please wait

Pesan Iyang Habibie Untuk Pemuda Indonesia


SMK WIKRAMA BOGOR - Presiden ke-3 Indonesia yang akrab disapa Eyang Habibie ini memiliki  perjalanan hidup yang dikagumi oleh semua orang. Mulai dari kisah cintanya dengan Bu Ainun hingga jasanya yang luar biasa untuk bangsa membuat siapa pun tertegun mendengarnya.

Kesuksesan B.J. Habibie di berbagai bidang tentunya bukan diraih tanpa jerih payah. Banyak hal yang harus ia tempuh dan korbankan semasa mudanya dulu.

Semasa hidupnya, B.J. Habibie pun kerap menyampaikan filosofi-filosofi yang bisa membakar semangat para generasi muda untuk mencapai cita-cita.

Yuk simak pesan-pesan mendalam dari mendiang Eyang Habibie untuk para anak muda di bawah berikut!

1. Keberhasilan bukan milik orang pintar, tapi milik mereka yang senantiasa berusaha

B.J. Habibie dikenal sebagai salah satu orang paling jenius di dunia. Meski begitu, dalam suatu wawancara, ia pernah menyampaikan bahwa kecerdasan intelektual bukanlah satu-satunya faktor untuk mencapai kesuksesan.

“Percuma Anda memiliki IQ tinggi tapi pemalas. Yang penting adalah Anda sehat dan mau berkorban meraih apa yang diinginkan.” ucapnya.

Kerja keras merupakan faktor lain yang lebih penting dari kecerdasan dalam mencapai cita-cita. Secerdas apa pun seseorang, jika dirinya tak gigih dalam mengejar tujuannya maka akan jauh dari kesuksesan.

2. Kegagalan membantu kita berpikir untuk meraih keberhasilan

Motivasi merosot saat mengalami kegagalan memang wajar. Tapi, jangan sampai kita terlalu tenggelam dalam kesedihan, bangkit dan lakukanlah sesuatu!

B.J. Habibie pernah mengatakan bahwa kegagalan itu sendiri akan membantu pola pikir kita untuk meraih kebehasilan dalam waktu yang singkat.

“Keberhasilan akan menjadi penggerak utama semangat. Kegagalan akan menurunkan semangat. Namun, kegagalan akan dapat menggerakkan intensitas berpikir secara rinci, sehingga dalam waktu sesingkat-singkatnya dapat mengubah kegagalan menjadi keberhasilan.”

Pasti terdapat hal yang bisa kita petik dari kegagalan tersebut dan mengubahnya menjadi amunisi baru untuk mencapai keberhasilan. Atau, mungkin saja kamu tengah diarahkan menuju jalan yang lebih baik dari sebelumnya.

3. Tentukanlah cita-citamu

Di waktu muda, B.J. Habibie pernah mengungkapkan filosofinya mengenai mimpi.

“Saya tidak pernah bermimpi. Bermimpi itu tidak enak sebab dilakukan saat tidur dan ketika bangun, banyak yang lupa apa mimpinya.” ucap Eyang Habibie.

Ia pun pernah mengatakan bahwa dirinya selalu memiliki cita-cita yang membuatnya gigih untuk menggapainya.

“Saya selalu punya cita-cita. Cita-cita lebih penting karena membuat kita selalu berusaha meraihnya,” lanjut Eyang Habibie.

Menurutnya, anak-anak muda sepatutnya memiliki cita-cita. Seperti dirinya saat belia yang telah menetapkan cita-cita untuk membuat pesawat terbang.

Dengan adanya cita-cita, kita akan fokus untuk berusaha keras dan belajar demi menggapai cita-cita yang sudah kita tetapkan tersebut.

4. Jadilah pribadi yang bermanfaat

Pesan B.J. Habibie untuk anak muda yang ingin sukses adalah bertekad menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama. Menurutnya, salah satu tanda sukses adalah mereka yang sosoknya dibutuhkan oleh orang-orang di sekitarnya.

Oleh karena itu, jadilah pribadi yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Semakin besar pengaruhmu di lingkungan sekitar, semakin tinggi pula tingkat kesuksesan yang bisa kamu raih.

5. Utamakan karya nyata, bukan citra

Hanya menunjukkan citra tanpa ada karya nyata bagaikan tong kosong nyaring bunyinya. B.J. Habibie pun pernah menyampaikan bahwa karya nyata merupakan faktor yang diperlukan anak muda Indonesia dalam mengejar cita-cita.

“Yang diperlukan oleh anak muda Indonesia untuk terus menjaga semangat dan tak pernah putus asa mengejar cita-cita serta agar mampu menghalau hambatan-hambatan yang dilaluinya adalah sukses dalam membuat karya nyata!”

Jadi, jangan ragu untuk menciptakan karya dalam bidang yang kamu tekuni. Tidak masalah jika karyamu belum sempurna.

Ciptakanlah karya yang bermanfaat bagi banyak orang dengan kerja keras. Dengan sendirinya, karyamulah yang akan membuat citramu bersinar.

6. Bekerja keras, pantang menyerah

Pesan B.J. Habibie untuk anak muda selanjutnya mungkin sering kamu dengar. Ya, teruslah bekerja keras dan pantang menyerah dalam meraih tujuanmu.

Sikap inilah yang membawa B.J. Habibie dalam kesuksesan semasa hidupnya. Mulai dari berjuang menjadi Presiden RI selama 517 hari, hingga menciptakan pesawat terbang yang luar biasa canggih.

“Saya tidak tidur banyak-banyak. Saya bekerja dan bekerja. Kerja keras dan tidak menyerah jika menghadapi masalah. Itu yang bikin kita sukses dan pintar,” tuturnya.

7.  Anak muda harus berada di arah positif

Pesan Eyang Habibie untuk anak muda selanjutnya tak kalah membuatmu lebih termotivasi. Semasa hidupnya, ia percaya bahwa nasib Indonesia selanjutnya berada di tangan para generasi muda.

Ia sempat berpesan kepada anak muda Indonesia untuk senantiasa berada di jalan yang positif demi masa depan bangsa yang lebih baik.

“Kita tidak boleh lelah dan  kita tidak boleh kalah. Masa depan Indonesia berada di anak muda. Anak muda harus dituntun ke arah positif.”

8. Jadilah pribadi yang konsisten menekuni suatu bidang

Pesan Eyang Habibie untuk anak muda yang satu ini menyiratkan bahwa kita harus konsisten dalam menekuni sesuatu untuk mencapai sukses.

“Harus selalu konsisten dalam menekuni suatu disiplin ilmu yang anda pelajari karena dengan konsisten Anda bisa seperti saya.“

Jika kamu memiliki suatu bidang yang kamu sukai, tekunilah dan jangan  mudah goyah! Fokuslah mempelajarinya dengan giat dan konsisten sehingga kesuksesan akan menghampiri.

Tentu saja B.J. Habibie masih memiliki segudang pesan motivasi lainnya untuk para generasi penerus bangsa. Pesan inspiratifnya pun tersirat dalam setiap kontribusi dan jasanya untuk Tanah Air.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh SMK Wikrama (@smkwikrama)

Sumber : rukita.co