SMK WIKRAMA

10 Soft Skill Programmer yang Wajib Dimiliki Agar jadi Incaran Perusahaan

Bogor

10 Soft Skill Programmer yang Wajib Dimiliki Agar jadi Incaran Perusahaan

Selain hard skill, soft skill juga diperlukan programmer untuk bisa bersaing di dunia profesional.

Ya, tanpa disadari, menjadi seorang programmer ternyata tak melulu perihal technical skills. Di era modern ini, untuk bisa bertahan dan terus berkarya, soft skills juga harus diutamakan oleh para progammer.

Mengapa demikian? Sebab, jenis skill ini dibutuhkan untuk keperluan sehari-sehari para programmer saat bertugas dengan rekan kerja atau atasan di kantor.

Tak hanya itu, soft skill juga bisa menjadi pedoman supaya mereka bisa menciptakan software yang sesuai dnegan kebutuhan pelanggan.

Nah, memangnya, apa saja daftar soft skill yang wajib dimiliki oleh seorang programmer? Berikut 10 contohnya sudah Glints rangkum untukmu. Jangan lupa dicatat, ya!

1. Skill komunikasi

Melansir File Stack, salah satu soft skill yang wajib dimiliki oleh seluruh programmer adalah kemampuan komunikasi yang baik.

Skill ini diperlukan karena programmer harus bisa memahami suatu informasi yang kompleks lalu merangkum dan menjelaskannya kepada orang awam.

Sebagai contoh, seorang programmer harus bisa menjelaskan pada manajer proyek mengenai sistem yang sedang mereka buat dengan baik.

Selain itu, kemampuan komunikasi yang baik juga akan mempermudah programmer ketika harus melatih staf dan menyampaikan berbagai ide baru yang cemerlang.

Intinya, kemampuan ini akan mempermudah penyampain informasi, yang setiap harinya harus dilakukan programmer pada rekan-rekan di kantor maupun pelanggan mereka.

2. Kemampuan presentasi

Soft skill selanjutnya yang perlu dikuasai oleh seorang programmer adalah kemampuan presentasi yang mumpuni.

Hal ini cukup selaras dengan skill komunikasi, di mana kemampuan presentasi akan dibutuhkan programmer untuk keperluan penyampaian informasi.

Baik itu saat menjelaskan proyek pada CEO perusahaan atau kala rapat dengan para karyawan-karyawan lain, keahlian presentasi yang cakap akan membuatmu diingat oleh banyak orang sekaligus.

Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan saat melakukan presentasi, seperti kecakapan menguasai penonton, penguasaan materi yang dibawakan, hingga kemampuan berbicara dan bahasa tubuh yang baik.

Yang pasti, untuk bisa menguasai skill ini, kamu harus banyak berlatih dan melalukan banyak presentasi.

Kamu juga bisa belajar dari para ahli public speaking dan mengamati cara mereka melakukan presentasi secara perlahan.

3. Skill kolaborasi

Saat bekerja dalam tim, seorang programmer tidak hanya mengerjakan pekerjaannya sendiri, tetapi, juga mendorong dan mendukung anggota tim lain dalam menyelesaikan proyek yang sedang dikerjakan.

Maka dari itulah, kemampuan untuk berkolaborasi adalah sebuah soft skill yang wajib dimiliki programmer, seperti dituliskan Hackernoon.

Seorang programmer yang baik harus bisa mengaplikasikan keahlian ini dalam sebuah tim untuk meningkatkan semangat dan produktivitas tiap anggota.

Kemampuan kolaborasi juga diperlukan supaya programmer bisa menerima tiap masukan secara objektif tanpa membiarkan emosinya ikut andil dalam diskusi.

Sederhananya, kemampuan kolaborasi yang baik merupakan kunci kesuksesan programmer dalam sebuah tim.

4. Keahlian networking

Bagi kamu yang belum tahu, networking adalah kegiatan di mana kamu bertemu dengan orang lain untuk saling berkenalan, berbagi informasi, atau membicarakan suatu wacana atau ide-ide cemerlang.

Soft skill dibutuhkan programmer untuk menemukan orang yang tepat guna menyelesaikan proyek atau ide-ide besar yang akan dikerjakan.

Tak hanya itu, networking juga dibutuhkan programmer supaya bisa berhubungan baik dengan vendor maupun pegiat-pegiat IT lainnya.

Networking memang tidak mudah, apalagi untuk para programmer yang biasanya bekerja secara mandiri.

Namun, kamu bisa mulai melakukannya dengan cara mengunjungi seminar programming atau ikut bergabung dalam komunitas programmer.

Bila tidak memungkinkan, kamu juga bisa mengikuti programmer lain di media sosial ternama, seperti LinkedIn. Dengan mengikuti cara ini, dijamin network profesionalmu akan bertambah dengan cepat.

5. Sikap positif

Soft skill yang tak banyak orang tahu perlu dimiliki para programmer adalah sikap untuk tetap tenang dan berpikir positif.

Dalam kondisi tertentu, sikap positif akan membantumu sebagai seorang programmer untuk percaya diri dan optimis memecahkan suatu masalah di proyek yang sedang kamu kerjakan.

Tak hanya itu, sikap positif harus kamu miliki karena pada dasarnya sesuai dengan prinsip kerja programmer. 

Yakni untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat dengan menggunakan keahlian programming.

Sikap yang kamu miliki ini akan dijamin akan membantu banyak orang dan membuatmu menonjol di antara rekan-rekan kerjamu yang lain.

6. Problem solving
Melansir Simple Progammersoft skill utama yang harus dikuasai oleh semua programmer adalah kemampuan problem solving yang baik.

Pada titik tertentu, kamu bisa menghadapi masalah dalam proyek. Apabila tidak diselesaikan, masalah lain bisa hadir dan merusak produktivitas proyek.

Nah, keterampilan problem solving ini bisa membantumu untuk menangani setiap masalah dengan cepat dan objektif.

Selain membantu menyelesaikan masalah dengan lancar, kemampuan problem solving juga dapat membuatmu lebih berharga di mata tim atau perusahaan.

7. Inovasi dan kreativitas

Soft skill berikutnya yang sangat penting untuk dimiliki programmer adalah kemampuan untuk berinovasi.

Tidak hanya skill yang bagus dalam menulis kode dalam program yang kamu kerjakan, kamu juga harus dapat berpikir jauh ke depan secara kreatif.

Kreativitas yang kamu miliki sebagai seorang programmer akan membuatmu selalu dibutuhkan dalam lingkungan kerja.

Kemampuan ini juga akan membantu perkembangan kariermu. Sebab, inovasi akan selalu diperlukan perusahaan untuk bisa bersaing dengan kompetitornya.

8. Kemampuan adaptasi

Kemampuan adaptasi juga dinilai sebagai salah satu soft skill yang perlu diutamakan oleh seorang programmer.

Pasalnya, perubahan kerap terjadi dalam dunia teknologi. Apabila programmer tak siap dan enggan beradaptasi, mereka bisa ketinggalan tren dan melewati kesempatan untuk mengikuti proyek-proyek baru.

Programmer harus siap untuk berkembang dengan kemajuan teknologi, mau itu hardware ataupun software.

Dijamin, dengan menguasai kemampuan ini, kamu akan lebih dihargai oleh tim serta perusahaan.

9. Kemampuan bahasa asing

tanpa disadarim ternyata kemampuan bahasa asing merupakan salah satu soft skill yang harus dimiliki oleh programmer.

Hal ini dikarenakan banyak bahan bacaan serta teori pemograman yang hadir dalam teks atau modul berbahasa asing.

Bahkan, dalam perusahaan-perusahaan besar, programmer pun akan sering berkolanorasi dengan rekan kerja yang berasal dari luar negeri.

Maka dari itu, coba tingkatkan kemampuan bahasa asingmu di waktu luang. Tak sekadar bahasa Inggris, pelajarilah bahasa asing tambahan yang dapat menunjang kerjamu di kantor.

Agar tidak bingung, pelajari saja bahasa asing yang paling dicari di dunia kerja.

10. Manajemen waktu

Soft skill terakhir yang harus dikuasai oleh para programmer kemampuan manajemen waktu.

Menurut Simple Programmer, keahlian ini diperlukan programmer untuk menghadapi jadwal kerja yang padat dan tugas-tugas yang menumpuk.

Skill ini juga diperlukan supaya programmer bisa memilih prioritas kerja dengan baik tanpa mengganggu jadwal proyek.

Nah, untungnya, sekarang ini kamu tak perlu repot-repot mengatur jadwal secara mandiri. Sebab, kamu bisa memanfaatkan banyak tools manajemen waktu secara gratis.

Itulah kesepuluh soft skill yang harus kamu miliki jika ingin meniti karier sebagai seorang programmer.

Intinya, daftar kemampuan di atas akan diperlukan programmer saat bertugas tiap harinya. Maka dari itu, jangan lupa untuk pelajari masing-masing skill secara saksama, ya.

Nah, selain pemaparan di atas, kamu bisa dapatkan informasi lain yang serupa dengan mengunjungi kanal Skills Profesional di Glints Blog.

Di sana, tersedia banyak pembahasan seputar jenis-jenis kemampuan yang perlu dimiliki pekerja profesional di era modern ini.

Menarik bukan? Yuk, langsung baca kumpulan artikelnya sekarang juga. Gratis!

Sumber