please wait

Teacher Leadership & Learning Community

In House Training

Kegiatan ini diikuti oleh para guru, staf, dan manajemen dengan tujuan untuk memerkenalkan dunia Wikrama yang sesungguhnya terutama untuk pendatang baru. Pengenalan budaya (cultures) Wikrama, kurikulum yang dipakai, formasi struktural terbaru di SMK Wikrama Bogor tahun 2017, pengenalan yayasan dan sekolah, serta segala hal yang berkaitan dengan menejerial dipaparkan dengan detail dan terprogram. Pada IHT juga SMK Wikrama Bogor mengundang beberapa perwakilan dari industri dimasing-masing jurusan di SMK Wikrama Bogor, guna memberikan gambaran tentang dunia SMK yang berbeda dengan jenjang sekolah kesetaraannya.Tahun 2017 lalu SMK Wikrama membuka jurusan Jasa Boga dan Akomodasi Perhotelan, hal tersebut memberikan warna baru yang diharapkan makin memerkuat karakter Wikrama dimasa yang akan datang. Kegiatan In House Training ini selain dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa persaudaraan antar warga di SMK Wikrama Bogor, juga sebagai akses untuk mengetahui hal-hal baru yang mungkin saja tidak diterapkan di sekolah lain. Rayonisasi, matrikulasi, Buku Kejar Prestasi (BKP), ESD Program, GLS, program akhlaqul karimah merupakan sebagian yang menjadi perhatian utama untuk dibahas lebih panjang. Bukan hanya kegiatan-kegiatan yang bersifat formal, namun kegiatan-kegiatan yang bersifat merelakskan tubuh dan otak dilakukan pada saat-saat ini, seperti games/olahraga ringan hingga menumbuhkan keceriaan antara satu orang dengan yang lainnya.

 

Morning Briefing

Morning briefing dilakukan setiap hari Seni s/d Jumat pada pukul 10.10-10.30 WIB dan diikuti oleh para guru, staf, dan laboran. Dalam kegiatan tersebut setiap orang diberikan kesempatan untuk memberikan gagasan dan suatu informasi, misalnya pemberian kalimat motivasi, bercerita tentang informasi tertentu yang didapatkan dari internet/media/kejadian langsung, tips & trik, seni, atau senam kecil yang sifatnya menyegarkan otak dan tubuh. Tujuan dilakukannya briefing adalah untuk memberikan semangat kerja yang baik sehingga diperoleh manfaat agar seluruh bagian mendapat perencanaan dan pembelajaran seperti apa yang akan dilakukan hari ini, juga diharapkan tumbuhnya rasa kerja sama yang baik antar satu sama lain.

 

Team Teaching Workshop

Merupakan suatu kegiatan yang dilakukan tim pengajar guru mata pelajaran. Jadwal team teaching workshop diatur oleh wakasek kurikulum—Ibu Ela Komalasari. Prosesnya dalam 1 agenda, kegiatan ini diatur pula oleh wakasek. Tujuan diadakan kegiatan ini antara lain untuk menyamakan konsep, perencanaan, materi, menganalisis tabel-tabel soal, sistem penilaian (salah satunya remedial). Manfaatnya untuk masing-masing individu (setiap guru) agar saling bekerja sama dan perolehan kesamaan model pembelajaran yang akan dilakukan hari itu, dan untuk anak-anak, manfaat yang bisa diperoleh yaitu agaranak-anak memperoleh pembelajaran yang tidak ambigu.

 

Academic Group Meeting

Setiap satu bulan sekali SMK Wikrama mengadakan Academic Group Meeting yang berkisar pada tanggal 10 atau 11, kegiatan tersebut tentunya melibatkan semua guru, asisten guru, dan laboran. Pembahasan seputar pengembangan kurikulum, pengembangan kompetensi guru, desiminasi (sharing) hasil pelatihan dan micro teaching. Manfaat tentang beberapa aspek bisa lebih meningkat (pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional), meningkatkan keharmonisan antar guru, menambah pengetahuan baru (media yang diberikan bisa bervariatif, contoh; video)