please wait

Yuk Dicoba ! 12 Website Belajar Koding Gratis.


SMK WIKRAMA BOGOR - Di Zaman seperti saat ini di ,kemampuan coding yang membantu kalian dalam berbagai hal yaitu membuat aplikasi handphone membuat website dan lainnya.

Belakangan ini tren belajar coding sangat amat meningkat dari tahun ke tahun, apalagi menteri pendidikan merencanakan kurikulum masuk ke sekolahan. Masifnya perkembangan teknologi ditengaragi menjadi penyebab meningkatnya tren coding ini. Teknologi kini semakin mengintegrasikan beragam aspek dan membuat kehidupan jauh lebih mudah daripada sebelumnya.

Berikut adalah website tempat belajar Coding secara gratis :

1. W3schools
Jika Anda suka belajar coding pemula secara praktik, W3school adalah pilihan tepat. Bahasa pemograman yang tersedia di sini fokus untuk pembuatan website. Seperti JavaScripts, AngularJS, dan lain-lain.

Yang istimewa, tersedia compiler online untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu. Sehingga, lebih mudah bagi Anda untuk memahami materi.

Serunya lagi, ada contoh kode program yang ditampilkan pada setiap bagiannya. Jadi, Anda bisa langsung mengedit kode program tersebut dan mengeksekusinya. Website pun akan menampilkan output dari kode Anda.

2. CodeAcademy
CodeAcademy merupakan website belajar coding bagi pemula sampai yang sudah mahir.

Kursus coding di sini bisa untuk belajar bahasa pemograman HTML & CSS, Python, JavaScript, Java, SQL, Bash/Shell, dan Ruby. Tak hanya itu, Anda juga bisa membuat website sederhana.

Dan selain bahan pembelajaran, Anda juga akan mendapat kuis untuk mengukur kemampuan sesuai materi yang sedang dipelajari.

3. CodeWars
CodeWars adalah website yang menawarkan pelatihan lewat tantangan Kata. Tantangan ini fokus mengasah keterampilan serta teknik programming. Jadi, Anda akan diminta menyelesaikan suatu masalah pemrograman.

Seiring dengan tinggi tingkatan yang berhasil Anda selesaikan, tantangan akan makin sulit. Anda pun bisa membuat Kata sendiri untuk diselesaikan orang lain.

4. Free Code Camp
Website kursus coding berikutnya, Free Code Camp. Di sini Anda akan menemukan pembelajaran yang sudah dipisahkan antara FrontEnd, Visualisasi Data, BackEnd, dan bagian lainnya.

Ada juga panduan Coding Interview Preparation yang bisa Anda gunakan untuk persiapan sebelum melakukan interview sebagai developer.

Untuk menambah kredibilitas, bisa juga lho ambil sertifikasi bahasa pemrograman di sini.

5. Hack.Pledge( )
Hack.Pledge( ) adalah wadah bagi para developer untuk berkumpul dan berbagi informasi satu sama lain.

Seperti slogannya, “Mentor the next generation of developers or learn from the best and master your craft“, Anda bisa menjadi mentor sekaligus mendiskusikan permasalahan Anda dengan pengguna secara langsung.

6. Coursera
Mungkin, website kursus coding dasar ini sudah terdengar familiar.

Yap,  Coursera adalah situs yang menyediakan banyak tutorial. Mulai dari coding, matematika, bisnis, hingga seni. Baik level pemula, expert, sampai sertifikasi online.

Sayangnya tidak semua kursus gratis. Anda harus bergabung ke Coursera Plus kalau mau mendapat sertifikat dan mendapat akses ke 90% materi.

7. Udemy
Mirip Coursera, Udemy juga menawarkan beragam kursus coding. Ada PHP, C++, JavaScript, dan masih banyak lagi.

Nantinya, Anda akan mendapat video tutorial dari mentor-mentor profesional. Bahkan, ada juga PR yang perlu Anda kerjakan untuk mendapat sertifikat.

10. Edx
Tempat belajar coding dasar berikutnya, Edx. Mirip seperti Udemy dan Coursera, Edx juga bersifat open source.

Menariknya lagi, situs ini didirikan oleh dua universitas dunia: Universitas Harvard dan MIT. Tak heran, materinya pun juga berkualitas.  Anda bisa belajar sesuai kecepatan masing-masing.

Namun jika ingin mendapatkan sertifikat, Anda harus membayar sesuai kursus yang diikuti.

9. The Odin Project
The Odin Project dibuat supaya orang–orang yang sulit mendapat akses belajar tentang teknologi informasi bisa tetap mendapat ilmu dengan kualitas terbaik.

Di sini Anda bisa memperdalam belajar HTML, CSS, Javascript, Git, Databases, dan Ruby secara gratis. Serunya lagi, Anda akan terhubung dengan pengguna lainnya dan bisa terlibat dalam sebuah proyek.

8. HackerRank
Kalau Anda sudah mengantongi sedikit skill pemrograman, silakan uji kemampuan Anda lewat HackerRank.

Situs ini akan menantang Anda untuk menyelesaikan beberapa permasalahan. Nantinya, poin-poin yang Anda hasilkan akan menentukan posisi pada papan ranking.

11. CodeFights
Masih kurang dengan tantangan website belajar coding sebelumnya? Coba CodeFight.

Sepertinya pengembang website ini ingin membuat belajar coding berasa seperti bermain online games. Anda bisa bersaing menyelesaikan sebuah permasalahan dengan yang lain.

Ada ribuan pertanyaan mengenai kode untuk Anda selesaikan. Mulai dari logika yang termudah sampai logika yang lebih rumit. Bahkan, tersedia menu tournament dengan durasi tertentu.

Selain itu, tiap minggu akan rilis tantangan tertentu. Bersama pengguna lainnya, Anda bisa, berdiskusi demi mencari algoritma terbaik.

12. Code Avengers
CodeAvengers menawarkan cara belajar membuat aplikasi, game, dan website. Anda juga bisa belajar bahasa pemograman seperti Python, HTML & CSS, Javascript dan banyak lagi

Bagi Anda yang masih pemula, jangan cemas. Website ini membagi kursus berdasarkan segmentasinya: junior, pro, educator. Jadi, tingkat kesulitannya pun menyesuaikan.

Jika kalian ingin belajar koding menggunakan Handphone, dengan aplikasi W3Scools, simak video tutorial dari Pak JM berikut :

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh SMK Wikrama (@smkwikrama)