please wait

Dua Industri Sekaligus Percayakan Tenaga Kerja Lulusan Wikrama


SMK WIKRAMA BOGOR -  Selama dua hari berturut-turut (15 dan 18 Februari 2019) SMK Wikrama menerima kunjungan dari dua industri yang berbeda,  PT. Fan Integrasi Teknologi dan Hotel Horison Ultima Bhuvana Ciawi. Bukan hanya berkunjung, mereka juga melangsungkan kerja sama dengan SMK Wikrama dalam beberapa hal, sehingga pada hari tersebut juga dilakukan penandatanganan MOU.

Dilansir dari www.bisnis.com, 13 Februari 2017 , Kementerian Perindustrian mendorong perusahaan untuk dapat menggaet SMK untuk memasok tenaga kerja ke industri mereka. Karena itu, ruang lingkup kerjasama dari dua industri tersebut tidak lepas dari pemasokan tenaga kerja.

Direktur PT. Fan Integrasi Teknologi, Dian Affandi H. mengatakan terdapat 6 Ruang lingkup kerjasama PT. Fan Integrasi Teknologi  dengan SMK Wikrama. “Ruang lingkup tersebut meliputi, penyelarasan kurikulum berbasis kompetensi sesuai kebutuhan industry, pengembangan sarana prasarana praktikum, penyediaan guru bidang studi produktif dan instruktur, praktik kerja industri bagi siswa SMK dan pemagangan industri bagi guru, rekrutmen, serta sertifkasi,” sebut Dian.

Sedangkan, ruang lingkup kerjasama dengan Hotel Horison Ultima Bhuvana Ciawi meliputi kerjasama dalam bidang peenyediaan dan pengembangan sumberdaya manusia. “hal tersebut meliputi penyelenggaraan OJT (On The Job Training), yang meliputi praktek kerja lapangan atau pemagangan bagi siswa kelas XI SMK di Hotel,” kata General Manager Hotel Horison Bhuvana Ciawi, Yusup Maulana Mana.

Wakil Kepala Sekolah bidang Hubungan Industri dan Masyarakat, Muslih berharap kerjasama ini dapat berlangsung dengan baik kedepannya. “Dan saya juga berharap akan banyak lagi industri lainnya yang akan bekerjasama dengan SMK Wikrama Bogor, mengingat banyaknya lulusan SMK Wikrama yang berkualitas dengan penguatan kurikulum berbasis industr,” harapnya.

Hingga saat ini, telah ratusan Industri bekerjasama dengan SMK Wikrama Bogor sehingga lulusannya banyak yang terserap bekerja di industri. Berdasarkan data Bursa Kerja Khusus yang diterbitkan Kemendikbud RI tahun 2017, SMK Wikrama Bogor berhasil menempati urutan pertama dalam 100 SMK terbaik penyalur tenaga kerja. (IU)