please wait

Multimedia Wikrama Ajak Pemilih Baru Anti Golput


SMK WIKRAMA BOGOR – Pemilu sebentar lagi, mereka yang baru menginjak umur 17 tahun dan sudah punya KTP sebelum tanggal 17 April 2019 tentunya sudah memiliki hak pilih. Namun, bagi pemilih baru ini, pasti belum banyak informasi yang mereka dapatkan mengenai pemilu. Multimedia Wikrama pun terpikir untuk membuat video yang bertujuan memberikan informasi kepada pemilih baru. Tak tanggung-tanggung video tersebut mendapatkan apresiasi dari KPU Kota Bogor sebagai juara 1 dalam Pentas Seni dan Vlog Competition di Botani Square, kemarin (11/4).

                Menurut salah seorang guru produktif multimedia Wikrama, Hendri Prawira, sebanyak 7 orang peserta didiknya terlibat dalam pembuatan video ini, diantaranya ;(1) Siti Zahra Nuryani, (2) Fadhila Handayani, (3) Angelive Hilsunny, (4) Felita Salsabila, (5) Rafli Ilham Alamsyah, (6) Michael Kurniawan, dan (7) Muhammad Yandika Rahman. “Mereka sangat antusias sekali membuat video ini, persiapannya kurang lebih 2 minggu,” kata Hendri.

                Menurut  salah seorang peserta didiknya, Siti Zahra Nuryani, ada beberapa persiapan yang ia dan tim lakukan hingga video dapat ditayangkan, diantaranya, pembuatan konsep, proses shooting, serta penyuntingan. “Pembuatan konsep kami menghabiskan waktu sehari, shooting  2 hari, hingga sunting yang paling lama, seminggu lebih,” tutur Siti.

                Peserta didik lainnya, Fadhila Handayani mengatakan video tersebut dibuat dengan konsep seperti vlog wawncara kepada peserta didik tingkat SMK tentang pemilu 2019. “Dengan begitu kita bisa megapresiasi pemilu dan menginformasi para pemilih baru tentang pemilu, sehingga mereka bisa menggunakan hak pilihnya secara bijak, anti golput, untuk Indonesia yang lebih baik,” jelasnya.

                Perasaan senang dan bangga meliputi peserta didik multimedia yang berperan dalam pembuatan video ini, karena diapresiasi menjadi juara 1. Peserta didik multimedia lainnya, Felita Salsabila mengaku tidak menyangka bisa mendapatkan juara. “Awalnya tidak menyangka, tapi saat menayangkan video dan mendengar komentar para juri yang baik, saya menjadi lebih percaya diri bahwa SMK Wikrama bisa menjadi juara,” cerita Felita.

                Felita mengatakan, dirinya dan teman-temanya mengaku bukan sekali ini mengikuti lomba. “Sudah banyak juga lomba yang kami ikuti sebelumnya, bahkan saat ini juga kami sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) tingkat kota hingga nasional,” kata Felita. Felita berharap di FLS2N nanti SMK Wikrama bisa merebut juara 1 di tingkat nasional. (IU)