SMK WIKRAMA

8 Peluang Karir Menjanjikan bagi Lulusan Perhotelan

Bogor

8 Peluang Karir Menjanjikan bagi Lulusan Perhotelan

SMK WIKRAMA BOGOR - Bidang perhotelan memainkan peran vital dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Profesi di bidang ini seringkali dianggap menyenangkan dan menarik, karena memberikan kesempatan untuk merasakan kemewahan dan kenyamanan hotel. Berikut adalah beberapa prospek karir yang menjanjikan bagi lulusan program studi Perhotelan:

 

1. Manajer Restoran

Setiap organisasi atau perusahaan, termasuk restoran, memerlukan manajer untuk mengatur dan mengawasi operasional harian. Seorang manajer restoran memiliki tanggung jawab penting, termasuk memberikan sanksi atau merekrut karyawan baru. Selain itu, mereka juga dapat berinteraksi langsung dengan tamu dan mengawasi kebutuhan dapur.

 

2. Manajer Penjualan Acara dan Pernikahan

Lulusan Perhotelan tidak hanya terbatas bekerja di hotel, mereka juga dapat mengejar karir sebagai manajer penjualan acara dan pernikahan. Posisi yang tersedia meliputi koordinator/manajer acara, koordinator/perencana/manajer penjualan pernikahan, atau manajer penjualan pesta.

 

3. Manajer Makanan dan Minuman

Bagi mereka yang menyukai dunia kuliner tetapi tidak ahli dalam memasak, profesi sebagai manajer makanan dan minuman adalah pilihan yang tepat. Setiap hotel membutuhkan manajer ini untuk mengelola operasional dapur dan memastikan standar kualitas makanan yang disajikan kepada tamu.

 

4. Pelayanan Makanan dan Minuman

Profesional di bidang ini dituntut untuk dapat menjelaskan secara rinci tentang makanan yang ditawarkan di restoran atau hotel. Lulusan Perhotelan dilatih untuk memberikan penjelasan yang baik mengenai makanan yang disajikan.

 

5. Pengusaha di Bidang Perhotelan dan Restoran

Lulusan Perhotelan juga memiliki peluang untuk menjadi pengusaha di bidang perhotelan dan restoran. Mereka diajarkan cara mengelola hotel atau restoran serta menyusun strategi bisnis untuk meraih kesuksesan.

 

6. Chef

Bagi yang memiliki hobi memasak, menjadi chef adalah pilihan karir yang menarik. Lulusan Perhotelan dibekali dengan keterampilan memasak dan seni penyajian makanan agar tidak hanya lezat tetapi juga estetis.

 

7. Barista

Profesi barista cocok bagi mereka yang memiliki keterampilan khusus dalam menyajikan kopi. Dalam program studi Perhotelan, mereka diajarkan teknik dan cara meracik kopi seperti espresso, latte, dan cappuccino.

 

8. Pattiser

Bagi yang gemar membuat kue atau dessert, menjadi pattisier bisa menjadi pilihan karir yang menarik. Lulusan Perhotelan dapat mengembangkan kreativitas dan keahlian mereka dalam membuat pastry dan dessert.

 

Meskipun banyak yang berpikir lulusan Perhotelan hanya bekerja di hotel, sebenarnya ada banyak bidang lain yang menawarkan prospek karir yang menjanjikan bagi mereka.

 

Sumber : https://www.republika.co.id/berita/qwy8gn374/ini-8-prospek-menjanjikan-lainnya-bagi-lulusan-perhotelan#:~:text=Selain%20bekerja%20di%20hotel%2C%20lulusan,manager%20atau%20banquet%20sales%20manager.