SMK WIKRAMA

4 Jenis Gangguan Jiwa yang Perlu Anda Ketahui!

Bogor

4 Jenis Gangguan Jiwa yang Perlu Anda Ketahui!

Penyakit mental adalah topik yang banyak diperdebatkan akhir-akhir ini. Intinya gangguan jiwa merupakan masalah yang cukup serius. Namun sayangnya, seringkali kita tidak menyadari bahwa hal itu terjadi di sekitar kita atau bahkan di dalam diri kita sendiri.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang jenis gangguan mental, lihat ikhtisar di bawah ini.

 

 

1. Psikosis
Dikutip dari situs Alodokter, psikosis adalah kondisi di mana penderitanya kesulitan membedakan antara kenyataan dan imajinasi, yang ditandai dengan munculnya halusinasi dan delusi.
Salah satu gejala penyakit jiwa ini disebabkan oleh gangguan otak yang mengganggu fungsi pemrosesan informasi sehingga mengubah perilaku dan cara berpikir orang yang terkena, yang biasanya diobati dengan psikoterapi atau pengobatan. Contoh penyakit jiwa dengan gejala psikotik adalah skizofrenia, dimana penderitanya mengalami delusi.
 

 

2. Gangguan Kepribadian
Mengutip dari website Hellosehat, gangguan kepribadian atau personality disorder adalah salah satu jenis gangguan jiwa yang ditandai dengan kepribadian seseorang yang berbeda dengan orang pada umumnya. Mereka yang terkena dampak mengalami kesulitan berhubungan dengan orang lain dan memahami situasi, yang menyebabkan masalah dan keterbatasan dalam aktivitas.
Selain itu, gangguan jiwa ini menyebabkan cara berpikir, berperilaku dan berperasaan yang tidak sehat pada mereka yang terkena. Dia tidak bisa membedakan mana yang normal dan mana yang tidak. Menurutnya, cara berpikir dan perilakunya tidak bermasalah. Dia bahkan mungkin menyalahkan orang lain atas kondisi tersebut. 

 

 

3. Gangguan mood
Mood swing atau perubahan suasana hati adalah hal yang normal. Namun, bila hal ini terjadi secara ekstrim, maka dapat digolongkan sebagai gangguan jiwa yang disebut gangguan mood.
Berdasarkan laman Hellosehat, gangguan mood adalah gangguan jiwa yang memengaruhi kondisi emosional seseorang. Akibatnya, penderita gangguan jiwa ini bisa mengalami kebahagiaan yang berlebihan atau kesedihan yang berlebihan, atau keduanya secara bergantian dalam waktu bersamaan.

 

 

 4. Gangguan Kecemasan
Gangguan kecemasan merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan mental yang menyebabkan penderitanya merasakan kecemasan yang berlebihan. Mengutip dari website Hellosehat: Anxiety dan anxiety disorder adalah dua kondisi yang berbeda. Gangguan kecemasan membuat penderitanya mudah khawatir terhadap banyak hal, bahkan dalam situasi normal sekalipun.
Gangguan jiwa seperti itu seringkali bisa muncul di sekitar kita. Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Oleh karena itu kenali, rawat dan posisikan diri dengan tepat agar gangguan jiwa tidak terjadi.