please wait

Macam-macam Generasi di Masyarakat


 

Silent Generation

Masyarakat yang masuk dalam generasi ini lahir antara tahun 1925-1945. Mereka terlahir saat terjadi banyak krisis global. Silent generation merasakan banyak kejadian yang mengubah dunia. Salah satunya adalah terlibat dengan Perang Dunia II.

Generasi Baby Boomers

Di beri nama baby boomers karena terjadi ledakan kelahiran besar-besaran di Amerika Serikat. Generasi ini lahir antara tahun 1943-1964. Mereka memiliki sifat yang kompetitif dan pekerja keras.

Generasi X

Generasi X adalah orang-orang yang lahir diantara tahun 1965-1980. Mereka lahir dimana teknologi mulai berkembang. sifat mereka kebanyakan adalah pekerja keras. Mereka akan memikirkan sesuatu dengan baik agar mendapatkan hasil yang optimal.

Generasi Y/Milenial

Masyarakat kebanyakan sekarang dipenuhi oleh generasi Y atau milenial. Mereka yang lahir pada tahun 1981-1994 masuk dalam kelompok generasi ini. Geneasi Y lahir dan tumbuh dimana segala perubahan terjadi. Mereka lebih sadar akan perubahan dan perbedaan dibanding generasi sebelumnya. Banyak milenial yang di cap senang bersenang-senang dan tidak konsisten, namun generasi Y merupakan penerus bangsa yang memiliki banyak potensi. Tidak sedikit pendiri startup terkenal datang dari generasi ini.

Generasi Z

Generasi setelah Y adalah generasi Z yang lahir tahun 1995-2010. Mereka yang lahir di tahun tersebut sudah familiar dengan teknologi. Mereka tumbuh saat teknologi sudah berkembang pesat. Tidak heran kebanyakan generasi Z sangat bergantung pada gadget. Adanya teknologi yang serba memudahkan menyebabkan generasi Z menyukai hal-hal instan dalam proses bekerja. Hal tersebut berpengaruh terhadap pola pikir dan cara mereka bekerja.

Generasi Alpha

Generasi paling baru dan muda adalah generasi alpha. Generasi ini lahir setelah tahun 2010 an. Karena rata-rata generasi ini masih muda, etos dan karakter mereka belum terlalu terlihat. Namun demikian, generasi alpha sangat bergantung pada teknologi sama dengan generasi Z.