please wait

Kunjungan Pondok Pesantren YBM Kanwil Bandung dan Jakarta ke SMK Wikrama Bogor


Selasa, 08 Mei 2018, bertepatan dengan hari ulang tahun SMK Wikrama yang ke-22, CV IDS mengundang rekan-rekan dari 14 pondok pesantren wilayah Bandung dan Jakarta untuk mengunjungi SMK Wikrama, di antaranya Pondok Pesantren Al-Kholiliyah, Pondok Pesantren Baitul Aliyah, Pondok Pesantren Nurul Jalal, Pondok Pesantren Al-Wathoniyah 43, Pondok Pesantren Habibilah Al Karomah, Pondok Pesantren Daarut Tarbiyah, dll. Pondok pesantren tersebut merupakan pondok pesantren binaan YBM BRI yang telah bekerja sama dengan IDS Consultant. Adapun tujuan utama dari kunjungan tersebut adalah untuk studi banding dan pengenalan budaya Wikrama.

Peserta kunjungan tiba di Sekolah Perjuangan sekitar pukul 09.40 WIB dan langsung disambut oleh guru-guru SMK Wikrama. Sebelum memasuki acara inti diskusi terbuka mengenai "Pembangunan Pondok Pesantren Modern", terlebih dahulu rombongan diajak menonton film SMK Wikrama, lalu dilanjutkan dengan kegiatan touring yang dibagi menjadi 3 kelompok. Touring dimulai dari lantai satu sampai ke area green roof di lantai 3. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi yang berlangsung dari pukul 13.30 - 16.30 WIB.

Dalam sesi diskusi tersebut, Ibu Itasia Dina Sulvianti menuturkan bahwa pesantren merupakan modal sosial bangsa yang penting untuk menghasilkan sumber daya manusia yang membawa perubahan sosial dimasyarakat. Pesantren modern adalah pesantren yang bisa menjawab semua tantangan zaman dan bisa menghasilkan SDM yang mampu menjadi figur berpengaruh dimasyarakat, sehingga indikator yang paling penting adalah harus bisa menghasilkan lulusan yang mampu menjadi agen perubahan dan bersaing di dunia luar tanpa keluar dari syariat Islam. Pada saat yang bersamaan rekan dari Pondok Pesantren Al-Kholiliyah mengutarakan kesannya bahwa, implementasi dari nilai-nilai aspek kehidupan dan Islam sangat terasa di SMK Wikrama.

Mari bersama-sama memerjuangkan umat melaui pondok pesantren modern.