please wait

22 Siswa Multimedia Wikrama Ikuti 5 Lomba Nasional


SMK WIKRAMA BOGOR – Sebanyak 22 siswa kompetensi keahlian Multimedia SMK Wikrama Bogor telah mengikuti lomba tingkat nasional di bulan Oktober – November 2020.

Adapun sebagian besar lomba yang diikuti diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Lomba-lomba yang diikuti adalah yang berkaitan dengan kompetensi keahlian Multimedia, seperti pembuatan video dan sebagainya.

SMK Wikrama berusaha mendorong dan mendukung siswa untuk berpartisipasi dalam perlombaan, guna mengeksplor  kemampuan siswa dan mempromosikan perkembangan kualitas performa kerja yang dimiliki siswa.

Sebagaimana disampaikan Elvia Roza, S.Pd selaku Koordinator Lomba SMK Wikrama.

“Kami berusaha mengikutkan siswa Wikrama dalam lomba di berbagai tingkat, diantar tujuannya adalah meningkatkan daya saing anak, agar mempunya jiwa yang tangguh, kreatif, dan disiplin. Tentunya juga untuk mengembangkan potensi dan kompetensi siswa”, ujarnya.

Berikut perlombaan yang diikuti siswa Wikrama jurusan Multimedia di bulan Oktober s/d November 2020 :

Pelopor Community Challenge 2020 : Video Competition

Lomba ini diselenggarakan oleh ASTRA Indonesia  melalui program Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL)

Merupakan kompetisi membuat video atau short movie sebagai bentuk menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat terhadap pentingnya menjaga keamanan berlalu lintas baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Diikuti oleh Raditya Khaerul dan Hilman Nurfaizin melalui karya video berjudul “Keamanan Berkendara” yang berhasil masuk babak final dan akan bersaing dengan 9 finalis lainnya.

Kompetisi Komik Tema “Jalur Rempah Nusantara Untuk Dunia”

Merupakan lomba yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan melalui Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan.

Siswa yang mengikuti membuat komik yang dengan tema “ Jalur Rempah Nusantara”.

Penggunaan komik sebagai medium dalam menuangkan cerita dan sejarah Jalur Rempah diharapkan dapat memudahkan penyebarluasan wawasan pengetahuan tentang Jalur Rempah kepada generasi muda Indonesia. Masyarakat bisa menggunakan pendekatan fiksi yang berisi wacana tentang rempah nusantara, mengambil adegan sejarah, menggunakan latar waktu masa lalu, masa kini, fungsi dan segala hal yang berkaitan dengan Jalur Rempah.

Total dana apresiasi dalam lomba ini sebesar 450 juta rupiah.

Siswa yang mengikuti lomba ini adalah Maudy Bunga dan Maria, kini mereka telah mengumpulkan karyanya, tinggal menunggu pengumuman di tanggal 25 November 2020.

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Nasional Bidang Desain

LKS nasional merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. LKS ini setara dengan OSN (Olimpiade Sains nasional) yang diadakan di SMP/SMA

Lomba ini diikuti oleh Diandra Ihsan.

Festival Film Pendek

Lomba ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan (BPMTPK) Kemendikbud RI. Lomba berupa hasil karya video/film pendek bertemakan pendidikan. Even telah berlangsung ke-13 kali nya ini memberikan kesempatan kepada para kreator konten video dan sineas baik dari kalangan umum, mahasiswa, pelajar maupun guru untuk ikut serta menyumbangkan karya-karya terbaiknya berupa video/film yang bertemakan pendidikan.

Siswa yang mengikuti lomba ini adalah Diandra Ihsan, M. Rifki Himawan, Raisya Fadhina Balqis, Wildan Haknur Hapiz, dan Sekar Aulia Zahar.

Lomba Kreatif Kamp SMK Indonesia 2020 Nasional : Video Promosi Wisata Khas Daerah

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan dan memeratakan mutu, serta mengimplementasikan teknologi/industri 4.0 dalam proses pembelajaran di SMK. Diselenggarakan oleh Direktorat SMK Kemdikbud bersinergi dengan  SEAMEO Center di Indonesia, Perguruan Tinggi, Industri, dan SMK. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 28 September s/d 15 Desember 2020.

Siswa Wikrama yang mengikuti lomba ini adalah Achmad Riyadh Semit, Alifia Kireina Kosasih, Dhea Destiani Putri, Kezia Pramesti Skpp, Raditya Khaerul Rizki, Wahyudin, Akila Zahra Febriyanti, Dimas Prayoga, Ezar Rizarul Fiqry, Ferrawti Subdiyo, Karchelli Meidita, dan Maudy Bunga Rizky.