SMK WIKRAMA

10 Peluang Karir DKV dan Rincian Gajinya

Bogor

10 Peluang Karir DKV dan Rincian Gajinya

SMK WIKRAMA BOGOR - Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) menjadi salah satu program studi yang banyak diminati di Indonesia. Umumnya, DKV termasuk dalam Fakultas Seni Rupa dan Desain di berbagai perguruan tinggi. Popularitasnya juga diiringi dengan persaingan yang cukup ketat, mengingat prospek karir DKV yang menjanjikan di era industri 4.0.

 

Sebelum membahas lebih lanjut tentang peluang karir bagi lulusan DKV, mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan jurusan Desain Komunikasi Visual.

 

Desain Komunikasi Visual adalah bidang studi yang memfokuskan pada konsep komunikasi serta ekspresi kreatif dengan memanfaatkan elemen visual untuk menyampaikan pesan dengan tujuan tertentu. 

 

Mahasiswa DKV diharapkan mampu mengolah pesan dan konsep komunikasi tersebut secara efektif, informatif, dan komunikatif. Tidak hanya kemampuan menggambar yang dibutuhkan, namun juga kreativitas yang tinggi untuk menghasilkan karya yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

 

Secara umum, mahasiswa DKV akan sering terlibat dalam berbagai praktik pembuatan karya desain di berbagai media seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, fotografi, video, animasi, dan lainnya. Jadi, jika Anda tertarik untuk berkarir di industri kreatif, jurusan ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Bagi lulusan DKV yang masih bingung menentukan bidang pekerjaan yang sesuai, Anda tidak perlu khawatir. Berikut adalah 10 peluang karir bagi lulusan DKV beserta perkiraan gajinya.

 

1. Web Designer
Peluang karir pertama bagi lulusan DKV adalah menjadi seorang Web Designer. Pekerjaan ini sangat diminati oleh banyak perusahaan, dan Anda bisa memilih untuk bekerja sebagai freelancer atau karyawan tetap. Sebagai Web Designer, Anda akan membantu perusahaan membuat tampilan website yang menarik dan profesional. Gaji bulanan yang bisa diperoleh berkisar Rp 5.000.000, tergantung dari pengalaman yang dimiliki.

 

2. Visual Designer
Sebagai seorang Visual Designer, Anda memiliki tanggung jawab yang mirip dengan Web Designer, namun dengan lingkup pekerjaan yang lebih luas. Anda akan mendesain brand atau produk, bukan hanya website. Penghasilan yang bisa didapatkan dari profesi ini adalah sekitar Rp 5.000.000 per bulan.

 

3. Graphic Designer
Lulusan DKV juga dapat berkarir sebagai Graphic Designer. Tugas utamanya adalah membuat desain grafis menggunakan berbagai aplikasi desain. Penghasilan dari pekerjaan ini mencapai Rp 5.000.000 per bulan.

 

4. Illustrator
Menjadi seorang ilustrator adalah pilihan karir lainnya. Sebagai ilustrator, Anda berperan penting dalam visualisasi konsep untuk klien, baik itu sebagai ilustrator buku maupun di perusahaan media. Gaji yang ditawarkan untuk profesi ini mulai dari Rp 4.500.000 per bulan.

 

5. Art Director
Peluang karir lainnya adalah menjadi Art Director, di mana Anda akan memimpin tim kreatif dalam industri film, periklanan, atau seni teater. Kisaran gaji untuk posisi ini adalah antara Rp 4.000.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan.

 

6. Creative Director
Sebagai Creative Director, Anda akan memberikan arahan kepada tim untuk memenuhi target dan kriteria yang ditetapkan oleh klien di industri kreatif. Penghasilan untuk posisi ini bisa mencapai Rp 6.000.000 per bulan.

 

7. Fotografer
Profesi fotografer juga menjadi pilihan yang populer di kalangan lulusan DKV. Selain kemampuan fotografi, Anda juga diharapkan dapat mengedit dan memperindah hasil foto. Gaji untuk profesi ini sekitar Rp 4.000.000 per bulan.

 

8. Freelance Designer
Bagi yang tidak suka terikat dengan waktu kerja tertentu, menjadi Freelance Designer bisa menjadi pilihan. Anda dapat menyesuaikan jadwal kerja sendiri, dan pendapatan yang diperoleh tergantung pada jumlah proyek yang berhasil diselesaikan.

 

9. Mobile Designer
Peluang karir lainnya adalah sebagai Mobile Designer. Tugas Anda adalah mendesain tampilan web agar optimal di layar smartphone. Keahlian di bidang UI/UX design sangat dibutuhkan di sini, dengan penghasilan sekitar Rp 5.000.000 per bulan.

 

10. Animator
Terakhir, Anda bisa berkarir sebagai Animator. Dengan meningkatnya popularitas kartun, peluang bagi animator muda untuk berkarya semakin terbuka. Gaji seorang animator bisa sangat tinggi, terutama jika animasi yang dibuat menjadi populer.

 

Sumber : https://www.gokampus.com/blog/intip-10-prospek-kerja-dkv-beserta-gajinya?hideHeader=false