SMK WIKRAMA

7 Tips Sukses agar Menjadi Sales Handal

Bogor

7 Tips Sukses agar Menjadi Sales Handal

SMK WIKRAMA BOGOR - Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “sales”? Apakah orang yang mendatangi kita untuk menawarkan sebuah produk? Yap, itu merupakan salah satu bagian dari sales. Sederhananya, sales adalah proses penawaran produk yang dilakukan oleh penjual kepada calon pembeli sehingga menghasilkan sebuah transaksi. Orang yang melakukan aktivitas ini biasanya disebut sales atau salesperson. Bagi kamu yang sedang memulai karir pada pekerjaan ini, berikut adalah strategi atau tips agar menjadi sales yang handal:

 

1. Kenali Produk

Hubungan antara produk dengan sales merupakan hal yang tak terpisahkan. Pemahaman produk yang akan kamu jual atau promosikan adalah hal yang harus kamu miliki. Sebagai sales, kamu bertanggung jawab untuk mengetahui produk secara keseluruhan, termasuk manfaat, fitur, dan batasannya. Selain itu, memahami pain point atau masalah spesifik yang dihadapi oleh pelanggan sangat penting. Kamu harus dapat menjelaskan bagaimana produkmu bisa menjadi solusi bagi masalah mereka. Misalnya, apakah produkmu dapat menghemat uang, waktu, menambah keamanan, atau memiliki fitur unik yang mempermudah pekerjaan mereka.

 

2. Kenali Target Pelanggan

Memahami siapa target pelangganmu adalah kunci keberhasilan dalam penjualan. Kamu perlu mengetahui demografi calon pelanggan seperti usia, pekerjaan, waktu terbaik untuk menghubungi, dan jenis kelamin mereka. Menghubungkan demografi ini dengan pain point akan mempermudah interaksi dengan pelanggan. Dengan demikian, kamu bisa menawarkan solusi yang tepat sasaran dan sesuai kebutuhan mereka.

 

3. Tingkatkan Kemampuan Presentasi

Sales adalah tentang presentasi. Presentasi yang baik akan membuat pelanggan tertarik dan mendengarkan penjelasanmu mengenai produk. Untuk meningkatkan kemampuan presentasi, kamu perlu memahami komunikasi verbal dan non-verbal. Sampaikan pesan dengan jelas, latih artikulasi, dan pastikan kamu tampil percaya diri. Jangan lupa untuk selalu bersikap sopan dan ramah, serta menghindari topik yang bersifat personal bagi pelanggan.

 

4. Jangan Terlalu Memaksa untuk Meyakinkan

Terlalu memaksa dalam meyakinkan pelanggan bisa berakibat sebaliknya. Fokuslah pada pelanggan dan pahami apa yang mereka butuhkan. Alih-alih mencoba “memaksa” mereka membeli, tunjukkan bagaimana produkmu bisa membantu mereka. Jika pelanggan merasa dipahami dan tidak ditekan, mereka akan lebih mudah diyakinkan.

 

5. Gunakan Penolakan sebagai Peluang

Penolakan adalah hal yang biasa dalam penjualan. Jadikan penolakan sebagai motivasi untuk belajar dan memperbaiki diri. Evaluasi interaksi dan presentasimu untuk menemukan area yang perlu ditingkatkan. Ingat, penjualan adalah tentang ketekunan dan kemampuan untuk terus mencoba meski menghadapi kegagalan.

 

6. Dapatkan Penolakan Lebih Cepat

Lebih cepat mendapatkan penolakan berarti lebih cepat kamu bisa beralih ke calon pelanggan berikutnya. Tanyakan kepada pelanggan sejak awal apakah produkmu cocok atau bermanfaat bagi mereka. Jika mereka menjawab tidak, kamu bisa segera mengakhiri interaksi dan menghemat waktu.

 

7. Dapat Mengatasi Keberatan

Mengatasi keberatan pelanggan adalah keterampilan penting yang harus dimiliki sales handal. Dengarkan kekhawatiran mereka, tunjukkan bahwa kamu memahami, dan beri penjelasan yang empatik serta ramah. Jika keberatan ditangani dengan baik, pelanggan akan merasa dihargai dan lebih mungkin untuk mempertimbangkan produkmu.

 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menjadi seorang sales handal. Bagi kamu yang ingin memperdalam kemampuan marketing, langsung saja ke Skill Academy. Kini, di Skill Academy tersedia Kelas Sukses Kerja yang siap membantu kamu memasuki industri kerja. Dengan materi yang lebih spesifik dan instruktur profesional di bidangnya, kamu bisa terus meng-upgrade kemampuan untuk mencapai cita-citamu.

 

Sumber : https://blog.skillacademy.com/tips-menjadi-sales