SMK WIKRAMA

10 Peluang Karir dan Prospek Gaji Lulusan Pemasaran

Bogor

10 Peluang Karir dan Prospek Gaji Lulusan Pemasaran

SMK WIKRAMA BOGOR - Jurusan Pemasaran merupakan salah satu pilihan yang populer di berbagai perguruan tinggi dan selalu diminati oleh calon mahasiswa baru karena prospek kerjanya yang luas. Benarkah demikian?

 

Sebelum membahas peluang kerja bagi lulusan jurusan Pemasaran, ada baiknya kita mengenal lebih dalam mengenai jurusan ini. Pemasaran adalah program studi yang mempelajari berbagai aspek kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan, mulai dari perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan, hingga evaluasi. Jurusan ini termasuk dalam kelompok sosial-humaniora dan menjadi bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

 

Untuk masuk ke jurusan Pemasaran di jenjang S1, Kamu perlu memilih program studi manajemen terlebih dahulu. Program studi ini menawarkan beberapa konsentrasi, seperti keuangan, manajemen dan bisnis internasional, serta pemasaran. Selain jenjang S1, Kamu juga bisa memilih program studi D3 atau D4 Pemasaran.

 

Pemasaran menawarkan prospek kerja yang cukup luas. Berikut adalah 10 peluang karir bagi lulusan jurusan ini beserta kisaran gajinya.

 

1. Sales Executive

Peluang pertama adalah menjadi sales executive. Dengan latar belakang pendidikan di bidang pemasaran, posisi ini memiliki peluang besar bagi lulusan Pemasaran. Setiap perusahaan membutuhkan sales executive untuk memasarkan produknya. Kisaran gaji untuk posisi ini bervariasi tergantung perusahaan, namun biasanya mereka juga akan mendapatkan komisi atau bonus sekitar 5-10% dari setiap nilai penjualan yang berhasil dicapai.

 

2. Marketing Analysis

Peluang kedua adalah menjadi seorang marketing analysis. Tugas seorang marketing analysis adalah mengolah, menganalisis, dan menyajikan data mengenai target pemasaran untuk keperluan klien atau perusahaan. Mereka biasanya bekerja di perusahaan konsultan dan melakukan analisis terkait tren konsumen, perilaku konsumen, serta langkah-langkah yang diambil oleh kompetitor. Kisaran gaji untuk posisi ini sekitar Rp.7.000.000.

 

3. Social Media Marketing

Peluang ketiga adalah menjadi social media marketing. Dengan perkembangan teknologi digital, banyak peluang kerja baru di dunia digital, salah satunya adalah pemasaran melalui media sosial. Seorang social media marketing bertugas memasarkan produk atau jasa menggunakan platform media sosial dengan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan pemasaran. Kisaran gaji untuk posisi ini adalah Rp.5.000.000.

 

4. Digital Marketing Staff

Peluang keempat adalah menjadi staff digital marketing. Tugasnya mirip dengan social media marketing, yaitu memasarkan produk atau jasa secara digital, namun cakupan platform yang digunakan lebih luas, mulai dari media sosial, platform video, hingga mesin pencarian. Kisaran gaji untuk posisi ini adalah Rp.5.000.000.

 

5. Supervisor Pemasaran

Peluang kelima adalah menjadi supervisor pemasaran. Tugasnya adalah membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, mengembangkan, serta menerapkan strategi-strategi baru yang bisa meningkatkan pemasaran produk atau jasa. Kisaran gaji untuk posisi ini adalah Rp.7.000.000.

 

6. Event Planner

Peluang keenam adalah berkarir di bidang event organizer sebagai event planner. Dalam EO, event planner bertanggung jawab merancang sebuah event dan promosi yang baik merupakan kunci keberhasilannya. Lulusan Pemasaran sangat cocok untuk posisi ini. Kisaran gaji untuk event planner biasanya dihitung per-event dengan kisaran Rp.5.000.000.

 

7. Staff Advertising

Peluang selanjutnya adalah menjadi staff advertising. Perusahaan advertising merancang dan mengelola kampanye iklan suatu produk atau perusahaan agar dikenal banyak orang. Kisaran gaji untuk posisi ini adalah Rp.5.000.000.

 

8. Public Relation

Peluang kedelapan adalah menjadi Public Relation atau humas. Tugasnya adalah mengkomunikasikan segala hal yang berkaitan dengan perusahaan kepada dunia luar. Public relation harus memiliki kemampuan komunikasi dan teknik persuasi yang baik, dan ini cocok untuk lulusan Pemasaran. Kisaran gaji untuk posisi ini adalah Rp.4.000.000.

 

9. Admin Marketing

Peluang karir berikutnya adalah menjadi admin di bagian marketing. Tugasnya adalah membantu staff marketing dalam menyusun dan mengorganisir berbagai hasil penjualan dan kebutuhan klien. Kisaran gaji untuk posisi ini adalah Rp.4.000.000.

 

10. Wirausaha

Peluang terakhir adalah menjadi pengusaha. Dengan pengetahuan pemasaran yang dimiliki, Kamu bisa membuka dan menjalankan bisnis sendiri. Kisaran penghasilan yang bisa didapatkan sangat bervariasi tergantung pada kesuksesan bisnismu.

 

Demikian 10 peluang karir dan prospek gaji bagi lulusan Pemasaran yang bisa menjadi pertimbangan. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Sumber : https://www.renesia.com/10-peluang-atau-prospek-kerja-manajemen-pemasaran/