7 Sikap yang Harus Dimiliki Marketer untuk Mencapai Target Penjualan
SMK WIKRAMA BOGOR - Menjadi seorang marketer membutuhkan mental baja dan ketahanan terhadap tekanan. Tuntutan untuk memenuhi target penjualan seringkali membuat seorang marketer merasa berada di bawah tekanan jika target tersebut belum terpenuhi. Kondisi ini seringkali membuat seorang marketer merasa jenuh dan stres, yang justru semakin memperburuk kinerja. Jadi, segera bangkit dan lakukan segala upaya yang diperlukan untuk mencapai target tersebut.
Berikut ini adalah beberapa sikap yang harus Anda miliki sebagai seorang marketer untuk mencapai target penjualan dengan lebih mudah:
1. Cekatan
Semakin berkembangnya teknologi informasi saat ini, sedikit banyak mempengaruhi ritme aktivitas orang-orang yang terlibat di dalamnya menjadi lebih cepat. Agar mampu berkompetisi dan mencapai target penjualan, Anda juga harus bisa mengikuti perubahan yang terjadi. Merespon informasi dengan cepat dan segera menindaklanjutinya akan membuat Anda selangkah lebih maju daripada para kompetitor Anda.
2. Well Planned
Perencanaan adalah salah satu kunci utama agar Anda bisa sukses dalam menjalankan bisnis. Buatlah perencanaan yang matang dan mendetail dengan tujuan yang jelas dan realistis. Tentukan berapa omzet yang ingin Anda capai, bagaimana cara mencapainya, langkah apa yang harus diambil, dan seterusnya. Dengan memiliki rencana yang matang, Anda akan lebih fokus pada langkah-langkah yang sudah dipersiapkan, sehingga hasil ataupun risikonya menjadi lebih terukur.
3. Mampu Bersaing
Dalam berbisnis, hampir dipastikan Anda akan menghadapi persaingan bisnis. Agar Anda dapat memenangkan persaingan, pastikan produk yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang lebih baik daripada kompetitor. Anda juga dapat menunjukkan kelebihan produk Anda yang tidak dimiliki kompetitor. Buatlah persaingan ini sebagai motivasi Anda untuk menjadi yang terbaik.
4. Kreatif
Kreativitas dapat menjadi senjata andalan Anda untuk menarik perhatian calon konsumen dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Ide-ide yang unik dan kreatif dapat membuat suatu produk memiliki tempat tersendiri di benak konsumen. Dengan demikian, produk Anda memiliki potensi lebih besar untuk dipilih daripada produk pesaing.
5. Open Minded
Persaingan yang ketat mengharuskan Anda untuk lebih terbuka terhadap hal-hal baru dan mampu beradaptasi. Jangan terlalu saklek pada satu strategi pemasaran. Jika strategi tersebut dirasa kurang membuahkan hasil, tidak ada salahnya Anda mempelajari strategi kompetitor dan menerapkannya dengan beberapa penyesuaian. Dengan memiliki pemikiran yang lebih terbuka, Anda memiliki peluang lebih besar untuk menangkap peluang-peluang baru yang mungkin tidak dapat dilihat oleh pesaing Anda.
6. Networking
Memiliki jaringan yang lebih luas akan memberikan Anda peluang lebih besar untuk mencapai target penjualan. Jadi, cobalah untuk bergabung dengan komunitas-komunitas bisnis ataupun pihak lain yang sekiranya dapat membantu Anda menemukan konsumen potensial. Networking juga akan memudahkan Anda jika ingin menjalin kerja sama dengan brand lain dalam rangka mengembangkan bisnis.
7. Tidak Cepat Puas
Saat berhasil mencatatkan penjualan, Anda mungkin merasa terlena dan merasa cepat puas atas prestasi tersebut. Jika dirasa terlalu mudah, Anda dapat meningkatkan target penjualan Anda lebih tinggi daripada sebelumnya. Anda juga harus menjaga basis konsumen dan melakukan prospecting agar lebih mudah menghasilkan konversi nantinya.
Dengan mengadopsi sikap-sikap di atas, Anda akan lebih siap dalam menghadapi tantangan dan lebih mudah mencapai target penjualan yang diinginkan. Tetaplah bersemangat dan terus berusaha untuk menjadi marketer yang sukses!
Sumber : https://www.xendit.co/id/blog/7-sikap-yang-harus-dimiliki-marketer-untuk-mencapai-target-penjualan/