SMK WIKRAMA

10 Cara Ini Ternyata Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bogor

10 Cara Ini Ternyata Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

SMK WIKRAMA BOGOR - Cara utama untuk melindungi diri dari penyakit adalah dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Daya tahan tubuh atau sistem imunitas merupakan benteng pertahanan pertama dari berbagai kuman penyebab infeksi. Bila daya tahan tubuh Anda kuat, kuman yang berusaha menyerang akan dapat dikalahkan sehingga tubuh terhindar dari infeksi dan Anda pun tidak jadi sakit.

 

Dalam situs Good Doctor dijelaskan bahwa imunitas bekerja dalam sebuah sistem dan tidak berdiri sendiri. Agar sistem kekebalan tubuh Anda dapat bekerja dengan baik dan maksimal, Anda perlu melakukan serangkaian tindakan secara rutin dan berkelanjutan. Upaya yang konsisten akan menghasilkan daya tahan tubuh yang kuat sehingga Anda tidak mudah terkena penyakit.

 

10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Biasanya, memasuki musim baru, kasus penyakit menjadi lebih banyak dari biasanya. Bila daya tahan tubuh menurun saat pergantian musim, Anda pun jadi rentan terserang penyakit. Jangan biarkan itu terjadi! Ayo, lakukan berbagai cara meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat Anda praktikkan sehari-hari.

 

1. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang
Asupan bergizi seimbang berarti makanan yang kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan seseorang. Sumber gizi terdapat di berbagai jenis makanan, salah satunya dari makanan berprotein. Misalnya, makan buah dan sayur untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral; makan nasi atau gandum untuk mendapatkan karbohidrat, dan makan daging serta kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan protein.

 

2. Perbanyak Konsumsi Vitamin C
Vitamin C memiliki fungsi penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Pastikan Anda mengonsumsi lebih banyak makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi seperti jeruk, jambu, kiwi, dan buah beri. Sayuran seperti bayam, brokoli, paprika, dan tomat juga kaya akan vitamin C. Bila perlu, Anda dapat menambah asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen.

 

3. Istirahat Cukup
Tidur cukup setiap hari sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan bergizi. Tidur nyenyak atau berkualitas dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima. Saat Anda tidur, sistem imun tubuh mengeluarkan zat yang bernama sitokin yang diperlukan ketika terjadi infeksi atau peradangan. Kurang tidur dapat menurunkan produksi sitokin dan sel T di tubuh, sehingga daya tahan tubuh menurun.

 

4. Kelola Stres
Stres yang berlebihan dapat menurunkan daya tahan tubuh. Saat stres, tubuh memproduksi hormon kortisol yang tinggi. Peningkatan kortisol yang berkepanjangan dapat menurunkan daya tahan tubuh. Kelola stres dengan mengetahui hal-hal atau tindakan yang dapat membuat suasana hati menjadi positif seperti memiliki hobi, berolahraga, bertemu dengan teman, atau melakukan perawatan diri.

 

5. Rajin Berolahraga
Berolahraga secara rutin dapat merangsang kerja antibodi dan sel-sel darah putih yang berfungsi melawan berbagai kuman penyebab penyakit. Olahraga juga membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran pernapasan. Selain itu, olahraga berdampak positif bagi kesehatan mental karena dapat meringankan stres dan memperbaiki suasana hati.

 

6. Menghindari Rokok
Kebiasaan merokok dapat merugikan kesehatan. Di dalam rokok terdapat ribuan zat beracun yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Perokok berisiko tinggi mengalami infeksi paru seperti bronkitis dan pneumonia. Asap rokok juga berbahaya bagi orang-orang tidak merokok yang menghirupnya. Menghindari asap rokok adalah salah satu cara menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh.

 

7. Rajin Cuci Tangan
Rajin mencuci tangan dengan sabun penting untuk melindungi diri dari penularan kuman penyebab penyakit. Cuci tangan setelah menggunakan toilet, memegang hewan, berada di dekat orang yang sedang batuk pilek, dan setelah menggunakan transportasi umum.

 

8. Jaga Kebersihan Diri
Menjaga kebersihan diri akan membawa manfaat besar bagi kesehatan. Ini berarti rajin membersihkan diri alias mandi, menggosok gigi, mencuci rambut, mencuci tangan, serta mengganti pakaian. Dengan menjaga kebersihan diri, Anda mengurangi risiko penularan penyakit dari orang lain.

 

9. Berjemur
Berjemur di pagi hari mengandung nutrisi yang baik untuk daya tahan tubuh, terutama vitamin D. Berjemur selama 10-15 menit saja per sesi, sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, dapat membantu meningkatkan produksi vitamin D di tubuh.

 

10. Jaga Kebersihan Lingkungan
Kebersihan lingkungan tempat tinggal dapat menentukan risiko Anda terpapar kuman penyebab infeksi. Tempat tinggal dengan sanitasi yang baik mengurangi peluang tumbuhnya beragam mikroorganisme. Jaga kebersihan lingkungan untuk menurunkan risiko terpapar kuman penyebab infeksi.

 

Pelihara Kebersihan Diri, Jaga Daya Tahan Tubuh

Memelihara kebersihan diri adalah kewajiban untuk memperoleh kesejahteraan fisik maupun psikis yang optimal. Tubuh yang bersih akan membuat Anda merasa nyaman dan meningkatkan rasa percaya diri. Rajin menjaga kebersihan diri akan mengurangi risiko penularan kuman dan meningkatkan daya tahan tubuh.

 

 

 

Sumber : https://www.lifebuoy.co.id/semua-artikel/berita-kesehatan/sepuluh-cara-ini-ternyata-ampuh-meningkatkan-daya-tahan-tubuh.html