SMK WIKRAMA

25 Ide Usaha yang Jarang Rugi, Cocok untuk Pemula!

Bogor

25 Ide Usaha yang Jarang Rugi, Cocok untuk Pemula!

SMK WIKRAMA BOGOR - Salah satu hal yang paling dihindari oleh semua pengusaha adalah kerugian. Jika kamu juga ingin menghindarinya, maka kamu bisa mencoba berbagai usaha yang jarang rugi. Terdapat berbagai jenis usaha yang jarang rugi karena usaha ini memiliki permintaan yang tinggi. Masyarakat akan selalu membutuhkan barang-barang ini untuk kehidupan sehari-hari.

 

1. Sembako
   Urutan pertama untuk jenis usaha yang jarang rugi adalah dengan berjualan sembako. Baik toko besar atau warung kecil, usaha jenis ini selalu mendatangkan keuntungan. Sembako merupakan singkatan dari sembilan barang pokok, yang pasti dicari oleh banyak orang.

 

2. Content Creator
   Profesi ini sedang nge-trend di era digital ini. Content creator merupakan profesi yang bisa kamu pilih untuk menghasilkan uang. Kamu tidak harus mengeluarkan modal yang banyak, hanya membutuhkan kreativitas dan kemampuan memanfaatkan alat yang kamu punya seperti handphone.

 

3. Dropshipper
   Menjadi dropshipper adalah usaha yang hanya membutuhkan modal kecil. Kamu bisa menjual produk milik orang lain tanpa harus menyimpan stok atau mengirimkan pesanan, karena proses tersebut dilakukan oleh pihak lain.

 

4. Bisnis Gas LPG dan Galon Air Minum
   Bisnis ini jarang rugi karena gas LPG dan air minum adalah kebutuhan dasar semua manusia, jadi permintaannya akan selalu tinggi.

 

5. Jasa Konsultan
   Jasa konsultan adalah usaha yang jarang rugi karena banyak dibutuhkan oleh orang. Namun, kamu harus menguasai skill tertentu yang bisa menjadi bahan jualanmu.

 

6. Warung Indomie (Warmindo)
   Mie instan adalah menu favorit banyak kalangan. Usaha ini sangat menguntungkan terutama jika tempat usaha berada di pusat keramaian seperti daerah perkantoran atau kampus.

 

7. Guru Bimbel
   Usaha jasa ini menjanjikan karena banyak orang tua yang ingin adanya belajar tambahan bagi anaknya. Kamu harus menguasai ilmu tertentu untuk diajarkan.

 

8. Jual Aneka Camilan
   Masyarakat Indonesia senang dengan makanan camilan. Peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan membuka bisnis keripik singkong, keripik pisang, kue, atau makanan ringan lainnya.

 

9. Jasa Laundry
   Jasa laundry cocok di sekitar perumahan yang masyarakatnya aktif bekerja atau di area mahasiswa. Mereka biasanya tidak memiliki waktu untuk mencuci baju sehingga usaha ini memiliki peluang besar.

 

10. Produksi Tepung
    Tepung banyak digunakan sebagai bahan baku makanan. Usaha produksi tepung merupakan pilihan yang baik karena permintaan akan tepung selalu tinggi.

 

11. Produksi Minyak Kelapa
    Minyak kelapa digunakan dalam memasak makanan sehari-hari. Bisnis ini jarang rugi karena minyak kelapa bisa disimpan dalam waktu lama.

 

12. Toko Fotokopi
    Usaha fotokopi selalu dibutuhkan dalam dunia pendidikan dan perkantoran. Usaha ini menguntungkan jika dibangun di pusat perkantoran, sekolah, atau kampus.

 

13. Salon dan Barber Shop
    Salon dan barber shop menyediakan jasa untuk memotong rambut dan perawatan lainnya. Usaha ini bisa dijadikan pilihan karena banyak orang yang menginginkan tampilan maksimal.

 

14. SPBU Mini
    Kebutuhan akan bahan bakar minyak (BBM) selalu tinggi. SPBU mini bisa dijadikan pilihan karena memiliki pasarnya tersendiri.

 

15. Usaha Ekspedisi
    Usaha ini berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan transaksi online. Meskipun membutuhkan modal besar, usaha ini minim risiko kerugian karena permintaan pengiriman barang selalu tinggi.

 

16. Penjahit
    Pakaian adalah kebutuhan dasar manusia. Usaha jahit bisa dijadikan pilihan yang baik, baik untuk masyarakat umum maupun bisnis produksi pakaian.

 

17. Usaha Catering
    Untuk kamu yang hobi memasak, membuka usaha catering bisa menjadi pilihan. Catering adalah usaha yang jarang rugi karena dilakukan berdasarkan pesanan.

 

18. Bisnis Frozen Food
    Frozen food memiliki waktu penyimpanan lama sehingga minim risiko kerugian. Makanan ini juga disukai masyarakat karena harganya terjangkau dan mudah penyajiannya.

 

19. Bisnis Waralaba (Franchise)
    Bisnis ini jarang rugi karena brand yang menawarkan konsep waralaba sudah dikenal di masyarakat.

 

20. Penyewaan Lapangan Olahraga
    Bisnis ini menjanjikan karena banyak orang yang menyukai olahraga seperti futsal dan bulu tangkis. Kamu bisa menyewakan lapangan untuk mereka.

 

21. Jasa Titip (Jastip)
    Jika kamu hobi jalan-jalan, usaha jasa titip bisa jadi opsi. Kamu bisa menawarkan barang dari tempat tertentu dan mengambil keuntungan dari sana.

 

22. Jasa Fotografi
    Jika kamu memiliki kemampuan fotografi, kamu bisa menjalankan usaha ini. Kamu bisa membuka studio foto atau menjadi fotografer freelance.

 

23. Jasa Kursus Online
    Kursus online bisa dijadikan pilihan jika kamu memiliki keahlian di bidang tertentu. Usaha ini minim risiko karena hanya membutuhkan materi ajar, device, dan koneksi internet.

 

24. Jasa Desain
    Jika kamu memiliki kemampuan desain, ini bisa dijadikan peluang usaha. Kamu bisa menawarkan jasa desain grafis atau fashion kepada orang-orang yang membutuhkan.

 

25. Bisnis Affiliate Marketing
    Affiliate marketing adalah model bisnis di mana seseorang memasarkan produk dan mendapatkan komisi dari penjualan. Bisnis ini minim risiko karena tidak memerlukan modal besar.

 

Itu dia pembahasan mengenai usaha yang jarang rugi yang bisa kamu coba. Semua ide di atas tentu memerlukan tekad yang kuat dan ilmu yang cukup supaya bisa sukses dalam menjalankan usaha. Semoga berhasil!

 

Sumber : https://finance.detik.com/solusiukm/d-6308333/25-ide-usaha-yang-jarang-rugi-cocok-untuk-pemula