulit atau ada materi yang sulit dipahami. Semangat belajar yang tinggi akan membuatmu tidak mudah menyerah untuk memahami materi dan mengerjakan soal yang sulit tersebut.

Tips meningkatkan semangat belajar

Beberapa tips meningkatkan semangat belajar yang bisa dengan mudah kamu terapkan, yaitu:

1. Tentukan jadwal belajar

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan semangat belajar adalah menentukan jadwal dan durasi belajar. Misalnya saja di hari Senin kamu akan belajar Bahasa Indonesia selama satu jam pada pukul 15.00-16.00 dan Matematika selama satu jam dari pukul 16.30-17.30.  Bila perlu, tentukan juga materi yang akan dipelajari dalam satu waktu.

Setelah itu berusahalah untuk tetap mematuhi jadwal yang telah kamu buat.  Jangan ragu juga untuk menentukan jadwal dan durasi belajar sesuai dengan kemampuan kamu ya.

 

2. Kenali gaya belajar

Setiap orang punya gaya belajarnya masing-masing. Ada yang gaya belajarnya sambil mencoret-coret buku atau ada juga yang sambil mendengarkan musik. Menerapkan gaya belajar yang disukai akan membuat materi pelajaran lebih mudah dipahami dan membuat semangat belajar meningkat.  Sesekali kamu juga bisa menggabungkan beberapa gaya belajar agar tidak mudah jenuh.

3. Istirahat secara rutin

Pikiran dan tubuh perlu istirahat secara rutin lho. Jadi, di sela-sela belajar gak ada salahnya kok kamu mengambil jeda untuk sekedar istirahat dengan membuka media sosial atau membaca komik kesukaan. Namun, batasi durasinya ya jangan sampai waktu istirahat yang kamu lakukan justru lebih lama dibandingkan waktu belajar. Idealnya istirahat dilakukan selama 5-10 menit, setelah belajar selama kurang lebih 2-3 jam.

 

4. Rajin olahraga

Sesibuk-sibuknya kamu saat belajar usahakan untuk selalu rutin olahraga ya. Gak perlu olahraga yang perlu mengeluarkan banyak keringat seperti berenang atau basket kok. Karena jalan kaki bersama hewan peliharaan atau melakukan lompat tali dengan durasi 5-10 menit saja sudah cukup bermanfaat untuk meningkatkan semangat belajar.

5. Hilangkan distraksi

Tidak bisa dipungkiri memang kadang gadget yang ada di meja belajar atau TV yang menyala bisa mengganggu konsentrasi untuk belajar. Oleh karena itu, saat belajar usahakan untuk menghilangkan semua distraksi mungkin bisa mengganggu. Misalnya dengan mematikan gadget, mematikan TV, dan tidak memasukkan hewan peliharaan ke ruang belajar saat kamu sedang belajar.

6. Ciptakan suasana belajar yang nyaman

Walaupun terlihat sederhana, menciptakan suasana belajar ternyata juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan semangat belajar. Cara menciptakan suasana yang nyaman untuk belajar bagi setiap orang bisa berbeda.

Namun, umumnya suasana kerja yang nyaman bisa diciptakan dengan membersihkan meja belajar dari semua barang yang tidak menunjang proses pembelajaran. Selain itu, bila perlu kamu juga bisa menggunakan air humidifier atau alat pelembap udara agar udara kamar menjadi lebih segar. Tapi hal ini hanya bisa kamu terapkan saat sedang school from home.

7. Belajar bersama teman

Sesekali tidak ada salahnya juga kok untuk belajar bersama teman-teman. Karena kadang saat belajar materi pelajaran yang dipelajari bisa dengan lebih mudah dikuasai. Saat school from home atau sekolah dari rumah seperti sekarang kamu tetap bisa belajar bersama teman kok, caranya dengan menggunakan Zoom atau Google Hangout.

Agar belajar bersama teman terasa lebih maksimal, batasi jumlah teman yang ingin diajak belajar bersama maksimal lima orang saja ya. Karena belajar dengan jumlah orang yang banyak justru bisa mengganggu proses konsentrasi belajar.

8. Belajar dengan menggunakan video interaktif

Video interaktif bermanfaat untuk membuat kamu memahami materi belajar dengan lebih mudah, terlebih untuk beberapa mata pelajaran yang tampak kurang menarik kalau hanya melihat buku, seperti Matematika atau Sejarah.

Untuk memahami beberapa materi mata pelajaran tersebut, jangan ragu untuk menggunakan video interaktif.  Sekarang juga ada banyak pilihan video interaktif yang bisa kamu gunakan untuk bisa memahami materi belajar dengan lebih baik.

Itu tadi beberapa tips meningkatkan semangat belajar yang bisa kamu terapkan dengan mudah.

Untuk menunjang proses belajar dan meningkatkan semangat belajar, kamu juga bisa menggunakan Pijar Belajar. Karena dengan menggunakan Pijar Belajar kamu bisa dengan mudah menggunakan semua fitur menarik, seperti video interaktif, buku interaktif, dan lab maya.