SMK WIKRAMA

10 Peluang Atau Prospek Kerja Manajemen Perkantoran Dan Gajinya

Bogor

10 Peluang Atau Prospek Kerja Manajemen Perkantoran Dan Gajinya

1. Resepsionis

Menjadi fresh graduated yang mengutamakan pengalaman lebih dulu, maka Kamu bisa mengambil peluang bekerja mulai dari nol. Lulusan Manajemen Perkantoran bisa mengisi posisi sebagai resepsionis hotel, perusahaan atau organisasi lainnya. Gaji resepsionis memang terbilang lebih kecil berkisar 2,5-3 juta untuk pemula, sedangkan resepsionis profesional di perusahaan bonafit bisa mencapai angka 5 juta ke atas.

2. Sekretaris

Setiap kantor atau lembaga membutuhkan staf sekretaris yang bertugas untuk mengatur, mengorganisir jadwal, arsip dokumen, surat menyurat penting, dan sebagainya. Seorang sekretaris yang terampil dan cekatan akan memberikan penawaran gaji yang cukup besar mulai 2 juta rupiah untuk kantor kecil, sedangkan sekretaris jam kerja tinggi bisa berkisar 8-20 juta rupiah.

3. Staf Administrasi

Menjadi salah satu staf administrasi yang bekerja di perusahaan atau lembaga pemerintah bisa menjadi peluang karir Kamu kelak. Staf administrasi pemula mendapatkan gaji mulai 2-5 juta rupiah tergantung kebijakan dan kinerja yang diberikan.

4. Dosen

Memang pendidikan Manajemen Perkantoran bisa Kamu pilih mulai jenjang SMK saja. Namun, prospek kerja lulusan SMK lebih terbatas dibandingkan Kamu yang melanjutkan kuliah Manajemen Perkantoran level D3 sampai S1. Jika ingin berkarir sebagai dosen yang mengajar mata kuliah yang relevan dengan jurusan, maka pastikan Kamu mengambil jenjang S1 dan melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Gaji dosen di Indonesia cukup besar, apalagi status ASN yang bisa mendapat bayaran hingga 5 juta rupiah per bulan, belum termasuk tunjangan lain.

5. Personalia

Staf personalia bisa menjadi pilihan lowongan pekerjaan yang membutuhkan kualifikasi lulusan Manajemen Perkantoran. Kamu bisa mengurus administrasi karyawan kantor, menerapkan keilmuan di bidang komunikasi dan kemampuan bahasa asing dalam merekrut staf baru di kantor.

Tenang saja, staf personalia di perusahaan kecil bisa mendapatkan gaji minimal 2 juta rupiah tergantung UMR dan kebijakan perusahaan tersebut. Jangan bayangkan gaji di atas 5 juta rupiah untuk Kamu yang bekerja sebagai staf personalia di perusahaan bonafit, ya!

6. Personal Assistant

Peluang atau prospek kerja Manajemen Perkantoran yang bisa Kamu pilih adalah Personal Assistant. Tugas PA adalah membuat jadwal pertemuan, dokumentasi kegiatan, kearsipan, dan kebutuhan orang yang mempekerjakan Kamu. Biasanya para profesional selalu membutuhkan PA untuk membantu mengatur jadwal mereka yang padat, misalnya dosen, profesor atau profesional lain. Gaji seorang PA bisa mencapai angka 3 juta rupiah ke atas tergantung profesi dan kesepakatan dengan bos Kamu kelak.

7. Event Organizer

Kemampuan para lulusan Manajemen Perkantoran dalam melakukan perencanaan, pembuatan jadwal, mengatur, dan mengelola kegiatan bisa menjadi modal untuk membuka bisnis EO sendiri.

Apalagi Kamu punya soft skill komunikasi, kepemimpinan dan kreativitas yang tinggi, maka potensi bisnis EO semakin berkembang pesat bisa terjadi. Menentukan omset dari bisnis EO yang Kamu lakoni mulai jutaan sampai puluhan juta rupiah per bulan, kenapa tidak?

8. Pegawai BUMN

Kamu bisa menjadi pegawai BUMN yang bekerja di bagian tata usaha, kesekretariatan, administrasi, dan personalia, lho! Potensi bergabung dengan BUMN seperti PLN, bank, migas, dan lain-lain, maka Kamu punya potensi gaji yang besar bila sudah menjadi pegawai tetap. Menjadi pegawai kontrak yang dibayar dengan gaji lebih besar dari UMR bisa memberi penghidupan yang layak, apalagi Kamu baru lulus dari jenjang D3 atau S1 Manajemen Perkantoran, bukan?

9. Konsultan

Kamu punya peluang kerja sebagai konsultan yang bertugas untuk membantu klien mengatur bisnis, meningkatkan kinerja karyawan di kantor mereka, memecahkan masalah, atau sektor manajemen perkantoran lain. Menjadi konsultan dituntut punya keahlian tinggi, mampu komunikasi dengan baik, bisa memberikan pendapat dan saran yang akurat, dan lain-lain.

Konsultan independen yang bekerja lebih fleksibel dengan bayaran variatif sesuai patokan standar Kamu, kenapa tidak? Namun, bayaran konsultan pemula jelas berkisar jutaan rupiah saja dibandingkan konsultan profesional dengan jam terbang tinggi.

10. Perbankan

Kamu juga bisa bekerja di sektor perbankan sebagai teller atau customer service yang membantu melakukan pendataan. Ketelitian, tekun dan tanggung jawab Kamu dalam melakukan pekerjaan di bank sangat dihargai tinggi, kok.

Gaji para teller di bank nasional rata-rata sebesar 2.75-3,8 juta rupiah per bulan, tapi bisa lebih tinggi untuk teller di bank yang bonafit, sedangkan staf CS bisa mendapatkan gaji hingga 4,5 juta rupiah. Pekerjaan ini cocok untuk Kamu yang suka bekerja nyaman di gedung AC, ramah pada nasabah, punya komunikasi yang baik, dan tidak perlu terjun ke lapangan.