please wait

Parentship

SMK Wikrama berusaha meningkatkan mutu layanan pendidikan melalui kerjasama yang baik antara orangtua murid dengan pihak sekolah dan melalui pendidikan karakter di sekolah. Bukan hanya membuat perkembangan akademik anak makin terpantau, namun juga perkembangan psikologi dan sosial anak lebih terkendali.

Dalam memenuhi upaya tersebut, SMK Wikrama menjalin kerjasama dengan beberapa Organisasi/Instansi dalam bentuk kegiatan seminar dan webinar.

Organisasi/Instansi yang menjalin kerjasama dengan SMK Wikrama antara lain :

1. Southeast Asian Ministers of Education, regional Centre For Early Childhood Care Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) sejak tahun 2019. SEAMEO CECCEP merupakan organisasi menteri-menteri pendidikan di Asia Tenggara yang memiliki misi untuk mengembangkan pendidikan, sains, dan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.

2. Dinas Kesehatan Kota Bogor sejak tahun 2019.

3. Departemen Ilmu Keluarga Konsumen (IKK) Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) sejak tahun 2020.

Adapun beberapa kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan di tahun 2019 dan 2020 adalah sebagai berikut :

1. Seminar dengan materi "Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah dan Pendidikan Keluarga di Era Revolusi Industri 4.0" dengan Pemateri Bapak DR. Dwi Priyono, M.Ed. (Direktur SEAMEO CECCEP) di tahun 2019.

2. Layanan "Mobil Curhat" yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kota Bogor, siswa diberikan layanan gratis baik layanan kesehatan ataupun layanan curhat.

3. Parenting yang diisi oleh Pemateri dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) Fakultas Ekologi IPB dengan materi "Saatnya Orang Tua Beraksi Mari Jaga Psikologis Remaja di Tengah Pandemi" oleh narasumber Ibu Dr. Yuliana Eva Riany pada Sabtu & Minggu 30-31 Mei  2020.

4. Parenting yang diisi oleh Pemateri Bapak Drs. Edi Permana, Pengawas Pembina Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat dan Ibu Iin Mulyani, S.Si, Kepala SMK Wikrama Bogor dengan materi " Kebijakan dan Implementasi Belajar Dari Rumah" pada bulan Juli 2020.

Unit Bimbingan Konseling (BK) SMK Wikrama

Unit Bimbingan Konseling (BK) SMK Wikrama rutin melaksanakan parenting terhadap seluruh orang tua murid dan Agen Parenting (AP). Agen Parenting (AP) adalah perwakilan dari setiap Rayon (pengelompokan siswa berdasarkan lokasi tempat tinggal) di setiap jenjang yang menjadi agen dan bertugas untuk menyampaikan materi parenting terhadap orangtua murid lainnya di masing-masing Rayon.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh SMK Wikrama (@smkwikrama) pada

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh SMK Wikrama (@smkwikrama) pada