SMK WIKRAMA

5 Tips Fotografi di Rumah, Tetap Kece dengan Peralatan Seadanya

Bogor

5 Tips Fotografi di Rumah, Tetap Kece dengan Peralatan Seadanya

SMK WIKRAMA BOGOR - Memperbarui feed media sosial menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Apalagi jika postingan tersebut diserbu like dan komentar dari followers. Namun, adanya pandemi membuat orang harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, sehingga makin sedikit kesempatan untuk berfoto dengan latar belakang yang menarik.

 

Tak perlu khawatir, meski berada di rumah, kamu tetap bisa membuat fotografi yang kece hanya dengan peralatan seadanya. Kamu bisa mengikuti tips-tips fotografi berikut ini yang dilansir dari later.com pada Selasa, 8 Desember 2020:

 

1. Temukan Spot Cahaya Terbaik

Setiap hunian memiliki perbedaan intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Untuk menghasilkan foto terbaik, cobalah temukan spot dengan cahaya alami terbaik. Ini bisa jadi di sudut kamar tidur, ruang tamu, meja dapur, bahkan teras rumah. Di mana saja dengan cahaya alami terbaik adalah tempat yang ideal untuk mengambil foto. Cahaya alami memberikan efek yang lebih lembut dan alami pada foto, dibandingkan dengan cahaya buatan yang bisa terlalu keras atau menghasilkan bayangan yang tidak diinginkan.

 

2. Manfaatkan Aksesori

Setelah menemukan tempat dengan cahaya terbaik, langkah berikutnya adalah menentukan ruang kecil untuk meletakkan aksesori dan perlengkapan yang akan dijadikan latar belakang foto. Dinding kosong mungkin bisa berguna, namun aksesori akan menambah foto menjadi lebih 'hidup'. Misalnya, tambahkan tanaman kecil, cermin, glitter, atau furnitur rumah tangga lainnya. Aksesori ini bisa memberikan sentuhan artistik dan membuat komposisi foto lebih menarik.

 

3. Jadilah Kreatif

Kreativitas adalah kunci dalam fotografi. Variasikan sudut pengambilan gambar, cobalah beberapa bidikan overhead, namun jangan lupa untuk mencoba bidikan setinggi mata. Bermainlah pada kedalaman bidang kameramu dan gunakan gaya pencahayaan yang berbeda untuk mendapatkan variasi tampilan. Gunakan alat peraga seperti daun tanaman untuk menciptakan bayangan dramatis di fotomu. Eksperimen dengan berbagai teknik dan gaya untuk menemukan apa yang paling cocok dengan visi artistikmu.

 

4. Dapatkan Pendapat Kedua

Menjadi kreatif memang bisa menjadi tantangan, tetapi kamu bisa belajar dengan cara memperoleh pendapat kedua. Mintalah temanmu untuk berkomentar tentang hasil fotomu. Khusus di Instagram, kamu juga bisa menggunakan fitur close friends untuk berbagi cuplikan foto hanya dengan pengikut terdekatmu. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan umpan balik atas hasil karyamu dan meningkatkan kualitas fotomu berdasarkan saran yang kamu terima.

 

5. Gunakan Software Edit Foto

Setelah kamu memiliki beberapa foto yang bagus untuk dikerjakan, beri hasil fotomu 'sentuhan akhir' dengan cara mengedit di software pengedit foto sebelum mempostingnya. Saat ini, banyak aplikasi edit foto yang bisa digunakan di komputer atau smartphone. Fungsi mereka kurang lebih sama, seperti untuk memotong, menggabungkan, mengubah saturasi, rotasi, dan lain sebagainya. Editan yang tepat bisa membuat foto terlihat lebih profesional dan menarik.

 

Setelah mendapatkan foto terbaik, kamu pun bisa langsung meng-uploadnya ke media sosial, baik itu Instagram, Facebook, WhatsApp, atau Twitter. Agar proses upload lancar dan tidak ada gangguan soal jaringan, manfaatkanlah AXIS yang hadir dengan jaringan 4.5G baru yang telah terfiberisasi. Dengan jaringan AXIS baru ini, kamu tidak perlu ke sana ke mari mencari sinyal internet untuk upload foto di medsos. Jaringan AXIS ini juga telah tersebar di 485 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, memastikan kamu selalu terhubung di mana pun berada.

 

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa tetap produktif dan kreatif dalam fotografi meski hanya di rumah. Selamat mencoba dan semoga hasil fotomu semakin kece!

 

Sumber : https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-5287012/5-tips-fotografi-di-rumah-tetap-kece-dengan-peralatan-seadanya