please wait

6 Langkah Wujudkan Resolusi Tahun Baru !


SMK WIKRAMA BOGOR - Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Journal of Clinical Psychology, University of Scranton, hanya ada sekitar 8% saja yang benar-benar bisa mewujudkan resolusi tahun baru mereka.

Sisanya, yakni sebesar 92% tidak mampu mencapainya. Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana hal ini bisa terjadi?

Membuat resolusi tahun baru adalah hal yang baik, sebab bisa memberitahu tentang jalur yang benar dalam proses perbaikan diri. Ada beberapa pendekatan yang perlu diubah agar resolusi dan tujuan yang dibuat bisa tercapai.

1. Buat Menjadi Sasaran yang Bisa Dilakukan

Jika memiliki sebuah resolusi dan tujuan, maka buatlah ide tersebut menjadi sasaran dan pecah menjadi langkah-langkah yang bisa terealisasi dan terukur.

Misalnya saja dengan membuat gol yang akan tercapai per dua minggu sekali atau per bulan sekali. Dengan memecah tujuan menjadi langkah-langkah nyata, maka Anda bisa lebih dekat dengan hasil yang diinginkan.

2. Buat Tujuan Sederhana dan Bisa Dicapai

Hal yang perlu dipahami adalah perbaikan diri merupakan sebuah proses berkelanjutan yang tidak bisa berhenti. Itu artinya, Anda tidak bisa mengubah diri menjadi lebih baik hanya dalam waktu setahun saja.

Lebih baik memiliki satu tujuan sederhana yang bisa dicapai daripada Anda membidik tujuan yang terlalu tinggi dan akhirnya tidak mencapai apapun.

3. Miliki Alasan yang Tepat dalam Mencapai Tujuan

Kesalahan selanjutnya yang banyak terjadi dan dilakukan banyak orang adalah mereka memiliki alasan yang salah untuk mencapai resolusi dan tujuan.

Alasan yang salah tidak akan memberikan motivasi dan tidak akan membuat seseorang berpegang teguh pada tujuan yang telah ditetapkan.

Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki alasan yang tepat dan mampu mendorong dalam mencapai sebuah tujuan di masa depan.

4. Biarkan Orang Lain Mengetahui Hal In

Cukup banyak orang yang mampu mencapai tujuan dan visi yang ditetapkan karena mereka mengumumkan informasi tersebut kepada publik.

Jangan hanya menyimpan tujuan dan resolusi tahunan di dalam jurnal pribadi. Sebab, sesuatu yang tersembunyi akan membuat seseorang lengah dan tidak bertanggung jawab dengan tujuan yang ditetapkan.

Anda bisa membagikan tujuan dan visi yang dimiliki melalui saluran yang bisa diakses oleh banyak pihak, misalnya saja blog pribadi.

Saat banyak orang yang mengetahui perjuangan dan visi yang dimiliki, maka Anda berkesempatan untuk menemukan dukungan dari masyarakat.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa lebih berkomitmen dengan sebuah resolusi dan tujuan yang telah ditetapkan.

5. Tetapkan Konsekuensi

Saat Anda menetapkan sebuah tujuan dan visi yang akan dicapai, maka keberhasilan dan kegagalan tujuan tersebut sangat tergantung pada diri Anda sendiri.

Miliki sebuah komitmen untuk menjalankan konsekuensi saat Anda tidak melakukan tahapan dan langkah-langkah yang telah ditetapkan.

Misalnya saja, Anda harus menyumbang uang sebesar Rp10.000 kepada fakir miskin, jika tidak belajar dalam satu hari tertentu.

6. Percaya dengan Visi yang Ditetapkan

Keberhasilan dan kesuksesan diawali dengan pikiran yang benar dan kepercayaan bahwa impian tersebut dapat terwujud. Miliki sebuah keyakinan dan kepercayaan bahwa Anda mampu dan bisa mencapai resolusi tahunan yang telah ditetapkan.

Jika memiliki resolusi tahunan berupa mampu menguasai keterampilan bahasa asing atau menguasai instrumen musik tertentu, maka harus ada langkah yang perlu mendukung terwujudnya impian tersebut.

 

 

Sumber :

koinworks.com